Itinerary Backpackeran ke Vietnam Selama 2 Minggu

jalan jalan ke halong bay

Pengen coba backpackeran ke Vietnam? Wajib baca dulu nih itinerary liburan atau backpacker ke Vietnam selama 2 minggu ga pake budget gede!

Alasan kenapa kamu harus coba backpacker ke Vietnam!

Vietnam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang digandrungi oleh para travellers atau backpackers. Kenapa? Liburan ke Vietnam relatif murah dengan kata lain tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

Selain itu banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik wisata kota maupun alamnya. Tapi yang tidak boleh terlewatkan tentunya wisata kuliner.

Biasanya kalau ke Vietnam pasti sekalian ke negara tetangga seperti Thailand dan juga Kamboja, sebutannya backpackeran ke tiga negara sekaligus.

Bahkan banyak juga yang menggabungkan Malaysia dan juga Singapura, totalnya jadi lima negara deh.

Nah, saya sendiri hanya fokus ke backpacker ke Vietnam saja karena ternyata negara ini sangat besar, bahkan saya yang solo travelling selama dua minggu pun rasanya belum cukup.

Saya masih bisa ingat betapa gilanya pengendara sepeda motor di Vietnam. Hanya dengan helm seadanya, mereka bahkan tidak peduli dengan aturan mengendara yang aman.

Mungkin itu salah satu alasan kenapa Vietnam berkesan bagi saya. Apalagi makanannya yang enak!

Jadi saya mulainya dari bagian selatan yaitu Ho Chi Minh sampai ke utaranya Vietnam yaitu Hanoi. Sebenarnya sih 2 minggu cukup mepet.

Perjalanan cukup melelahkan karena saya menggunakan bus malam untuk pindah dari satu kota ke kota lain.

Pengalaman naik sleeper bus merupakan pengalaman yang baru bagi saya. Cukup nyaman karena bisa tidur-tiduran dan merenggangkan badan.

Tapi jalanan yang kurang baik dan apalagi supirnya yang lumayan gila juga, jadinya pasti bakal terbangun di malam hari.

Biaya yang saya keluarkan untuk trip ke Vietnam ini kalau tidak salah sekitar Rp 3juta saja selama dua minggu di luar tiket pesawat. Kebanyakan sih keluarin uang cuma buat hostel, makan, transportasi umum, dan tiket masuk wisata saja.

Baca juga: Itinerary Liburan ke Sydney Selama 5 Hari 4 Malam

Itinerary Traveling/Backpacker ke Vietnam Selama 2 Minggu

Kemana saja nih asiknya? Ikuti perjalanan dan itinerary backpacker ke vietnam saya.

Ho Chi Minh/Saigon (2 hari), itinerary di mulai dari Ho Chi Minh

Kota dengan populasi penduduk terbanyak di Vietnam. Tidak heran kalau Ho Chi Minh sangat ramai. Hari pertama cukup santai, saya cuma explore area backpacker bernama Pham Ngu Lao Street.

Cobain streetfood, duduk-duduk di tepi jalan. Ikutan orang lokal minum bir, hehe. Objek wisata lain di Ho Chi Minh ada Notre Dame Cathedral, Independance Palace, dan Ben Thanh Market.

Di hari kedua saya ikutan tur ke Cu Chi Tunnel. Saya pribadi suka dengan one day trip ini karena bisa melihat langsung dan mempelajari situasi yang terjadi pada saat perang Vietnam.

Tentara Vietnam sangat pintar, bagaimana mereka mendahului tentara Amerika dengan cara membangun terowongan kecil sepanjang 200 km. Recommended deh! Cek penginapan di Ho Chi Minh.

itinerary backpacker ke vietnam mengunjungi cu chi tunnel
Sempitnya Cu Chi Tunnel

Dalat (3 hari), kotanya adem dan tenang banget! 

Dalat adalah sebuah kota kecil yang tenang dengan udara segar. Banyak kegiatan outdoor yang bisa dilakukan di Dalat.

Dari Ho Chi Minh ke Dalat bisa naik bus dengan perjalanan waktu sekitar 6 jam.

Di Dalat saya menyewa motor untuk berkeliling sekitar. Banyak air terjun yang menarik untuk dikunjungi salah satunya Elephant Waterfall.

Sayangnya saya tidak sempat kesini. Selain wisata air terjunnya bisa cobain zip lining, trekking ke hutan, dan banyak kegiatan lainnya.

Di Dalat saya stay cukup lama karena memang senang dengan kotanya. Selama di Dalat, objek wisata yang saya kunjungi adalah Rumah Gila atau Crazy House, Bao Dai Palace, Flower Garden, dan Tiger Waterfall. Cek  penginapan di Dalat.

Baca Juga: Itinerary Traveling ke Chiang Mai dan Chiang Rai 

backpacking ke dalat
Trekking ke Tiger Waterfall

Hoi An (2 hari), melihat desa tradisional dengan khas lentera 

Perjalanan dari Dalat ke Hoi An membutuhkan waktu yang cukup lama. Kalau mau naik bus langsung bisa tapi sekitar 12-17 jam tergantung busnya.

Biar enggak terlalu lama bisa naik bus dulu ke Nha Trang sekitar 4 jam kemudian dilanjutkan dengan kereta sampai Danang dan lanjut lagi dengan bus.

Rada ribet sih, jadi kalau mau gampang langsung aja naik bus.

Hoi An dulunya adalah pelabuhan perdagangan yang sangat sukses di Asia Tenggara. Sekarang kota tua Hoi An diberi status warisan kebudayaan oleh UNESCO.

wisata vietnam selama dua minggu

Walaupun lumayan rame turisnya, Hoi An tetap menjaga orisinalitas tradisinya. Tidak terlalu tepengaruh degan kebudayaan barat seperti kota lainnya di Vietnam. Banyak kuil-kuil Chinese yang layak untuk dikunjungi.

Sewalah sepeda dan berkeliling kota. Ternyata Hoi An punya pantai yang cukup indah juga (bukan pantai umumnya, tapi pantai di pulau sekitar. Di malam hari banyak orang yang menjual lentera khas nya kota Hoi An.

Kunjungi Marble Mountain yang terletak 20 km dari Hoi An. Di dalamnya ada kuil Buddha yang dibangun dalam goa. Cek penginapan di Hoi An.

Baca juga: Itinerary Kuala Lumpur Selama 3 Hari 2 Malam

Hue (1 hari), mumpung lewat jadi nambahin ke itinerary Vietnam aja

Alasan kenapa saya memasukkan Hue dalam itinerary backpackeran ke Vietnam saya adalah pertama, letaknya yang sejalan dengan Hanoi jadi satu hari aja cukup. Kedua, saya penasaran dengan kota kerajaan di Vietnam.

Di Hue saya cuma mengunjungi Imperial Citadel dan Khai Dinh Tomb.

Pada saat perang, Imperial Citadel mengalami kerusakan yang cukup parah. Khai Dinh Tomb lumayan bagus dan menarik hanya saja tiket masuknya mahal.

tomb of khai dinh itinerary backpacker ke vietnam

Hanoi (1 hari), tentunya tidak boleh melewatkan ibu kota Vietnam

Hanoi dan Ho Chi Minh sangat berbeda. Sebagai ibu kota negara, Hanoi tidak semaju daerah Selatan. Tidak terlalu banyak objek wisata di Hanoi. Ada beberapa opera house dan juga museum.

Ketika di Hanoi saya cuma mengunjungi Hoan Kiem Lake dan Saint Joseph Cathedral, objek wisata yang paling dekat dengan backpacker area. Cek penginapan di Hanoi.

jalan jalan ke hanoi vietnam

Sapa (2 hari), kalau ke Vietnam wajib masukin ke dalam list itinerary

Dengan pemandangan sawah mengelilingi pegunungan, Sapa adalah destinasi yang paling oke di Vietnam. Dari Hanoi bisa naik bus selama 12 jam ke Sapa.

Di Sapa saya ikut trekking tour yang telah saya booking sebelumnya di Hanoi. Tapi saran saya sih kalau punya banyak waktu bisa langsung ke Sapa dan sewa motor untuk mengelilingi desa sekitar.

Tur yang saya ikuti sih oke-oke aja. Kami menginap di rumah orang lokal. Yang bikin saya kurang sreg adalah orang lokal sana, suku Hmong selalu mengikuti dan menjual suvenir.

Mereka coba terus mendatangi saya dan menawarkan gelang. Saya beli 1-2 sih masih oke ya, tapi yang lain pada coba menjual gelangnya ke saya.

Baca juga: Itinerary Liburan ke Korea Selatan Selama 2 Minggu!

trekking sapa di vietnam

Halong Bay (2 hari), cruising naik kapal melihat bukit-bukit karst

Setelah trekking di Sapa, saya langsung kembali lagi ke Hanoi dan ikut cruising tour ke Halong Bay. Kayaknya sih ekspektasi saya terhadap Halong Bay terlalu tinggi. Saya pribadi kurang dapat feel-nya ketika di Halong Bay.

Selama 2 hari 1 malam saya menginap di kapal cruise dan berlayar di sekitar Halong Bay. Dalam trip ini kami berhenti di sebuah objek wisata yang bernama Sung Sot Cave.

Goa ini sangat menakjubkan, terlihat stalaktit dan stalagmit menghiasi dinding goa.

Cruising trip-nya berjalan dengan baik. Cuma ada satu spot dimana kami bisa berenang dan kayaking, tapi airnya rada berbau kurang sedap.

Bukit karang disekitarnya yang menjadi daya tarik Halong Bay sendiri menurut saya kurang menarik. Masih banyak tempat lain dengan bukit karst atau karang yang indah.

Baca juga: Live on Board Pulau Komodo, Labuan Bajo

cu chi tunnel itinerary liburan ke vietnam

Nah itulah itinerary backpacker ke Vietnam saya yang bisa kamu ikuti. Tapi sekali lagi dua minggu menurut saya cukup mepet. Kalau cuma butuh beberapa hari bisa pilih mau main di daerah bagian utara atau selatan.

 

2 Replies to “Itinerary Backpackeran ke Vietnam Selama 2 Minggu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *