Cara Apply Visa China Sendiri, Gampang! (Syarat + Biaya)

cara apply visa china

Jika kamu ingin berlibur atau melanjutkan kuliah di China, maka kamu wajib mengajukan visa terlebih dahulu. Cara apply visa China sendiri tidak terlalu sulit kok, asalkan syarat dokumen lengkap.

Di artikel ini saya akan jelasin prosedur mengajukan 2 jenis visa yaitu visa turis (L) dan visa pelajar (X1/X2) ke China.

Prosedurnya kurang lebih mirip, biayanya pun sama. Hanya syarat dokumennya saja yang sedikit berbeda.

Sekarang untuk mengurus visa China tidak lagi melalui Kedutaan Besar China.

Pihak kedutaan telah menunjuk visa application center untuk mengurus pengajuan visa, sama halnya dengan ketika apply visa Korea Selatan atau Australia.

Cara Apply Visa China 2021 (Update Terbaru)

Mulai tanggal 15 Maret 2021, Warga Negara Indonesia sudah bisa melakukan perjalanan ke China dengan ketentuan atau syarat sebagai berikut: 

  1. Memiliki sertifikat penerimaan vaksin yang diakui oleh Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Tiongkok.
  2. Melakukan perjalanan dalam rangka pekerjaan, reuni keluargan dan bisnis. Sedangkan untuk tujuan wisata, studi, berobat, belum bisa.
  3. Karantina mandiri 14 hari sebelum keberangkatan.
  4. Melakukan tes asam nukleat dan tes antibodi IgM, IgG dalam kurun waktu 48 jam sebelum keberangkatan di lembaga medis yang telah ditunjuk.
  5. Mengajukan Kode Kesehatan atau Surat Deklarasi Kesehatan di situs ini.
  6. Penerbangan yang diambil harus langsung, tidak boleh transit di negara lain.

Dokumen yang perlu dibawa dalam perjalanan ke China:

  1. Kode Kesehatan dan Surat Deklarasi Kesehatan.
  2. Hasil negatif tes asam nukleat dan tes antibodi IgM, IgG.
  3. Surat Keterangan Kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan (dicap dengan stempel resmi perusahaan dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang atau yang dikuasakan).
  4. Izin tinggal, visa, atau cap masuk Indonesia yang dimiliki.

Pusat Pelayanan Aplikasi Visa China Jakarta akan ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut. Jika ingin apply visa ke China bisa melalui email di [email protected]

Jika sebelumnya sudah memegang visa Tiongkok yang diterbitkan sebelum 28 Maret 2020 dan masih berlaku, harus mengajukan permohonan visa baru.

Baca juga: Prosedur Penerbangan Saat New-Normal, Apa Saja Syarat?

Visa Turis China

Sebagai warga negara Indonesia, diperlukan visa untuk masuk ke negara China. Kecuali untuk Hongkong dan Macau. Kedua daerah administrasi khusus ini memberlakukan bebas visa selama 30 hari bagi wisatawan Indonesia.

Baru-baru ini juga Hainan memberikan kebijakan bebas visa selama 30 hari bagi pemegang paspor Indonesia untuk mengembangkan potensi pariwisatanya.

Disarankan untuk mengurus visa China paling tidak 1 bulan sebelum rencana keberangkatan. Setelah disetujui, visa turis China akan berlaku selama 90 hari sejak tanggal dikeluarkan, dengan lama tinggal di China selama 30 hari.

Syarat dokumen untuk apply visa turis China

Persiapkan dokumen berikut yang harus di-print di kertas berukuran A4. Urutkan dokumen sesuai dengan list berikut pada saat mengumpulkan ke visa application center.

  1. Paspor asli. Masa berlaku minimal 6 bulan dan memiliki minimal 2 halaman kosong.
  2. Fotokopi halaman depan paspor.
  3. Formulir permohonan visa. Formulir ini didapatkan dengan cara online lewat visaforchina.org.  Kamu harus pilih lokasi yang sama sesuai dengan tempat kamu mengajukan visa. Isi data diri yang diminta secara online dan upload foto terbaru dengan latar belakang berwarna putih. Print formulir tersebut dan sertakan 2 pas foto (33mm x 48 mm). Klik di sini untuk syarat foto lebih jelas.
  4. Itinerary atau rencana perjalanan disertai dengan bukti tiket pesawat pulang pergi dan bukti pemesanan hotel melalui situs atau aplikasi.

Pemohon berusia di bawah 18 tahun harus melampirkan fotokopi akta kelahiran pemohon, fotokopi paspor orang tua, dan surat persetujuan dari orang tua yang mengizinkan perjalanan anak tanpa didampingi orang tua.

Baca juga: Berapa Pengeluaran per Bulan atau Biaya Hidup di China?

Langkah-langkah mengajukan visa turis China

Kamu bisa apply visa China melalui visa application center yang terletak di Jakarta, Medan, Surabaya, atau Denpasar. Berikut adalah langkah-langkah atau prosedur mengajukan visa turis China:

1. Isi formulir permohonan visa secara online

Update terbaru di bulan Agustus, 2020, ada perubahan dalam mengisi formulir permohonan visa. Sekarang formulir permohonan visa harus diisi secara online melalui situs visaforchina.org.

Masuk ke situs tersebut kemudian geser kursor ke bendera Indonesia, kamu bisa memilih kota lokasi pengajuan visa – Jakarta, Medan, Surabaya, atau Denpasar. Pilih salah satu.

Klik quick accessvisanew application formagree, kemudian akan muncul halaman untuk mengisi data diri. Selain itu kamu juga harus membuat janji terlebih dahulu secara online juga di bagian “manage appointment“.

formulir aplikasi visa china
Formulir aplikasi visa China

2. Datang ke visa application center untuk apply visa

Datanglah ke visa application center sesuai dengan appointment yang telah kamu buat secara online. Bawa seluruh dokumen persyaratan (paspor, formulir permohonan visa, pas foto, dan rencana perjalanan) yang telah di-print di kertas A4 dan diurutkan.

Kamu akan dapat nomor antrian. Ketika dipanggil, petugas akan mengecek seluruh dokumen. Kamu akan dapat receipt untuk tanggal pengambilan paspor.

3. Lakukan pembayaran saat mengambil paspor dan visa

Lakukan pembayaran di hari pengambilan paspor. Selamat! Visa kamu telah jadi! Lama proses pembuatan visa China biasanya 4 hari. Cek kembali data diri kamu yang tertera di visa.

Visa Pelajar China (X1/X2)

Visa pelajar China terdiri atas dua jenis, tergantung berapa lama rencana kamu ingin belajar atau sekolah di China – Visa X1 (lebih dari 180 hari) dan Visa X2 (kurang dari 180 hari).

Penting! Visa X1 hanya berlaku 30 hari setelah kedatangan di China. Kamu harus mengajukan lagi yang namanya residence permit setelah sampai di China. Dengan residence permit inilah kamu bisa stay sampai di China 1 tahun  (bisa diperpanjang setiap tahunnya), dan boleh keluar masuk China.

Sebelum berangkat ke China, kamu bisa baca dulu artikel saya tentang persiapan yang harus dilakukan untuk kuliah ke China.

Syarat dokumen untuk apply visa pelajar China

Persiapkan dokumen berikut yang harus di-print di kertas berukuran A4. Urutkan dokumen sesuai dengan list berikut pada saat mengumpulkan ke visa application center.

  1. Paspor asli. Masa berlaku minimal 6 bulan dan memiliki minimal 2 halaman kosong.
  2. Fotokopi halaman depan paspor.
  3. Formulir aplikasi visa. Formulir ini didapatkan dengan cara online lewat visaforchina.org.  Kamu harus pilih lokasi yang sama sesuai dengan tempat kamu mengajukan visa. Isi data diri yang diminta secara online dan upload foto terbaru dengan latar belakang berwarna putih. Print formulir tersebut dan sertakan 2 pas foto (33mm x 48 mm). Klik di sini untuk syarat foto lebih jelas.
  4. Admission Letter dari universitas (asli dan fotokopi).
  5. Formulir “Aplikasi Visa Studi China” (JW201 atau JW202) yang diterbitkan oleh universitas atau kementrian pendidikan China (asli dan fotokopi).
apply visa china online
Contoh visa saya yang sudah jadi

Langkah-langkah mengajukan visa pelajar China

Prosesnya kurang lebih sama dengan visa turis, saya ulangi lagi secara singkat:

  1. Isi formulir aplikasi visa secara online.
  2. Buat janji terlebih dahulu secara online melalui situs visaforchina.org.
  3. Sampai di visa application center, kamu akan dapat nomor antrian kemudian setelah dipanggil kumpulkan dokumen persyaratan yang diminta.
  4. Kamu akan dapat receipt untuk tanggal pengambilan passport.
  5. Di hari pengambilan, tunjukan receipt dan lakukan pembayaran.

Baca juga: Prosedur Pulang dari Singapura ke Indonesia dengan Melakukan Karantina

Biaya visa China

Total biaya atau harga yang harus kamu keluarkan untuk mengajukan visa China (single entry) baik untuk turis maupun pelajar adalah Rp 740,000. Rinciannya, Rp 500,000 (biaya visa) + Rp 240,000 (service fee dan pajak).

Pembayaran dilakukan ketika mengambil visa yang telah jadi, bisa dengan cash, debit, dan juga kartu kredit. Silahkan lihat tabel di bawah ini untuk biaya visa China lebih lengkap.

biaya visa china 2020
Biaya visa China

Alamat lokasi pengajuan visa China

Untuk mengajukan visa, kamu bisa langsung datang ke “Chinese Visa Application Service Center”yang terletak di beberapa kota berikut:

Jakarta

Chinese Visa Application Service Center
Unit 6, 2nd Floor, The East Building
Lingkar Mega Kuningan Rd. Kav E 32 No. 1
East Kuningan Setiabudi, Jakarta Selatan – 12950
Tel: 021-5793 8655 ; Fax: 021-5793 8659
Email:  [email protected]

Medan

Royal Condominium  Tower B,2nd  Floor
Palang Merah-Sukamulia No.1
Kelurahan Medan Aur,20151
Medan-Sumatera Utara
Tel: 061-80013189 ; Fax: 061-80013187
Email: [email protected]

Surabaya

SPAZIO
502 Kompleks Graha Festival Kav No.3
Jalan Mayjend Yono Soewoyo Graha Famili, Surabaya
Tel: 031-60039880 ; Fax: 031-60039881
Email: [email protected]

Denpasar

Jl By Pass Ngurah Rai NO.165 (Grand Palace Hotel)
Sanur Denpasar Selatan Kota Denpasar Bali
Tel: 0361-4491313 (15.00 – 16.00) ; Fax: 0361-4491025
Email: [email protected]

Jam kerja Chinese Visa Application Center

Hari Kerja: Senin s/d Jumat.
Tutup hari Sabtu, Minggu, dan hari libur.
Penyerahan berkas dan formulir pendaftaran Jam: 09.00 s/d 15:00
Pembayaran dan pengambilan visa Jam: 09:00 s/d 16:00

FAQ

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin sering ditanyakan oleh teman-teman, sebisa mungkin saya jelaskan sesuai sumber dan informasi yang saya kumpulkan.

1. Apakah ke Shanghai perlu visa?

Jawabannya iya, kota-kota di China daratan seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, Chengdu, semuanya memerlukan visa China.

2. Bagaimana dengan visa on arrival (VOA) Shenzhen?

Biasanya orang Indonesia kalau ke China suka sekalian berkunjung ke tiga tempat sekaligus yaitu Hongkong – Shenzhen – Macau.

Dulunya kalau mau mengunjungi Shenzhen dari Hongkong bisa apply visa on arrival di Lo Wu / Luo Hu Port. Visa ini berlaku selama 5 hari dan hanya bisa digunakan untuk traveling di Shenzhen saja.

Hanya saja, yang saya baca-baca banyak yang ditolak ketika mengajukan visa on arrival Shenzhen. Sebaiknya jika mau berkunjung ke Shenzhen juga harus apply visa China sesuai dengan langkah-langkah di atas.

Baca juga: Cara dan Syarat Apply Visa Work and Holiday Australia

3. Apakah ke Tibet perlu visa? 

Jawabannya iya, perlu visa China dan juga Tibet Travel Permit. Tibet masih merupakan bagian dari China yang memiliki status daerah dengan otonomi khusus. Untuk masuk ke Tibet tidak bisa sembarangan.

Wisatawan yang ingin berlibur di Tibet diwajibkan untuk ikut agen travel atau tour operator, jadi tidak bisa pergi sendiri. Agen tersebut akan membantu kamu untuk dapat yang namanya Tibet Travel Permit.

Jangan lupa sebelum ke China download dulu aplikasi VPN. Kamu juga bisa download aplikasi China yang bisa membantu dalam perjalanan seperti wechat, alipay, atau didi.

Sekian langkah-langkah atau cara apply visa China terbaru. Jika ada pertanyaan bisa menghubungi langsung visa application center terdekat di kota kamu.

 

 

3 Replies to “Cara Apply Visa China Sendiri, Gampang! (Syarat + Biaya)”

  1. Halo Kak Velysia Zhang,
    Salam kenal Kak, namaku Vinvin Zhang. Kita satu marga yaa hehe 🙂
    Terima kasih atas informasi bermanfaat yang diberikan, sangat membantu.
    Untuk saat PPKM ini, apakah Kak Velysia ada kenalan yang berhasil mendapatkan visa China?
    Aku sudah pengajuan visa working dari Juni, semua dokumen sudah lengkap, namun perlu menunggu jadwal appointment di visa application centre, yang terus menerus ditunda karena PPKM.
    Jujur aku semakin lama semakin khawatir Kak, mengingat dokumen-dokumen yang diserahkan mulai mendekati masa berlakunya.

    Stay safe dimanapun Kak Velysia berada.

    Cheers,
    Vinvin Zhang
    @vinvvn

    1. Hallo, hmm ada sih teman aku yang kemarin udah berangkat ke China tp memang dia sebelumnya uda ada visa kerja di China juga. Udah telp visa application centernya atau embassy untuk nanyain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *