Panduan Lengkap Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

panduan lengkap cara membuat blog yang menghasilkan uang pemula

Dalam beberapa tahun belakangan ini saya banyak belajar khususnya tentang ngeblog. Kalau boleh jujur, banyak sekali kesalahan yang saya perbuat. Andaikan saya tau hal-hal ini lebih awal, mungkin blog saya akan berkembang jauh lebih baik.

Nah, karena itulah saya ingin membagikan pengalaman kepada kamu, khususnya bagi yang memang tertarik untuk memulai ngeblog. Simak tips dan panduan tentang cara membuat blog yang menghasilkan uang.

Apakah dengan blog bisa menghasilkan uang?

Pertanyaan ini selalu ditanyakan kepada saya. Sebenarnya bisa engga sih dapat uang dari ngeblog. Jawabannya tentu saja bisa.

Mungkin kamu sering berpikir, “Kok si A enak ya, bisa di-endorse mulu, kerjaannya jalan-jalan gratis, nginep di hotel mewah?”

Sebagai seorang travel blogger saya sudah beberapa kali diajakin ikutan famtrip dalam rangka mempromosikan destinasi pariwisata sebuah daerah.

Selain bisa jalan-jalan gratis, saya juga mendapat uang saku. Yang perlu saya lakukan adalah menulis pengalaman saya di blog dan share ke media sosial.

Saya pernah diundang Kementrian Pariwisata Indonesia, diundang Tourism Board Macau, dan juga ikutan cruising.

Nah, itu hanya beberapa contoh saja. Banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari blog, beberapanya adalah:

1. Iklan / Google Adsense

Cara pertama adalah memasang iklan berupa banner di halaman blog, bisa secara manual dimana kamu mencari perusahaan atau brand dan menentukan tarif sendiri untuk pemasangan iklan atau melalui Google Adsense.

Google Adsense adalah iklan yang ditampilkan secara otomatis yang ditentukan oleh Google. Penghasilan yang kamu dapat ditentukan dari cost per click (CPC) dan cost per mille atau per 1000 impression (CPM).

Kalau saya pribadi tidak mengharapkan penghasilan dari Google Adsense. Kenapa? Karena kalau kamu harus punya pageview yang tinggi untuk mendapatkan penghasilan yang cukup dari Google Adsense.

2. Content Placement

Content Placement adalah peletakkan konten di blog kita sesuai yang diinginkan brand atau pengiklan. Bisa berupa produk review, atau tulisan topik tertentu yang lebih sesuai dengan gaya tulisan kita sehingga tidak terlalu hard-selling.

Biasanya yang diharapkan oleh brand selain exposure adalah backlink. Backlink sangat penting untuk menaikkan ranking di mesin pencarian Google. Nanti di bagian selanjutnya saya akan membahas lebih detail tentang backlink.

Sudah beberapa kali saya bekerja sama dengan pengiklan dalam hal content placement. Pihak pengiklan akan menulis konten yang sudah disisipin backlink ke situs mereka, jadi saya hanya tinggal publish aja di blog.

3. Program Afiliasi

Kalau kamu baca blog saya, saya akan merekomendasikan penginapan yang disertai dengan link yang jika diklik akan masuk ke booking.com.

Kalau kamu memesan penginapan melalui link saya, saya akan mendapatkan komisi. Beberapa program afiliasi memasang cookie ada yang selama 24 jam saja, ada yang selama 30 hari.

Artinya kalau seseorang masuk ke link kamu dan cookie-nya 30 hari, walaupun dia tidak beli hari ini tapi belinya minggu depan, kamu tetap akan dapat komisi.

Program afiliasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang di blog yang sangat populer. Saya pribadi juga paling suka dengan program afiliasi, walaupun masih belajar juga.

Di Indonesia ada situs market place untuk program afiliasi, contohnya Involve Asia. Involve Asia bekerja sama dengan brand besar di Indonesia seperti Lazada, BliBli, Tiket.com, BerryBenka, dll.

Jadi kamu tinggal promosiin produk sesuai dengan arah konten kamu, contohnya kalau suka fashion, bisa ikut program afiliasi BerryBenka, tinggal di-link saja ke id kamu, kalau ada yang beli baju melalui link yang kamu bagikan, kamu akan mendapat komisi.

Contoh artikel saya yang memuat link afiliasi adalah rekomendasi aplikasi booking hotel terbaik.

program afiliasi involve asia
Tampilan Involve Asia

4. Lainnya

Kalau kamu punya skill tertentu kamu bisa menulis e-book dan menjualnya secara online. Bisa juga diundang berpartisipasi event terentu, menjadi pembicara, ikutan lomba ngeblog. Banyak deh cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapat uang dari ngeblog.

Bedanya influencer sama blogger apa sih?

Saat ini banyak istilah yang digunakan untuk menyebut para pelaku yang bekerja di bidang digital atau online. Ada sebutan influencer, content creator, blogger, youtuber, dll.

Menurut saya influencer adalah orang-orang yang memang bisa memberi influence atau pengaruh kepada base audience mereka. Bisa artis, politisi, traveler, blogger, dll.

Bedanya kenapa disebut blogger karena memang platform yang digunakan adalah blog. Disebut youtuber karena platform yang digunakan adalah youtube.

Nah, yang banyak salah kiprah di dunia blogging ini adalah, banyak mereka (termasuk saya dulunya) yang mengira kalau sudah ada blog maka jadilah blogger.

Semua orang banyak yang memiliki akun youtube untuk menonton saja, apakah mereka disebut youtuber? Banyak juga orang yang memiliki akun instagram, apakah semuanya adalah instagrammer?

Saya juga selalu menyebut diri saya travel blogger tapi selain menulis di blog, saya tidak banyak tahu tentang ilmu apa saja yang diperlukan untuk mengoptimalkan blog saya.

Setelah itu baru saya mempelajari ilmu-ilmu yang pada akhirnya membuat saya lebih mengerti, sekarang saya bisa lebih pede menyebut diri sendiri seorang blogger.

Alasan kenapa kamu harus membuat blog

  1. Kamu bisa menghasilkan uang lewat blog sesuai cara yang saya sebutkan diatas. Memang tidak gampang tapi memungkinkan kalau kamu benar-benar serius.
  2. Membuat blog tidak membutuhkan modal yang besar.
  3. Kamu bisa membangun personal brand kamu melalui blog atau situs pribadi kamu sendiri. Lihat saja perusahaan-perusahaan atau lembaga pasti punya website sendiri. Kenapa kamu tidak?
  4. Kamu bisa menulis konten sesuai hobi atau interest kamu. Yang suka memasak bisa bikin blog tentang resep memasak, yang suka olahraga bisa buat blog tentang fitness, yang suka ngegame bisa buat blog tentang game, dll.

Kamu mungkin berpikir, “Ah, daripada repot-repot ngeblog mending jadi instagrammer saja deh, lebih gampang.”

Memang kamu juga bisa mencari uang lewat instagram, tapi sebenarnya effort yang kamu perlukan lebih besar.

Kenapa? Dengan algoritme instagram sekarang tidak gampang untuk menambah follower. Kamu harus memiliki konten yang menarik, atau tidak, harus memiliki tampang yang oke.

Model instagram dan facebook sama. Kalau tidak ada engagement yang baik, postingan kamu hanya akan terlihat oleh beberapa persen pengikut kamu saja.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Instagram untuk Mempercantik Feed IG

Kenapa saya lebih menyarankan blog (Google) dan Youtube? Karena keduanya adalah mesin pencarian. Kalau kamu mau nyari info tentang sesuatu pasti lewat Google atau Youtube kan?

Lebih mending yang mana? Kamu kerja keras untuk membuat konten bagus di blog atau Youtube, dimana nantinya kalau orang mencari konten kamu akan muncul, atau membuat konten yang bagus di Instagram atau Facebook tapi cuma sekali dilihat orang pas kamu posting aja?

Karena saya orangnya belum (bukan tidak) pede ngomong lewat video dan lebih nyaman menulis, mungkin beberapa dari kalian sama seperti saya, ya mendingan buat blog saja. Instagram dan Facebook dijadikan channel tambahan untuk mempromosikan blog kamu.

Langkah langkah membuat blog

Sekarang kita masuk ke bagian yang lebih teknikal. Di sini saya akan membagikan cara atau langkah-langkah membuat blog dan poin-poin penting yang harus kamu ketahui. Jangan melakukan kesalahan yang pernah saya lakukan.

1. Tentukan isi konten blog

Coba deh, jawab pertanyaan saya. Kenapa kamu menggunakan Google? Jawabannya pasti untuk mencari jawaban untuk hal atau pertanyaan yang tidak kamu ketahui.

Nah, inilah alasan kenapa kamu harus menulis konten yang informatif dan memberikan solusi. Karena orang-orang yang search di Google memang mau mencari jawaban atas permasalahan yang mereka miliki.

Ketika saya baru ngeblog, saya menulis pengalaman traveling saya seperti catatan diary. Hari ini kemana, napain aja, besoknya kemana.

Kalau tulisannya menarik kayak punya Mbak Trinity mungkin tidak apa-apa, tapi tulisan saya lebih ke tulisan panjang yang isinya keseharian pas lagi traveling saja.

Setelah 4 tahun ngeblog baru saya ketemu dengan blogger lain yang bilang kalau blog harus informatif dan memberi solusi untuk pembaca.

Baru deh saya sadar selama ini blog saya hanya fokus ke saya saja, harusnya saya menulis hal yang lebih informatif.

Kesalahan saya #1: Menulis untuk diri sendiri, bukan pembaca.

Sekarang saya menulis tentang bagaimana cara ke sebuah tempat, itinerary-nya bagaimana, informasi tempat wisata, budget, tips traveling biar murah, agar bisa membantu traveler lain.

Banyak kesalahan blogger pemula yang hanya menulis konten untuk kesenangan pribadi saja, sehingga blog mereka tidak muncul di mesin pencarian Google.

Sebaiknya struktur blog juga tertata dengan rapi dan menggunakan sub judul atau heading. Kalau kamu perhatikan di sini saya juga menerapkan penulisan yang memiliki sub judul. Nanti saya akan jelaskan bersama dengan teknik search engine optimization (SEO) di bagian berikutnya.

2. Memilih platform blog yang sesuai

Ada 2 platform yang utama yang sering digunakan para blogger, Blogspot dan WordPress. WordPress ada 2 jenis juga, wordpress.com dan self-hosted wordpress.

Blogspot dan wordpress.com adalah platform gratis yang bisa kamu gunakan. Kalau kamu memang ingin serius ngeblog, saya tidak menyarankan untuk menggunakan platform gratisan.

Ya, namanya juga gratisan, banyak sekali keterbatasan dalam hal fitur maupun penggunaan sehingga memperlambat performa blog.

tampilan blogspot
tampilan blogspot
tampilan self hosted wordpress
tampilan self-hosted wordpress

Domain blog kamu belakangnya juga ada tambahan, contohnya: www.abcd.blogspot.com, atau www.abcd.wordpress.com. Kelihatannya kurang profesional.

Walaupun kamu bisa membeli domain .com, balik lagi dengan adanya keterbatasan jadi lebih baik menggunakan self-hosted wordpress saja.

Awal saya ngeblog saya menggunakan blogspot. Saya belajar sendiri html coding untuk mengganti template blog saya. Tentunya memakan waktu yang tidak singkat. Tahun ketujuh saya ngeblog baru saya mengganti ke self-hosted wordpress.

Hal ini berpengaruh buruk terhadap ranking saya di Google karena url saya berganti. Walaupun sudah di redirect tetap saja butuh waktu cukup lama untuk mengembalikan performa blog saya.

Kesalahan saya #2: Tidak menggunakan self-hosted

Apa itu self-hosted wordpress? Singkatnya kamu akan memiliki content management system sendiri dengan hosting yang kamu pilih.

Saya kasih gambarang bagaimana cara belinya:

  1. Klik di sini untuk masuk ke situs Niaga Hoster.
  2. Pilih paket hosting. Saya sarankan ambil yang personal, tapi sesuai kebutuhan kamu saja.
  3. Pilih durasi paket, yang 3 tahun jauh lebih murah.
  4. Isi nama domain yang kamu inginkan, tambahkan ke keranjang.
  5. Ambil fitur tambahan auto install website wordpress (gratis), comodo positive ssl, wajib karena google akan memberikan nilai plus bagi situs yang secure (Rp 125,000/tahun), perlindungan privasi, tidak wajib tapi saya sarankan agar aman ambil saja(Rp 45,000/tahun).
  6. Lanjutkan ke pembayaran. Bisa menggunakan kode kupon saya “nonanomad” untuk diskon 5%. Checkout sekarang dan lakukan pembayaran.

Setelah kamu melakukan pembayaran kamu akan menerima email tentang detail login ke akun wordpress managemen kamu.

harga paket niaga hoster
Harga paket Niaga Hoster

3. Install plugin wordpress

Beberapa plugin ini akan sangat membantu untuk meningkatkan performa blog.

Masuk ke dashboard wordpress kamu. Di bagian kiri ada bagian “plugins”. -> tambahkan -> cari plugin berikut, install dan aktivasi.

Kamu bisa nonton tutorial di youtube atau baca-baca blog tentang plugin wordpress terbaik.

4. Install template

Kamu bisa cari menggunakan template gratis yang sudah disediakan oleh wordpress. Banyak juga template yang bagus dan terlihat rapi. Yang perlu diingat adalah carilah template yang responsive dan SEO friendly.

Kesalahan saya #3: Terlalu mementingkan template

Jangan menggunakan template yang terlalu ribet soalnya bisa memperlambat loading blog. Cari saja di Google “template gratis wordpress terbaik”.

Bisa juga langsung cari di bagian kiri dashboard -> appearance -> themes -> install theme yang kamu inginkan.

Memang harus diutak-atik sedikit settingannya. Kalau kurang ngerti bisa coba cari tutorial atau documentation untuk settingan template tersebut.

5. Menambahkan sitemap

Tujuannya agar tulisan baru kamu dapat di index oleh Google dan bisa ditemukan di mesin pencarian Google dalam waktu yang singkat.

Kamu harus membuat akun di Google Search Console dan menambahkan sitemap situs baru kamu.

Kamu bisa cari di Youtube atau search di google cara “menambahkan sitemap” atau cara website di index oleh google. Nah, jadi deh. Kamu bisa mulai menulis konten di blog kamu.

Memahami Teknik Search Engine Optimization (SEO)

Teknik SEO sangat penting. Kenapa? Karena sebagai blogger kita tentu mau agar artikel kita masuk di halaman pertama mesin pencarian Google. Kalau bisa nomor 1 malah, karena disitulah sumber traffic terbesar yang akan masuk ke blog kita.

Banyak faktor yang mempengaruhi ranking kamu di Google, saya akan coba rangkum beberapa hal penting:

1. Konsistensi

Kedengarannya memang simple tapi tidak gampang. Salah satu syarat menaikkan ranking blog di Google adalah konsistensi.

Jangan cuma publish blog baru karena lagi kepengen aja, atau mumpung ada bahan. Lebih baik dijadwalkan, misalnya setiap 2 hari publish 1 artikel baru, atau seminggu 1x, yang penting konsisten.

Baca juga: Tips agar blogger bisa tetap konsisten ngeblog

2. Riset keyword

Riset keyword juga sangat penting. Kamu bisa menggunakan tool gratis Uber Suggest atau Google Keyword Planner untuk riset keyword. Gunakanlah long tail keyword, contohnya kamu mau buat tulisan tentang “cara membuat blog”.

Setelah melakukan riset di Uber Suggest memang volume pencariannya tinggi, hanya saja dilihat dari indikator SD keyword “cara membuat blog” memiliki kesulitan lebih tinggi.

Kompetisinya susah. Kalau kamu cari di Google dengan keyword “cara membuat blog” yang muncul di halaman pertama antara media besar atau situs yang memiliki DA (Domain Authority) yang tinggi.

Lebih baik menggunakan keyword yang lebih spesifik yaitu “cara membuat blog wordpress” atau “cara membuat blog pribadi gratis”. Carilah yang tingkat kesulitan dan kompetisinya yang tidak terlalu tinggi.

Setelah nanti Domain Authority kamu lebih tinggi, baru kamu bisa ngincer keyword yang lebih sulit. Tentunya harus diikuti dengan On Page SEO yang akan saya jelaskan di poin berikut.

riset keyword dengan ubersuggest
Riset keyword dengan Ubersuggest

3. On Page SEO

On Page SEO adalah teknik optimasi situs secara internal. Sebelumnya saya sudah menyebutkan salah satu plugin untuk di-install yang bernama Yoast SEO.

Plugin ini akan membantu kamu untuk mengecek apakah artikel yang kamu tulis sudah memiliki On Page SEO yang baik yang mencakup:

  1. Title Tag. Judul artikel memuat keyword yang kita incar dan juga harus menarik.
  2. Headings. Gunakan headings H1, H2, H3,….Di wordpress judul artikel sudah otomatis H1, jadi subheadingnya mulai dari H2.
  3. Struktur url. Mengandung kata keyword.
  4. Alt text gambar. Sematkan kata kunci juga.
  5. Internal linking. Menambahkan link dengan keyword ke artikel kamu yang saling bersangkutan.

Kamu bisa coba baca dan cari tahu lebih lanjut tentang On Page SEO.

4. Off Page SEO

Teknik Off Page SEO lebih ke membagikan artikel kamu ke sosial media. Bisa juga buat giveaways, kolaborasi sama blogger lain, dll.

5. Backlink

Backlink sangat penting karena dapat meningkatkan Domain Authority dan Page Authority. Kedua indikator ini adalah acuan yang digunakan mesin pencarian Google untuk memberikan ranking.

Kalau DA dan PA kamu lebih tinggi, lebih gampang juga untuk muncul di halaman depan Google. Untuk dapat backlink bisa blogwalking, menulis guest post ke blog orang lain, atau kontribusi di situs seperti hipwee, brillio, kompasiana.

Penutupan

Mudah-mudahan yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin serius ngeblog. Kalau kamu memang serius bisa kok dapat duit dari blog.

Hanya saja tidak gampang. Mungkin butuh waktu paling tidak 3-6 bulan bahkan lebih untuk menaikkan Domain Authority dan Page Authority. Tapi kalau kamu giat tidak ada yang tidak mungkin.

Yang saya paparkan di atas kurang lebih poin pentingnya saja. Untuk lebih detail kamu bisa baca-baca lagi, banyak kok di Google dan Youtube panduan yang berkaitan dengan blogging.

Kalau masih kurang mengerti dan ada yang mau ditanyatakan, kamu bisa menghubungi saya melalui kolom komentar atau e-mail.

Sekian panduan cara membuat blog dan menghasilkan uang dari blog. Selamat mencoba!

 

4 Replies to “Panduan Lengkap Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang”

  1. Saya termasuk blogger yang menulis di blog untuk have fun mba, jadi saya nggak begitu paham adsense dan teman-temannya 🙈 tapi memang saya akui, blog punya chance lebih besar untuk ke luar di Google daripada IG dan Facebook, that’s why saya suka menulis di blog 😂 meski nggak berharap bisa page one sih hahaha.

    Ohya, menurut saya, blog mba salah satu blog yang menarik untuk dibaca 😆 saya pun follow plus selalu menantikan tulisan-tulisan mba. Keep writing, sharing and inspiring mba 😍

    1. Saya juga setelah ngeblog lama baru tau tentang teknikal SEO segala macam. Awal mulanya juga ngeblog sekedar hobi saja hehe. Sebaiknya juga engga terlalu mikirin duit sih. Yang penting rajin nulis aja ntar rejekinya datang juga kok.

  2. Aku suka banget sama konten ini, banyak memberikan informasi tentang dunia blogging untuk para pemula kaya aku. Aku juga baru mau seriusin blogging lagi, setelah kemarin2 blogging hanya untuk seneng2 aja, jadi kalau lagi writers block jadi mager mau nulis 😆 Terima kasih artikelnya sangat membatu. Tips2nya bakalan aku pakai! 😍

    1. Memang paling sulit sih konsisten dalam blogging hehe. But nothing comes easy if you wanna be success and earn something right? Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *