Cara dan Syarat Mengurus Visa Korea Selatan Terbaru (2021)

cara mengurus visa korea selatan

Jika kamu memiliki rencana traveling ke Korea Selatan, salah satu hal yang perlu kamu persiapkan adalah mengurus visa. Bagaimana cara mengurus visa Korea Selatan? Syarat apa saja yang dibutuhkan? Berapa biayanya?

Nonanomad akan membagikan informasi terbaru tentang pembuatan visa ke Korea. Pada umumnya ada 2 cara untuk mengurus visa yaitu secara mandiri atau melalui biro perjalanan atau travel agent.

Kalau kamu memang berlokasi di Jakarta, maka kamu memang bisa langsung menuju ke pusat aplikasi visa korea yang berada di Mall Lotte Shopping Avenue.

Nah, kalau tidak berdomisili di Jakarta gimana donk? Mau tidak mau ya menggunakan jasa travel agent. Tentunya menggunakan jasa travel agent juga dikenakan biaya tambahan.

Daripada harus terbang ke Jakarta mahal-mahal beli tiket pesawat, mending bayar lebih sedikit untuk mengurus visa ke Korea. Sisi positifnya kalau lewat travel agent kamu tinggal mempersiapkan dokumen dan terima beres saja.

Kurang lebih dokumen yang perlu kamu persiapkan sama kok dengan cara mendaftar sendiri langsung ke Korean Visa Application Center (KVAC).

Update visa Korea dalam situasi Covid-19: WNI belum bisa mendapat visa untuk tujuan wisata ke Korea Selatan. Sedangkan visa pelajar, kerja, kunjungan keluarga, tetap diterbitkan seperti biasa. 

Warga negara asing yang masuk ke Korea wajib menjalankan karantina selama 14 hari dengan biaya fasilitas sebesar 150,000 won per hari.

Ketika mengajukan visa tidak perlu melampirkan konfirmasi negatif PCR, hanya saja ketika akan berangkat ke Korea Selatan harus membawa konfirmasi negatif PCR yang telah dibuat dalam kurun waktu 72 jam dan ditunjukkan pada tempat pemeriksaan di Korea.

Baca juga: Syarat Pembuatan Visa China dan Biayanya

Jenis visa Korea Selatan

Ada beberapa jenis visa yang bisa kamu ajukan tergantung dengan kebutuhan atau rencana perjalanan yang diinginkan. Berdasarkan informasi dari situs remi KVAC, jenis visa dan biaya pengajuannya sebagai berikut:

  • Single Visa (kurang dari 90 hari)
    Untuk keperluan wisata, bisnis/meeting, dll.
  • Single Visa (lebih dari 90 hari)
    Untuk pekerja, belajar di luar negeri, dll
  • Double Visa
    Dua kunjungan dalam 6 bulan dengan masa tinggal kurang dari 90 hari
  • Multiple Visa
    5 tahun bebeas kunjungan ke Korea dengan masa tinggal 30 hari; 10 tahun bebas kunjungan dengan masa tinggal 90 hari)
  • Grup Visa
    Grup wisatawan minimal 5 orang dan maksimal 50 orang dengan jadwal keberangkatan dan kepulangan yang sama. Jenis visa ini hanya bisa diajukan oleh travel agent yang telah terdaftar di Kedutaan Republik Korea di Indonesia. 

Baca juga: 8 Tempat Wisata di Daegu, Seru Dikunjungi!

Biaya mengurus visa Korea Selatan Terbaru

Biaya total yang dibutuhkan untuk mengurus visa Korea Selatan dimulai dari Rp 780,000 untuk single visa (kurang dari 90 hari). 

Sebenarnya biaya single visa adalah Rp 584,000 tapi ditambah dengan biaya admin KVAC (Rp 196,000) totalnya jadi Rp 780,000.

Untuk jenis visa yang lain biaya totalnya adalah sebagai berikut:

  • Single Visa (lebih dari 90 hari) : Rp 1,072,000
  • Double Visa : Rp 1,218,000
  • Multiple Visa: Rp 1,510,000
  • Grup Visa : Rp 339,000

Syarat dokumen untuk mengurus visa Korea

Kita masuk bagian pentingnya, dokumen apa saja yang perlu dipersiapin? Sebisa mungkin penuhi semua persyaratan dokumen yang diminta agar pengajuan visanya diterima.

Beberapa syarat dokumen untuk mengurus visa Korea Selatan  yang perlu kamu persiapkan adalah:

  1. Formulir aplikasi visa (bisa di-download di sini).
  2. Pas foto ukuran 35 mm x 45 mm dengan latar belakang putih (ditempel di formulir).
  3. Paspor asli dan fotokopi halaman depan paspor serta halaman yang ada stempelnya. Sertakan juga paspor lama jika ada.
  4. Fotokopi visa Amerika Serikat atau negara OECD (jika ada).
  5. Surat Keterangan Kerja atau Mahasiswa asli dalam Bahasa Inggris, lengkap dengan kop, tanda tangan, penanggung jawab, logo/stempel resmi. Bagi wiraswasta harap melampirkan fotokopi SIUP.
  6. Dokumen keuangan yang dapat berupa:  rekening koran 3 bulan terakhir yang dilegalisir oleh bank atau slip gaji 3 bulan terakhir. Bagi pelajar wajib melamprkan rekening koran orang tua.
  7. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Beberapa persyaratan lain dalam kondisi tertentu adalah:

  • Jika kamu diundang oleh teman, kerabat atau perusahaan, harus melampirkan dokumen tambahan yang berupa surat undangan, fotokopi SIUP perusahaan pengundang, surat jaminan, dan fotokopi identitas pengundang.
  • Bagi yang akan ikut pogram studi, lampirkan juga Certificate of Admission.
  • Jika berencana berkunjung lebih dari 90 hari, lampirkan Certificate of Health dari rumah sakit yang ditunjuk oleh Kedubes Korea.
  • Kamu tidak perlu melampirkan tiket pesawat dan reservasi penginapan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Seoul Menarik Untuk Jalan-Jalan

Lokasi pengajuan visa

Lokasi untuk mengajukan visa Korea adalah di Korea Visa Application Center (KVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 5. Berikut alamat lengkapnya:

Korea Visa Application Center (KVAC)
Lotte Shopping Avenue Ciputra World 1
Unit 5F-05A LT. 05
Jl. Prof. DR. Satrio No.1, RT.18/RW.4,
Karet Kuningan,
Jakarta Selatan, 12940 Indonesia
Jam Operasional: Senin – Jumat 11:00 – 16:00 WIB
(Tutup hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, serta hari libur Kedutaan Korea)
TEL. 021-3950-4000 | E-mail : [email protected]

Baca juga: Mengunjungi Busan, Cek Spot Wisata yang Menarik!

Cara mengurus visa Korea Selatan 2021

Di bagian ini saya akan membagikan kurang lebih bagaimana prosedur atau mengurus visa Korea secara mandiri atau tanpa menggunakan jasa travel agent:

  1. Tentukan jenis visa yang sesuai dengan tujuan kamu berkunjung ke Korea. Kalau sekedar wisata bisa menggunakan single visa yang kurang dari 90 hari.
  2. Persiapkan formulir aplikasi dan semua dokumen persyaratan yang diminta. Susun dengan rapi sesuai dengan urutan yang disebutkan diatas, boleh dikumpulkan di dalam satu map atau distepler.
  3. Datang ke Korea Visa Aplication Center (KVAC) di Lotte Shopping Avenue pada hari dan jam operasional (Senin – Jumat antara jam 11 pagi sampai 4 sore).
  4. Lakukan pembayaran sesuai biaya visa di KEB Hana Bank (di lokasi yang sama) dengan cara tunai atau transfer bank jika merupakan nasabah Hana Bank.
  5. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan dapat sebuah materai yang diserahkan ke loket konsuler beserta seluruh dokumen persyaratan.
  6. Tunggulah beberapa saat, nanti kamu akan dipanggil dan diberikan tanda terima untuk pengambilan visa ketika sudah jadi.
  7. Kamu bisa mengecek status pengajuan visa kamu secara online di situs ini. Pilih tipe aplikasi melalui visa application center, isi nomor paspor, nama, dan tanggal hari kemudian lakukan pencarian. Keterangan status ada yang under review, approved, atau rejected.
  8. Kalau statusnya sudah approved, kamu bisa mengambil visa di hari dan waktu yang ditentukan. Kamu juga akan menerima pesan singkat untuk pengambilan visa.
  9. Datang kembali ke KVAC dan bawa tanda terima yang sebelumnya diberikan untuk pengambilan paspor.
  10. Nah, jadi deh visanya.

Biasanya proses aplikasi visa ini memakan waktu sekitar 6 hari. Kalau melalui travel agent dokumen yang dipersiapkan cuma sama, prosesnya mungkin bisa memakan waktu sekitar 14 hari.

Itulah panduan cara mengurus visa Korea Selatan. Persiapkan baik-baik dokumen yang diperlukan agar prosesnya lancar. Selamat liburan ke Korea Selatan!

 

4 Replies to “Cara dan Syarat Mengurus Visa Korea Selatan Terbaru (2021)”

  1. Saya uda sering kerja di kapal korea,tapi
    baru kali ini kerja harus ngurus visa..
    Kira2 brapa lama/hari visa jadi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *