Tips Mencari Kost Murah dan Mudah Bagi Perantau

tips mencari kost murah

Sebagai seorang anak rantau, kendala yang paling sering saya temui adalah mencari kost. Di satu sisi saya merasa excited karena akan tinggal di tempat yang baru, di sisi lain saya juga kerepotan mencari tempat yang sesuai.

Menurut saya, cari kost itu gampang gampang susah. Apalagi sekarang, di era yang serba online, kita bisa cari kost langsung melalui situs atau platform di internet.

Tantangannya mungkin lebih karena sebagai pendatang baru, kita tidak terlalu familiar dengan kota yang baru didatangi seperti lokasi atau nama jalan.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai perantau, saya akan berbagi beberapa tips mencari kost yang mudah-mudahan bisa membantu kamu menemukan pilihan yang tepat.

Hal yang perlu dipertimbangkan ketika mencari kost

Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan ketika mencari kost, yaitu:

Lokasi 

Lokasi adalah kriteria paling penting bagi saya dalam mencari kost baru. Saya pasti akan memilih kost yang dekat dengan kantor tempat kerja saya.

Apalagi di Jakarta yang macetnya luar biasa. Saya tidak mau menghabiskan waktu berjam-jam di jalan karena jarak antara kost dan kantor yang jauh.

Pertama kali saya dapat kerja di Jakarta, kantor saya berlokasi di Bendungan Hilir sehingga ketika mencari kost saya hanya mencari berdasarkan lokasi sekitar.

Alhasil, ketemu sebuah kost yang hanya berjarak 5 menit jalan kaki.

Sama halnya ketika saya pindah perusahaan yang kantornya terletak di Cengkareng. Setelah mencari di area sekitar, akhirnya saya mendapat sebuah apartemen yang hanya berjarak 10 menit naik ojek saja.

Dengan cara memilih lokasi yang tepat, saya bisa menghemat banyak waktu.

Saya punya waktu lebih untuk beristirahat karena tidak perlu bangun lebih pagi, setelah pulang kerja saya juga memiliki waktu luang yang dipergunakan untuk kegiatan lain.

Selain lokasi yang dekat dengan kantor atau universitas (jika kamu masih kuliah), ada baiknya mencari kost yang juga tidak terlalu jauh dengan sarana transportasi umum, contohnya dekat dengan halte busway.

Saya juga memastikan kalau di area sekitar kost ada minimarket/supermarket dan tempat makan.

Baca juga: Prosedur Melakukan Penerbangan di Saat New Normal

Harga Kost

Setelah menemukan lokasi yang sesuai, saya baru mencari kost yang sesuai dengan budget. Budget setiap orang tentu saja berbeda.

Harga kost juga tergantung dengan fasilitas yang disediakan oleh kost tersebut.

Semakin banyak fasilitas kost yang ditawarkan, semakin mahal pula harga sewa kost.

Saya memiliki patokan sendiri dalam menentukan budget yang rela saya keluarkan untuk kost, yaitu 15 – 20% dari gaji.

Cek juga metode pembayaran, apakah per bulan, per tiga bulan, per enam bulan  atau per tahun? Apakah harganya sudah termasuk listrik dan air?

Fasilitas Kost

Setiap kost memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Beberapa fasilitas yang biasanya ditawarkan oleh kost adalah AC, kamar mandi (dalam atau luar), dapur, furnitur, air bersih, wifi, tempat parkir, dan lain-lain.

Lokasi dan fasilitas akan mempengaruhi harga kost. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Jujur saya orangnya cukup simple, asalkan bisa tidur nyaman dan bersih saya sudah puas.

Keamanan

Keamanan adalah faktor penting yang juga harus dipertimbangkan ketika mencari kost. Carilah kost yang terletak di area yang aman di mana tingkat kriminalitasnya rendah.

Akan lebih baik jika kost memiliki sistem pengaman yang memadai seperti petugas keamanan atau kamera pengawas.

Sebagai perempuan saya merasa lebih aman tinggal di kost khusus perempuan, tapi ya ini balik lagi ke pilihan masing-masing.

Rekomendasi situs atau platform untuk mencari kost

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, mencari kost cukup mudah dengan adanya situs atau platform yang dapat membantu dalam melakukan pencarian.

Berikut 7 rekomendasi situs atau platfrom yang dapat kamu gunakan untuk mencari kost.

1. RedDoorz, Situs Cari Kost dengan Khas Warna Merah

Nama RedDoorz mungkin sudah tidak asing lagi terutama bagi yang hobi jalan-jalan. RedDoorz adalah salah satu situs pilihan dalam mencari akomodasi ketika berlibur.

Ternyata RedDoorz juga menyediakan penginapan jangka panjang, baik berbentuk apartemen maupun kamar kost.

Ada 3 jenis hunian yang ditawarkan oleh RedDoorz yaitu: Residences by RedDoorzResidences by RedDoorz Apartment, dan Kool Kost.

Kelebihan Kost di RedDoorz adalah semua kamar memiliki standar yang sudah disesuaikan, jadi tidak perlu khawatir dengan kondisi kost dan juga fasilitas yang disediakan. Harga kost di RedDoorz juga cukup bersahabat.

situs reddoorz

2. Infokost, Menawarkan pilihan hunian yang cukup banyak

Infokost adalah salah satu situs atau platform pencarian kost yang telah menghubungkan pemilik dan pencari kost sejak tahun 2007.

Pilihan hunian di situs ini cukup banyak, semuanya telah diverifikasi oleh tim Infokost.

Situs ini memiliki fitur yang cukup beragam, seperti filter pencarian, histori pencarian kos yang pernah kamu lakukan, dan juga aplikasi yang bisa kamu unduh.

Infokost bekerja sama dengan RedDoorz sehingga kamu juga bisa menemukan kost RedDoorz di situs ini.

Baca juga: Rekomendasi VPN Terbaik dan Terpercaya

situs infokost

3. Yukstay, Cari Kost dengan Tema Co-Living di Apartemen

Situs ini cocok bagi yang lebih memilih apartemen sebagai hunian. Saat ini Yukstay lebih fokus ke daerah Jabodetabek dan Surabaya.

Saya pribadi suka dengan tampilan situs Yukstay yang clean.

Ada 2 tipe model yang bisa kamu pilih ketika menyewa apartemen di Yukstay, yaitu co-living dan whole unit.

Konsep co-living adalah berbagi apartemen tapi dengan kamar yang berbeda sehingga harganya lebih murah. Whole unit adalah menyewa seluruh apartemen untuk pribadi.

Harganya bisa per bulan atau per tahun. Tentunya kalau ambil per tahun akan lebih murah.

Semua apartemen di situs Yukstay sudah full-furnished.

Keuntungan tinggal di apartemen, kamu bisa menggunakan fasilitas seperti gym dan juga kolam renang.

Situs cari apartement yukstay

4. Cari Kos, Platform Cari Kost di Seluruh Indonesia

Sesuai namanya situs Cari Kos juga merupakan situs pencarian kos yang tersebar di seluruh Indonesia. Tidak hanya kost, ada juga apartemen, guest house, homestay, dan juga villa.

Menjadi member di situs ini gratis. Pemilik kost juga dapat memuat properti kost di situs ini gratis, sehingga harga yang disebutkan sudah harga langsung dari pemilik kost tanpa biaya perantara lain.

Baca juga: Berapa Pengeluaran di China Sebulan?

situs cari kost

5. Babe kost, bisa langsung menghubungi pemilik kost

Situs lain yang bisa kamu gunakan adalah Babe Kost. Di situs ini banyak pilihan hunian sewa dari kamar kost, apartemen, villa, dan lainnya.

Informasi yang disediakan Babe Kost cukup detil dan to the point, dari info properti, penghuni, fasilitas, biaya, dan juga nomor telpon pemilik atau pengelola kost.

Baca juga: Cara Mencari Apartemen di Singapura

situs cari kost babe

6. Flokq, sewa kost premium model apartemen 

Flokq adalah sebuah situs dengan layanan yang arahnya lebih ke menyewakan apartemen premium dengan konsep co-living.

Jasa mereka termasuk konsultasi di mana kamu bisa memberi tahu apartemen seperti apa yang kamu inginkan dan tim mereka akan mencari apartemen yang sesuai dengan keinginan kamu.

Kelebihan lain menggunakan situs Flokq adalah virtual tour apartemen yang bisa kamu lihat langsung di situs mereka. Selain itu kontraknya juga lebih fleksibel.

Banyak keuntungan bergabung dengan Flokq seperti harga sewa yang sudah termasuk biaya listrik dan air, fasilitas lengkap seperti laundry, parkir, cleaning, wifi, dan juga tempat gym maupun kolam renang.

Baca juga: Review Munduk Moding Plantation, Staycation di Bali

situs cari kost flokq

7. Sewa kost, cari kost jadi gampang!

Situs terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mencari kost adalah Sewa Kost. Situs ini memiliki banyak pilihan kost yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kelebihan dari situs Sewa Kost adalah kamu bisa filter pencarian sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan, dari lokasi kota, jenis kost (campur/putra/putri/keluarga), AC atau tanpa AC, kamar mandi dalam atau luar, dan juga harga.

situs sewa kost

Langkah-langkah mencari kost

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan mulai dari mencari kost sampai menemukan kost yang sesuai:

  1. Cari melalui situs kost, bisa melalui situs yang saya sebutkan di atas.
  2. Pilih beberapa kost yang sesuai (3-5 kost).
  3. Hubungi pemilik kost dan buat janji.
  4. Datangi kost untuk mengecek kondisi.
  5. Pilih kost yang paling sesuai.

Baca juga: Situs atau Aplikasi Booking Hotel Termurah

Penutup

Nah, itulah beberapa tips dan juga rekomendasi situs atau platform pencarian kost. Mudah-mudahan informasi ini berguna dan dapat membantu kamu dalam mencari kost, terutama bagi perantau.

Kalau kamu ada saran atau tips lain yang bisa dibagikan, tulis langsung di kolom komentar bawah!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *