5 Aplikasi Booking Hotel Murah, Ga Bikin Kantong Bolong

Salah satu hal yang perlu direncanakan ketika ingin traveling adalah memesan hotel atau penginapan. Dengan adanya situs atau aplikasi booking hotel murah, mencari penginapan bukanlah hal yang sulit.

5 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Termurah

Berikut rekomendasi 5 aplikasi booking hotel murah yang bisa kamu gunakan:

1. Booking.com, situs pesan hotel murah favorit saya!

Situs atau aplikasi booking hotel murah yang paling sering saya gunakan adalah Booking.com. Kenapa? Karena Booking.com memiliki pilihan akomodasi yang beragam. Dari hostel, hotel, villa, maupun apartemen.

Saya selalu mengurutkan pencarian dari ulasan tertinggi dengan harga terendah. Baru deh pilih mana yang cocok dengan harga dan juga ulasan. Biaya yang tertera juga sudah termasuk pajak.

Sayangnya fitur aplikasinya agak terbatas tidak selengkap situsnya. Di situs booking hotel kamu bisa melihat review dari tamu yang pernah menginap.

Jadinya saya lebih sering menggunakan situs booking.com daripada aplikasi hp.

Kalau kamu sering booking hotel lewat Booking.com, kamu bisa naik peringkat ke level Genius di mana kamu bisa dapat diskon 10-15% atau upgrade kamar gratis di properti tertentu.

Cari Hotel Murah di Booking.com

Beberapa akomodasi atau hotel mengharuskan kamu untuk membayar terlebih dahulu dengan menggunakan kartu kredit, ada juga beberapa yang tidak perlu dalam artian bisa bayar langsung di tempat ketika sudah tiba.

Cancellation policy juga cukup fleksibel. Biasanya setelah melakukan pemesanan akan ada informasi tentang rentang waktu kalau ingin mengajukan pembatalan.

Jika membatalkan pesanan dalam waktu tersebut gratis atau tidak dikenakan biaya.

Kalau kamu pernah dengar aplikasi booking hotel yang bernama Agoda, nah Booking.com ini bisa dibilang masih saudaraan ama Agoda, karena induk perusahaanya sama.

Cuma yang saya kurang suka di Agoda harganya itu belum sama tax, jadi harus sampai ke proses checkout dulu baru bisa lihat harga final.

Kelebihan memesan penginapan lewat aplikasi hotel murah Booking.com:

  • Pilihan akomodasinya banyak dan lengkap
  • Harga yang tertera sudah harga final
  • Potongan harga bagi member genius
aplikasi booking.com
Halaman depan Booking.com
aplikasi booking hotel termurah booking.com
List hotel Booking.com

2. Hostelworld, aplikasi penginapan murah untuk backpacker

Biar traveling lebih hemat, biasanya saya tidak terlalu pilih-pilih dengan penginapan. Karena sering traveling solo juga, saya cenderung lebih suka menginap di hostel.

Sebelum kenal dengan Booking.com saya selalu menggunakan situs atau aplikasi booking hotel murah yang bernama Hostelworld.com.

Tampilan di aplikasi lumayan bersih. Langsung kelihatan harga kamar dorm dan kamar private.

Seterusnya, jika klik hotel pilihan yang muncul adalah halaman review terlebih dahulu, jadi bisa baca review-nya.

Baru deh, selanjutnya bisa pilih mau kamar yang mana dan juga berapa harganya.

Di Hostelworld.com kamu harus membayar terlebih dahulu uang muka sebesar 10% dengan kartu kredit. Sisanya dibayar setelah sudah sampai.

Untuk pembatalan ada 4 opsi yang tersedia ketika sedang melakukan pemesanan. Ada free cancellation, flexible booking, non-flexible booking, dan non-refundable booking.

Biasanya kamu bisa membatalkan pemesanan 24 jam sebelum check in time. Deposit yang kamu berikan biasanya tidak bisa di refund. Tapi kalau melewati waktu tersebut kartu kredit kamu bisa saja di-charge.

Kelebihan memesan penginapan lewat aplikasi penginapan murah Hostelworld.com: 

  • Tampilan aplikasi yang bersih disertai review 
  • Bisa pesan hostel last-minute
  • Ada fitur “Hostel Noticeboard” yang menampilkan event di kota tersebut sehingga bisa mencari teman baru

Baca juga: Aplikasi Penting yang harus Kamu Download ketika Traveling ke China

aplikasi booking hotel murah hostelworld
Tampilan Hostelworld.com
aplikasi hostelworld
Jenis kamar atau dorm

3. Traveloka, aplikasi booking hotel terpercaya dan ramah untuk orang Indonesia

Jujur saya jarang ya booking hotel lewat situs atau aplikasi Traveloka. Biasanya saya cuma booking tiket pesawat saja.

Mungkin karena awalnya Traveloka lebih diiklankan sebagai mesin pencarian tiket pesawat.

Sekarang Traveloka memiliki banyak fitur termasuk untuk booking hotel murah. Yang saya suka adalah cara pembayaran yang bersahabat bagi warga negara Indonesia terutama yang tidak memiliki kartu kredit.

Ada juga fitur Pay Later di mana kamu bisa pesan hotel atau tiket pesawat terlebih dahulu dan bayar kemudian, bisa 1 – 12 bulan setelahnya.

Saya belum pernah coba sih, tapi mungkin kalau ada teman-teman yang pernah coba program ini bisa sharing ya.

Akhir-akhir ini karena pandemi aplikasi booking hotel Traveloka juga banyak promo dan diskon besar-besaran. Harganya jadi murah banget. Coba dicek deh.

Kelebihan memesan penginapan lewat Traveloka:

  • Harga yang tertera sudah final
  • Ada pilihan bayar setelah check-in 
  • Metode pembayaran yang beragam dan cocok bagi WNI
  • Pay Later
aplikasi traveloka
Halaman depan Traveloka
tampilan traveloka
List hotel Traveloka

4. Tiket.com, aplikasi untuk booking hotel bisa nyicil

Dari namanya saja sudah straight forward ya, kalau situs atau aplikasi ini lebih ke tiket pesawat. Tiket.com adalah online travel agent yang sedang berkembang juga di Indonesia.

Interface aplikasi lumayan gampang digunakan. Tampilannya juga bersih. Kalau soal harga, setelah saya bandingkan terutaman untuk booking hotel, lebih tinggi daripada situs atau aplikasi lainnya.

Kamu bisa mengumpulkan TIX Point yang bisa ditukarkan dengan barang atau potongan harga tertentu. Kabarnya di Tiket.com ada program cicilan juga.

Kelebihan memesan penginapan lewat Tiket.com:

  • Interface aplikasi yang user-friendly
  • Sering ada promo
  • Metode pembayaran cocok bagi WNI
  • Program cicilan

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik 

aplikasi booking hotel murah tiket.com
Halaman depan TIket.com
tampilan tiket.com aplikasi penginapan murah
List hotel Tiket.com

5. Airbnb, situs booking penginapan untuk keluarga!

Konsep Airbnb berbeda dengan aplikasi booking hotel  lainnya. Properti atau penginapan yang ada di Airbnb biasanya bukan hotel, tapi model penginapan yang lebih ke apartemen atau villa.

Cara kerja Airbnb lebih ke pemilik rumah/villa yang disebut dengan host akan nge-list propertinya di situs ini. Jadi host akan bertanggung jawab penuh terhadap pelayanan tamu.

Saya menggunakan Airbnb kalau memang lagi nyari guesthouse yang unik saja, atau kalau lagi traveling bersama keluarga, saya menggunakan Airbnb untuk mencari apartemen yang bisa mengakomodir lebih banyak orang.

Harga yang tertera tidak termasuk biaya pemesanan. Terkadang ada biaya tambahan juga seperti cleaning fee yang diminta oleh host. Pembayaran juga hanya bisa menggunakan kartu kredit.

Kelebihan memesan penginapan lewat aplikasi booking hotel Airbnb:

  • Jenis akomodasi lebih unik dan terasa seperti murah
  • Terkadang harga bisa lebih murah daripada menginap di hotel
  • Cocok untuk mencari apartemen bagi keluarga
aplikasi booking hotel murah airbnb
Tampilan aplikasi airbnb

Jadi kesimpulannya? Manakah aplikasi booking hotel termurah?

Dari 5 aplikasi booking hotel termurah di atas, menurut saya yang harganya paling murah dan bersahabat adalah Booking.com. Tidak hanya itu, pilihan hotelnya juga banyak.

Cari Hotel Murah di Booking.com

 

Sebelum booking, bisa coba bandingkan dulu harganya terus ambil yang paling murah deh. Kamu paling sering pakai aplikasi booking hotel murah yang mana nih? Sharing pengalaman kamu ya di kolom komentar!

 

 

5 Replies to “5 Aplikasi Booking Hotel Murah, Ga Bikin Kantong Bolong”

  1. Dari daftar list di atas, saya hanya pernah pakai 4 aplikasi mba, yang Hostelworld belum pernah 😆 dan yang terpaling sering saya gunakan itu Bookingcom dan Airbnb, baru deh Traveloka dan Tiketcom kalau nggak dapat yang sesuai di 2 aplikasi sebelumnya 🤭

    Semakin ke sini sepertinya ada semakin banyak aplikasi yang bisa membantu kita untuk booking hotel dengan harga murah meriah 😍 senang rasanya, travelling jadi jauh lebih mudah berkat kehadiran mereka ~ terima kasih review-nya, mba 💕

  2. Halo, salam, saya mau sharing pengalaman saja, untuk aplikasi akomodasi yg saya pakai paling sering pakai Agoda dan Tiket.com, di Agoda juga ada menu pilihan pembayaran include tax di menu mata uang. Ada rewards Agoda cash yg bisa digunakan untuk potongan harga atau gratis menginap sesuai dgn besarnya Agoda cash. Untuk tiket.com ada tiket poin yg bisa di kumpulkan untuk dapat menginap gratis sesuai besarnya poin. Selama menggunakan berbagai aplikasi akomodasi hanya dua ini yg banyak pilihan pembayaran dan diskon. Yg saya suka pada Agoda jika ada complain setelah menginap akan dapat Agoda cash sesuai dgn harga akomodasi yg kita complain asal disertakan foto dan kondisi komplain kita. Terimakasih sharing nya.

  3. Tolong dong saya masih bingung dengan aplikasi booking.com
    Saya mendapat kan UPGRADE KAMAR GRATIS cara menggunakannya bagaimana ya?
    Apakah mendapatkan kamar gratis atau tetap bayar, sedangkan di opsi pembayaran masih tertera total harganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *