Nih, Cobain 12 Pekerjaan Yang Bisa Bikin Kamu Keliling Dunia!

12 Pekerjaan Yang Bisa Membawa Kamu Keliling Dunia

Pengen ga sih dapat pekerjaan yang gajinya oke dan juga bisa keliling dunia? Siapa sih yang engga mau kerja sambil travelling?

Ini nih, 12 pekerjaan yang bisa bikin kamu keliling dunia juga:

1. Pramugari, pekerjaan gaji tinggi bisa keliling dunia juga!

Pertama ada profesi sebagai pramugari maskapai penerbangan atau disebut juga dengan cabin crew. Pekerjaan ini sangat diminati karena lowongannya yang cukup banyak karena permintaan yang besar, selain itu kualifikasi yang diminta juga tidak terlalu tinggi.

Kesannya pramugari hidupnya sangat glamour. Dengan seragamnya yang membanggakan, mereka terbang dari satu negara ke negara lain dan menginap di hotel mewah.

Tidak jarang pun mereka punya waktu luang untuk travelling di negara tujuan sebelum kembali lagi ke negara asal. Gaji pramugari termasuk cukup tinggi, apalagi jam kerjanya tidak sebanyak jam kerja orang kantoran.

Cuma, ya itu harus tahan kalau dapat long-hour flight, belum lagi jetlag, atau dapat penerbangan yang terlalu pagi atau terlalu malam.

Nonanomad udah pernah nih ngobrol sama seorang pramugari dari maskapai Singapore Airlines yang berbagi cerita dan tips cara menjadi pramugari dan juga berapa gaji yang didapatkan.

keliling dunia dengan pekerjaan pramugari
Adik saya seorang pramugari yang sudah keliling dunia karena pekerjaannya

2. Staff di kapal pesiar, keliling berbagai negara dengan kapal

Selanjutnya, pekerjaan yang bisa membawa kamu keliling dunia adalah menjadi staff di kapal pesiar. Jenis pekerjaannya pun beragam bisa sebagai juru masak, pelayan, cleaning service, resepsionis, performer, staff management dan lainnya.

Kerja di kapal pesiar tekanannya cukup besar karena kamu akan berlayar dalam jangka waktu yang cukup lama. Tapi di saat kapal berhenti di pelabuhan negara tertentu, maka kamu juga bisa ikutan turun ketika ada waktu istirahat.

Baca juga: Harga paket Genting Dream Cruise 3 Hari 2 Malam

pekerjaan yang bisa keliling dunia di kapal pesiar
Kerja jadi staff di kapal pesiar

3. Wartawan/Jurnalis, pekerjaan meliput berita sambil keliling dunia

Sebagai wartawan atau jurnalis ada kala di mana kamu harus meliput sebuah berita di negara lain. Profesi ini cukup menyenangkan karena bisa travelling dan pastinya dibayar oleh perusahaan.

Biasanya skill khusus yang diperlukan agar bisa menjadi wartawan atau jurnalis adalah kemampuan mengumpulkan berita, komunikasi yang baik untuk mewawancarai narasumber, dan kemampuan menulis yang baik.

Kadang juga udah sepaket jadi fotografer atau videografer juga. Jadi wartawan harus mampu beradaptasi dengan baik dan juga berfikir secara kreatif dan kritis.

Contohnya ada Rahma Ahmad, seorang blogger yang dulunya berprofesi sebagai jurnalis juga. Melalui pekerjaannya sebagai jurnalis, dia pun bisa mengunjungi negara-negara lain.

4. Diplomat, pindah-pindah negara untuk membangun relasi antar negara

Kalau kamu ingin bekerja untuk negara atau dalam badan pemerintahan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), bisa meniti karir sebagai diplomat.

Diplomat adalah perwakilan pemerintah negara yang bertugas untuk melaksanakan kegiatan diplomatik antar negara. Sebagai diplomat, bisa saja ditugaskan untuk dinas di luar negeri.

Jadi pekerjaan ini memungkinkan kamu tidak hanya travelling keluar negeri tapi juga tinggal di negara lain selama jangka waktu tertentu (biasanya 2-3 tahun).

Tanggung jawabnya sebagai diploma juga besar karena harus mewakili negara asal, menjalin hubungan dan kerja sama dalam bidang ekonomi, politik, sosial budaya, dan lainnya.

5. Tour Guide, pekerjaan yang pastinya bisa keliling dunia!

Pekerjaan yang berhubungan dengan travelling salah satunya adalah tour guide atau pemandu wisata. Nah, kalau kamu suka ngobrol ama orang, suka jalan-jalan, pas banget deh kerjaan ini.

Sebagai seorang tour guide, tugas kamu adalah membawa tamu mengunjungi tempat wisata di negara tujuan dan menjamin kepuasan dan keamanan para tamu.

Kamu harus paham tentang informasi, sejarah, dan juga hal yang istimewa dari sebuah atraksi wisata, selain itu harus punya personality yang asik, bisa membawa suasana.

Gaji tour guide juga lumayan, apalagi dapat tips dari tamu. Ibaratnya sekali mendayung dua tiga pulau terlampau. Bisa jalan-jalan terus dapat duit lagi.

pekerjaan yang berhubungan dengan travelling tour guide
Saya pernah juga part time jadi tour guide

6. Guru Bahasa Asing, mengajar bahasa di luar negeri

Ternyata jadi guru bisa keliling dunia juga loh! Posisi sebagai guru yang mengajar bahasa terutama Bahasa Inggris dibutuhkan banyak negara, contohnya di China dan Korea Selatan.

Saya sudah ketemu beberapa teman Orang Indonesia yang kerja sebagai guru Bahasa Inggris di luar negeri. Pastikan kamu memiliki kualifikasi dan sertifikasi agar lebih besar kemungkinan diterima.

7. Freelancer/Remote Work, bisa kerja di negara mana saja!

Zaman sekarang banyak profesi yang tidak mengharuskan kamu untuk datang ke kantor. Asalkan ada internet aja bisa kok. Istilah kerennya adalah remote work (kerja jarak jauh).

Contoh profesi yang bisa kerja secara remote adalah IT programmer, web developer, digital marketing, desain grafis, dan masih banyak lagi.

Selain itu ada juga para freelancer (pekerja lepas) yang tidak terikat dengan sebuah perusahaan.

Sekarang banyak banget situs bagi freelancer untuk mendapatkan pekerjaan secara online, kalau di Indonesia ada fastwork.id, sribulancer.com, dll.

Seandainya kamu punya skill-skill yang bisa kamu jual dan bisa kamu kerjakan secara online, boleh nih coba jadi freelancer. Nah, karena tidak perlu datang ke kantor kamu bisa kerja dari mana aja. Mau di pantai, di negara lain, di cafe,  suka-suka kamu!

8. Travel Blogger/Vlogger, diajakin jalan-jalan buat meliputi destinasi pariwisata

Ini nih, pekerjaan yang diminati oleh banyak orang dan berhubungan dengan travelling – jadi travel blogger atau travel vlogger aja!

Kerjaannya enak, tinggal jalan-jalan trus mendokumentasikannya ke dalam blog atau video. Saya sendiri sebagai seorang travel blogger beberapa kali dapat undangan untuk ikutan media trip, dibayar lagi.

Sumber pemasukkan seorang travel blogger atau vlogger bisa dari iklan, endorsment atau paid campaign, sponsorship, dan kerjasama blogger lainnya.

Cuma ya tidak gampang untuk bisa mencapai titik di mana kamu bisa self-sustain atau menghasilkan dari pekerjaan ini. Tertarik jadi travel blogger? Sebaiknya belajar dulu cara membuat blog agar bisa menghasilkan duit.

cari duit online internet
Contoh trip berbayar yang saya dapat sebagi blogger

9. Program Au Pair, bisa berinteraksi dengan orang lokal

Pernah dengan yang namanya program Au Pair? Singkatnya program ini memungkinkan kamu untuk bekerja di negara lain sebagai asisten dalam sebuah keluarga.

Mirip sebagai nanny atau babysitter tapi sedikit berbeda karena tujuannya lebih ke pertukaran budaya.

Untuk lebih jelas tentang program Au Pair silahkan baca tentang apa itu program Au Pair, cara dan syarat daftarnya bagaimana, dan juga negara mana saja yang bisa kamu datangi, dan pengalaman sebagai seorang Au Pair.

10. Program Work and Holiday di negara lain

Kalau kamu mau tinggal sambil kerja di luar negeri tapi tidak dalam jangka waktu yang panjang, boleh cobain yang namanya work and holiday visa (WHV).

Dengan visa ini kamu bisa tinggal dan mencari pekerjaan di negara tersebut selama setahun, ada juga beberapa yang bisa diperpanjang sampai 2-3 tahun.

Yang paling populer adalah working holiday di Australia. Saya sendiri pernah tinggal dan bekerja di Australia dengan jenis visa ini. Kerjanya yang casual aja, sebagai waitress. Cuma ya itu, kerja di Australia gajinya dihitung per jam dan tinggi.

Penasaran dengan pengalaman saya tinggal di Australia selama setahun dengan working holiday visa? Baca langsung cara dan syarat daftar working holiday visa (WHV) di Australia.

11. Kuliah di luar negeri dengan beasiswa

Judulnya kerja kok kuliah lagi? Ya mana tau kamu capek kan kerja dan pengen lanjut kuliah bisa coba cari beasiswa aja. Beberapa beasiswa memberikan uang saku per bulan juga, jadi ya mirip kan dibayar untuk belajar lagi, hehe.

Cara inilah yang saya gunakan agar bisa tinggal di luar negri sambil travelling di negara tersebut juga. Pilihan saya jatuh ke China, karena memang saya pengen travelling ke sana.

Saya lanjut kuliah S2 lagi di China dengan Beasiswa yang bernama Chinese Government Scholarship yang disediakan oleh pemerintah China.

Selama 2 tahun saya menuntut ilmu dan juga bisa travelling ke banyak destinasi wisata menarik di China.

tinggal di china untuk kuliah
Serunya tinggal dan kuliah di China

12. Ikut program volunteer ke luar negeri

Yang terakhir ada ikutan program volunteer, hanya saja yang ini tidak dibayar. Kalau kamu cuma mau keliling dunia atau travelling dengan cara hemat, bisa cobain program volunteer.

Ada beberapa situs yang menawarkan program volunteer seperti Helpx, Workaway, dan WWOOF. Sistemnya adalah menukarkan jasa yang bisa kita tawarkan dengan tempat tinggal gratis.

Saya pribadi kalau travelling suka pakai cara ini, bisa stay di satu tempat lebih lama, dan juga menambah pengalaman yang bisa dimasukkan ke CV juga.

keliling dunia dengan pekerjaan pramugari
Volunteer di kebun

Sekian 12 pekerjaan yang bisa keliling dunia bahkan beberapa berhubungan dengan travelling. Kira-kira profesi mana yang cocok untuk kamu? Atau ada pekerjaan yang lupa saya sebutkan di atas? Komen ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *