Traveling ke Taiwan semakin gampang karena proses pengurusan visa yang cepat dan tidak ribet.

Apalagi kalau kamu punya visa yang diterbitkan oleh negara-negara tertentu, kamu cukup mengisi formulir secara online untuk mendapatkan Travel Authorization Certificate untuk berkunjung ke Taiwan.

Di artikel ini saya akan membagikan cara mendapatkan Travel Authorization Certificate dan juga pengurusan visa Taiwan melalui cara biasa yaitu dengan mendatangi kantor TETO.

ROC (Taiwan) Travel Authorization Certificate

Taiwan memberlakukan BEBAS VISA bagi orang Indonesia yang memiliki resident card atau visa yang diterbitkan dari negara-negara tertentu.

Kamu hanya perlu apply semacam izin untuk melakukan perjalanan ke Taiwan yang bernama Sertifikat Otorisasi Perjalanan (Travel Authorization Certificate)

Dokumen ini berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan dan dapat digunakan multiple-entry dengan masa tinggal 14 hari di Taiwan.

Syarat untuk mendapatkan ROC (Taiwan) Travel Authorization Certificate:

  • Memiliki paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan
  • Memiliki tiket pesawat atau kapal ferry pulang pergi
  • Tidak pernah bekerja sebagai TKI di Taiwan
  • Memiliki visa yang diterbitkan oleh negara Australia, Kanada, Jepang (termasuk visa waiver), Korea, New Zealand, Schengen, Inggris, atau Amerika

Dengan catatan: 

  • Pemohon dengan elektronik visa Australia dan New Zealand, harus memiliki visa yang masih berlaku dan menunjukkannya pada saat kedatangan
  • Pemohon dengan visa Jepang dan Korea diharuskan sudah pernah ke Jepang atau Korea dengan menggunakan visa yang menjadi dasar pengajuan (bukan hanya memegang tiket atau memiliki visa saja)
  • Pemohon tetap bisa menggunakan visa Amerika, Kanada, Inggris, Jepang, Korea, Schengen yang sudah tidak berlaku asalkan tidak melebihi 10 tahun

Cara apply ROC Travel Authorization Certificate

1. Masuk melalui link ini https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/ , kemudian pilih bahasa yang sesuai.

2. Baca persyaratan aplikasi dan klik next.

3. Isi formulir secara online.

persyaratan visa turis taiwan online persyaratan visa turis taiwan online

4. Nanti kamu akan dapat sertifikasi secara langsung dengan bentuk seperti di bawah ini. Nah, karena saya apply menggunakan US visa, saya harus menunjukkannya kepada pihak imigrasi pada saat kedatangan dan juga tiket pesawat pulang.

ROC taiwan travel authorization certificate

Visa Turis Taiwan 

Kalau kamu ga punya visa ke negara-negara yang udah disebutkan di atas, mau ga mau kamu harus apply visa dengan cara biasa untuk liburan ke Taiwan.

Tapi tenang aja, proses pengurusannya juga ga ribet – tinggal mempersiapkan dokumen persyaratan untuk pengajuan visa dan datang langsung ke kantor Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang berlokasi di Jakarta atau Surabaya.

Apa saja dokumen persyaratan untuk mengajukan visa turis ke Taiwan? 

Checklist dokumen yang perlu kamu persiapkan yaitu:

  • Formulir aplikasi (download di sini).
  • Paspor asli berlaku minimal 6 bulan
  • 1 fotokopi halaman depan paspor
  • 1 fotokopi kartu keluarga (KK)
  • 2 lembar pas foto ukuran 4 x 6 dengan latar belakang putih yang diambil dalam 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan kerja
  • Rekening koran selama 3 bulan terakhir

Di mana lokasi pengajuan visa Taiwan?

Taipei Economic and Trade Office (TETO) Jakarta

L12 & L17 Gedung Artha Graha, Jalan Jendral Sudirman No. Kav 54-55
DKI Jakarta 12190, Indonesia
T: 021-515-3939/021-515-3939
E: idn@mofa.gov.tw

Taipei Economic and Trade Office (TETO) Surabaya

Jalan Indragiri No.49
Surabaya 60241, Indonesia
T: (031)9901-4600
E: sub@mofa.gov.tw

Berapa biaya visa yang harus dibayar?

Biaya visa kunjungan ke Taiwan adalah Rp 700,000 (single entry) dan Rp 1,400,000 (multiple entry).

Untuk biaya pengurusan visa cepat di hari yang sama akan ada tambahan sebesar Rp 350,000 (single entry) dan Rp 700,000 (multiple entry).

Cek di sini untuk biaya pengurusan jenis visa Taiwan lainnya.

Berapa lama visa Taiwan jadi? 

Proses penerbitan visa Taiwan memerlukan waktu selama 2 (dua) hari kerja. 

Misalnya kamu submit di Senin pagi, maka pengambilan visa di hari Kamis sore

Tapi kalau mau ambil yang express  (1 hari jadi) juga bisa kok, tinggal bayar biaya tambahannya aja – pagi ngumpulin berkas, sorenya udah bisa kamu ambil.

Bagaimana cara apply visa turis Taiwan? 

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengajukan visa turis Taiwan:

1. Mengisi formulir pengajuan visa Taiwan secara online melalui situs https://visawebapp.boca.gov.tw/

Isi informasi mengenai detail perjalanan. Ada juga pilihan apakah kamu ingin mengajukan visa single entry ataupun multiple entry. Kalau pengen liburan berarti di bagian purpose of visit bisa pilih “Tourism”. Setelah selesai isi klik tombol “Next”.

Isi informasi data diri kamu, detail paspor, hingga contact details. Kamu perlu menyertakan juga nama hotel dan juga nomor hotel.

Kemudian, pilih lokasi di mana kamu akan mengajukan visa – Taipei Economic and Trade Office di Indonesia (TETO) Jakarta atau Surabaya.

Setelah submit aplikasi, kamu akan dapat nomor aplikasi.

2. Mempersiapkan dokumen persyaratan lainnya 

3. Datang ke lokasi pengajuan visa (TETO) dengan membawa seluruh berkas dokumen yang diminta dan melakukan pembayaran visa.

Jam penerimaan: 08:30-11:30
Jam pengambilan: 13:30-16:30

Visa dapat kamu ambil setelah 2 hari kerja!

Gimana? Mudah kan cara mengurus visa ke Taiwan – bisa apply online aja kalau kamu punya visa ke negara yang udah disebutkan di atas, atau datang ke kantornya langsung.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat ya! Yuk, share pengalaman kamu kalau udah pernah apply visa Taiwan di kolom komentar di bawah!

Baca juga artikel ini: 

 

 

 

14 Replies to “Cara Mengajukan Visa Turis Taiwan (Syarat dan Biaya)”

  1. Halo kak. Salam kenal
    Makasih infonya sedikit membantu..
    Saya ingin bertanya.
    Ada temen saya dia kerja dikorea sebagai TKL rencana cuti 40 hari bulan depan.. 26 hari pulang ke indonesia, lalu dia berencana mau liburan ke Taiwan 14 hari..
    Setelah itu dia kembali lagi ke Korea untuk bekerja..
    Apakah bisa membuat bisa turis ke Taiwan dengan tujuan berlibur dan persyaratannya apa aja kak . Mohon informasinya kak.
    Terimakasih ?

    1. Halo, setau saya bisa mengajukan travel authorization secara online asalkan memiliki semua persyaratan yang disebutkan di atas

    1. Halo setau saya tidak ada, tapi sebaiknya bisa mencukupi untuk kebutuhan pas di Taiwan. Cara hitung bisa mungkin 1juta/hari dikalikan berapa hari di sana. Kemudian juga asalkan transaksi di rekening korannya lancar.

  2. Hi Kak,
    Izin bertanya, saya berencana liburan ke Taiwan bersama keluarga (2 dewasa + 1 anak).
    Syarat pengajuan visa Taiwan berupa apa saja?
    1. Selain formulir aplikasi, fotokopi KK, fotokopi paspor, pasfoto, surat keterangan kerja (cuma dari saya sendiri), apakah perlu surat jaminan seperti yang ada di website ROC?
    2. Yang saya ajukan visa turis saja atau Visa IKUT KELUARGA BAGI ANAK DIBAWAH UMUR juga?
    3. Jika saya menggunakan paspor lama untuk pengajuan visa, sementara paspor baru lagi diperpanjang, apakah saya bisa mengajukan visa?
    Terima kasih

  3. Halo.. terima kasih sharing nya, sangat membantu.
    Sy mau tolong tanya tentang pengajuan ROC travel authorization certificate. Di formulir online nya ada ditanya tentang nama hotel yg akan kita tempati saat berkunjung kesana. Apakah hotelnya harus sudah kita pastikan booking terlebih dahulu? Apakah bermasalah kalo saat kita kesana ternyata hotel kita berbeda dengan yg kita cantumkan di formulir?
    Karena saat ini sy sedang menyusun itinerary perjalanan & belum booking apapun, saya berencana apply travel certificate ini dulu baru booking2 yang lainnya.
    Terima kasih sebelumnya yaa ??

      1. Terima kasih responnya ???
        Mau tolong tanya lagi.
        Untuk pengajuan ROC travel authorization certificate ini apakah harus menggunakan e-paspor?
        Kemudian waktu pengisian form nya, pd bagian ‘special requirement’, sy menggunakan visa waiver jepang. Ada ditanyakan juga masa berlakunya, ini diisi dengan registered date yg tertera pada visa jepang tsb kah?

        Terima kasih sebelumnya yaa

        1. Hallo, ga mesti e-paspor kok. masa berlaku berarti diisi kapan berakhirnya, kalau misalnya 1 jan 2023, berarti isinya 1 jan 2026 aja.

  4. Sy sudah coba apply ROC TAC nya & sudah approved (setelah mencoba justru baru terpikir mengenai jenis paspor & tgl register yg td sy tanyakan).
    Kemudian sy coba apply ulang untuk merevisi tgl masa berlaku visa td, ternyata sepertinya TAC nya sama saja krn nomor electronic receipt nya sama persis. Jd kesimpulan yg sy dapat, revisi tgl ini spt nya tidak mengubah TAC yg sudah di issue sebelumnya.

    Ini sekedar tambahan sharing dari sy.

    Terima kasih buat respon & info2 nya yaa ???

  5. Halo. mohon info, saya sdh apply visa taiwan online ini, tapi pada kolom autorization dan holding pass, harusnya muncul 2 nomer yang sama, tapi ini hanya muncul 1 saja. apa tidak masalah? atau ada yanglain? terimakasih

  6. Halo kak salam kenal.. saya ada pertanyaan nih untuk apply visa taiwan ini apakah tiket pernyataan pulang-pergi pesawat sangat diperlukan. sebab saya ada rencana buat pergi dari indonesia ke taiwan lalu dari taiwan ke china. Terima kasih sebelumnya

  7. Halo kak
    saya ingin liburan di taiwan selama 5 hari tapi tidak tinggal di hotel
    melainkan tempat tinggal teman saya yang sudah kuliah dan kerja disana

    apakah ada surat yg harus di lampirkan?
    dan apakah pada bagian hotel saya kosongkan? terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *