Kerja Sambil Jalan-Jalan Sebagai Pramugari, Interview Bersama Violetta

cara menjadi pramugari

Bagaimana cara menjadi pramugari? Syarat-syarat menjadi pramugari apa saja? Berapa sih gaji pramugari?

Salah satu pekerjaan yang sangat diminati oleh banyak orang adalah pramugari. Alasannya tidak lain karena gajinya yang tinggi, selain itu bisa terbang ke berbagai negara juga. 

Nah, Nonanomad akan ngobrol sama Violetta, salah satu crew atau pramugari sebuah maskapai yang cukup terkenal yaitu Singapore Airlines.

Sampai saat ini Violetta telah bekerja sebagai pramugari selama tiga tahun, sudah keliling dunia ke berbagai negara karena tuntutan pekerjaan.

Kalau mau tau langsung berapa gaji pramugari Singapore Airlines bisa langsung scroll ke bagian paling bawah ya!

Syarat-syarat untuk menjadi seorang pramugari

Syarat menjadi pramugari berbeda-beda tergantung dengan maskapai penerbangan.

Syarat-syarat tersebut biasanya mencakup:

1. Usia Minimum

Usia minimum untuk menjadi seorang pramugari adalah minimum 18 tahun. Namun, ada juga maskapai seperti Emirates Airlines yang menerapkan usia minimum pendaftaran yaitu minimal 21 tahun.

Beberapa maskapai tidak menyebutkan tentang batasan usia saat pendaftaran, namun Garuda Indonesia memiliki batas usia pendaftaran yaitu maksimal 27 tahun.

2. Tinggi Badan

Salah satu syarat penting untuk menjadi pramugari adalah tinggi badan. Tinggi badan yang ideal adalah 1.58m untuk wanita dan 1.65m untuk pria. Berat badan juga harus ideal dan memiliki postur tubuh proporsional.

3. Pendidikan Minimum

Untuk menjadi seorang pramugari, pendidikan minimum yang harus dimiliki adalah SMA/SMK/Sederajat. Garuda Indonesia menyebutkan bahwa diutamakan lulusan D3 ke atas.

Pendidikan minimum untuk Singapore Airlines adalah minimal diploma atau sarjana.

4. Kemampuan Berbahasa Inggris

Kemampuan Bahasa Inggris sangat penting terutama bagi yang ingin mendaftar sebagai pramugari maskapai luar negeri.

Sebaiknya memiliki kemampuan yang fasih dalam Bahasa Inggris terutama untuk berkomunikasi.

Biasanya dalam proses wawancara tidak diperlukan sertifikat yang menyatakan kemampuan Bahasa Inggris, namun akan ada tes di saat seleksi.

Untuk proses wawancara maskapai asing seluruhnya akan menggunakan Bahasa Inggris

Keempat syarat di atas merupakan syarat paling umum untuk menjadi pramugari.

Beberapa syarat lain seperti tidak boleh memiliki tato atau bekas luka yang kelihatan, tidak memakai kacamata (contact lens diperbolehkan dengan batas minus tertentu), dan juga memiliki badan yang sehat.

Baca Juga: 10 Traveler Perempuan Berbagi Cerita Menghadapi Situasi Pandemi

cara menjadi seorang pramugari
Ketika terbang ke Paris

Proses wawancara dan seleksi untuk menjadi pramugari Singapore Airlines

Ada beberapa tahapan yang harus dilewati untuk menjadi pramugari yaitu pendaftaran, pengukuran tinggi dan berat badan, proses wawancara bertahap, tes Bahasa Inggris, terkadang ada juga group discussion.

Nah, sekarang Violetta akan membagikan pengalaman ketika dia mengikuti proses wawancara dan seleksi untuk menjadi pramugari Singapore Airlines. Tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Open recruitment/Walk in Interview

Sebelumnya saya sudah nyari info lewat forum pramugari atau situs lainnya di Google, kapan ada open recruitment untuk Singapore Airlines.

Sekitar Bulan Juli saya datang ke kantor representatif yang telah ditunjuk oleh Singapore Airlines yang belokasi di Jakarta untuk mengikuti open recruitment yang diadakan.

Saya hanya membawa cukup CV dan pas foto. Pendaftaran dibuka dari jam 9 pagi sampai 12 siang.

Setelah ngumpulin CV, cek berat badan dan tinggi badan, kemudian diberikan nomor untuk menunggu sampai dipanggil untuk wawancara.

Tahap pertama: Perkenalan singkat

Sekitar setelah jam makan siang saya dipanggil untuk masuk ke sebuah ruangan untuk wawancara pertama. Di tahap ini ada sekitar 8-10 orang yang dipanggil secara langsung untuk wawancara bersama dengan interviewer.

Pertama harus perkenalan diri singkat sekitar 30 detik sampai 1 menit. Saya memperkenalkan diri saya dari nama, umur, dan juga kalau saya baru lulus kuliah. Kalau kamu ada riwayat pekerjaan sebelumnya bisa disebutkan juga.

Tips paling penting harus confident atau percaya diri. Bahasa Inggrisnya harus lancar juga dan cara ngomongnya harus jelas. Langsung dikabari juga apakah akan lanjut ke tahapan selanjutnya.

Tahap kedua: Tes Bahasa Inggris

Di tahap kedua ada tes Bahasa Inggris, totalnya ada 15 soal pilihan berganda. Kurang lebih tesnya seputar reading dan juga beberapa soal tentang grammar.

Tahap ketiga: Wawancara lebih mendalam

Kalau wawancara pertama lebih ke perkenalan diri saja, wawancara kedua ini lebih mendalam. Satu ruangan berisi 3 orang. Interviewer akan bertanya sekitar 10 – 15 menit.

Contohnya seperti hobinya apa? Sehari-hari biasanya ngapain aja? Kenapa mau jadi pramugari?

Saya dapat interviewer-nya lumayan casual dan santai. Usahakan sebisa mungkin tidak grogi dan tetap pede, ramah, dan coba memberi impresi yang baik untuk interviewer.

Nah, kurang lebih di hari pertama proses wawancara ada tiga tahapan yang harus dilewati. Kemudian diinfokan langsung pada hari itu juga apakah lolos ke final interview.

2. Final recruitment

Di tahap final recruitment, peserta yang sudah lolos baik di open recruitment sebelumnya akan digabungkan atau dipanggil secara bersamaaan.

Maksudnya mungkin dalam tahun tersebut dilaksanakan tiga kali open recruitment, pada bulan Januari, Maret, dan Juli. Yang lolos pada tahapan tersebut akan semuanya dipanggil secara bersamaan di final interview misalnya pada Bulan Agustus.

Karena saya ikut open recruitment bulan Juli jadi tidak perlu menunggu terlalu lama untuk final recruitment yang diadakan pada bulan Agustus.

3. Skin check dan tes memakai seragam kerja

Pada tahapan ini akan dilakukan pengecekan yang lebih detail, seperti cek kulit apakah memiliki tato yang kelihatan, bekas luka, atau jerawatan. Kemudian coba pakai baju seragam pramugari.

Kalau pernah lihat seragam Singapore Airlines modelnya mirip kebaya, jadi proporsi tubuh harus sesuai, disuruh untuk tes cara jalan juga.

Di tahap ini juga bisa gagal loh dan disuruh pulang. Tapi dikasih kesempatan kedua untuk ikutan di recruitment selanjutnya tanpa harus melewati proses di hari pertama.

Jadi contohnya kalau memang lagi apes dapat alergi, atau mukanya kebetulan lagi banyak jerawat, tidak akan lolos tapi data kamu masih disimpan kalau mau coba lagi di kesempatan lain tanpa harus inteview awal ataupun tes Bahasa Inggris lagi.

4. Final interview

Interview langsung dengan tiga representatif dari Singapura, sekitar 15 – 20 menit. Pertanyaannya lebih casual juga seperti ngobrol biasa.

Saya ditanya pernah ke Singapura sebelumnya? Bagaimana pendapat keluarga bila bekerja di Singapura? Goals dalam hidup apa?

Di hari yang sama langsung dapat kabar lolos atau tidak. Setelah lolos harus medical check-up di Jakarta dan work pass nya akan segera diurus.

5. Training untuk menjadi pramugari

Sistem training pramugari Singapore Airlines lebih ke per batch training. Setiap minggu ada sekitar 4 orang yang akan di training dari Indonesia bersama dengan karyawan lain, jadi kalau sudah lolos pun bisa menunggu beberapa bulan sampai akhirnya bisa ke Singapura, kurang lebih 3-6 bulan tergantung dengan kebutuhan karyawan/trainee di saat itu.

Selama menunggu ada beberapa prosedur administrasi yang harus dikirim seperti dokumen yang diperlukan untuk mengurus work pass.

Di bulan Oktober work pass saya approved, setelah itu dikirimkan tiket pesawat ke Singapura di bulan November.

Sesampainya di Singapura saya dapat hotel, harus medical check-up lagi. Masih bisa dipulangkan kalau hasil medical check-up-nya tidak lolos.

Kasus yang paling sering muncul biasanya karena ada spine problem, atau masalah di tulang punggung.

Saya mulai training di akhir November selama 3 bulan, kemudian masuk ke tahap probation atau percobaan selama 6 bulan, dan kalau tidak ada masalah akan dikontrak selama 5 tahun.

Baca Juga: Interview Bersama Olivia Purba, Travel Blogger dan Book Writer

Tips untuk lolos wawancara pramugari

  • Harus percaya diri
  • Artikulasi Bahasa Inggris harus benar dan jelas. Ngomongnya jangan kecepatan
  • Stay calm, jangan nervous
  • Selalu tersenyum and be friendly
  • Body gesture and good attitude
Brighton Beach, Melbourne

Berapa sih gaji pramugari Singapore Airlines?

Ini bagian yang paling bikin penasaran. Berapa sih sebenarnya gaji seorang pramugari? Tentunya tergantung dengan maskapai penerbangan.

Gaji pramugari Singapore Airlines dibagi menjadi 3 bagian yaitu: Basic salary atau gaji pokok, jam terbang, dan meal allowance. Gaji pramugari Singapore Airlines kurang lebih bisa dapat SGD 4,000 – 5,000 per bulannya.

  1. Basic salary. Gaji pokok sesuai dengan kontrak, dimulai dari SGD 1,300.
  2. Jam terbang. Dihitung sesuai dengan jam terbang atau ketika on duty.
  3. Meal allowance. Tergantung dengan destinasi yang kita tuju dan durasi tinggal di destinasi tersebut.

Benefit lain yang didapatkan sebagai pramugari Singapore Airlines adalah:

  1. Travel benefit. Diskon tiket pesawat yang bisa digunakan berkali-kali untuk maskapai Singapore Airlines, Scoot Airlines, dan juga Silk Air. Setahun sekali juga dapat tiket gratis untuk orang tua juga atau pasangan bagi yang sudah menikah.
  2. Medical and dental benefit. Semacam asuransi yang bisa dipakai ketika sakit.
  3. Transport and Laundry allowanceUang tambahan untuk biaya transportasi dan juga laundry seragam.
  4. Diskon. Bisa dapat diskon di toko, restoran, atau hotel yang memiliki kerja sama dengan Singapore Airlines.

Baca Juga: Tips Kerja di Australia dengan Work and Holiday Visa

Switzerland

Suka duka jadi pramugari

Sukanya bisa traveling kemana aja, dibayar lagi. Merasakan culture yang baru, coba makanan baru,  lebih ke new experience juga.

Enaknya jadi pramugari bisa beli barang dari luar negeri karena beberapa barang di Singapura harganya lebih mahal.

Contohnya kalau dapat penerbangan ke Australia bisa beli vitamin, kalau terbang ke New Zealand bisa beli madu. Barang di luar negeri selain kualitasnya bagus harganya juga murah.

Terus bisa sering jalan-jalan hemat juga keliling dunia.

Sebagai pramugari maskapai luar tentunya mendapat keuntungan bisa tinggal di luar negeri. A

da kelebihan dan kekurangannya juga sih. Biaya hidup di Singapura lebih mahal jadi harus pinter mengatur keuangan.

Menjadi seorang pramugari bisa merasakan international work environment. Ketika kerja bisa ketemu dengan penumpang dari seluruh dunia, jadi bisa belajar, dapat teman baru, dan terkadang ada cerita yang seru juga.

Gaya hidup seorang pramugari lumayan seru juga karena dalam sebulan cuma kerja 10 – 14 hari. Sisanya istirahat. Gaji seorang pramugari termasuk tinggi apalagi bagi yang baru lulus kuliah, bisa nabung untuk masa depan.

Jadi pramugari ada bagian kurang enaknya juga. Yang paling berasa sih soal kesehatan dikarenakan jam tidur yang tidak teratur.

Contoh, flight ke New York yang 18 jam, cuma dapat waktu istirahat di pesawat 5 jam. Belum lagi 2 jam sebelum terbang udah harus ke kantor, dan butuh waktu juga untuk get ready, make up, dan perjalanan ke bandara.

Kasarnya untuk penerbangan New York harus “kerja” selama 24 jam. Waktu makan tidak teratur. Tidak sehat jg kalau makan di pesawat terus. Setelah long flight badan akan capek. Maunya istirahat dan recovery aja.

Menjadi seorang pramugari harus siap untuk jauh dari keluarga. Kadang harus rela missing out important events, contohnya acara ulang tahun anggota keluarga, atau pernikahan teman.

Working culture di Singapura juga masih memandang senior dan junior, jadi awal-awal pasti harus bisa beradaptasi dengan kondisi kerja yang kurang menyenangkan.

Kadang menghadapi passanger yang suka complain terutama Singaporean, wajar karena national carrier makanya punya high expectation.

Terima kasih kepada Violetta yang telah berbagi pengalaman tentang cara menjadi pramugari Singapore Airlines, syarat menjadi pramugari, gaji pramugari Singapore Airlines dan tips lainnya! 

 

2 Replies to “Kerja Sambil Jalan-Jalan Sebagai Pramugari, Interview Bersama Violetta”

  1. Thanks for sharing this! Banyak banget yang ngelihat enak-enaknya jadi pramugari, padahal di balik itu ada mati-matiannya juga, ya. Kurang tidur lah, harus stand by beberapa jam sebelum, jam tidur acakadut, dst. Tapi terbayar juga dengan bisa keliling dunia. Harus passionate ngejalaninnya juga kali ya. 😀

    1. Iya betul, engga gampang sih jadi pramugari. Tapi ya itu enaknya bisa keliling ke negara lainnya gratus hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *