Itinerary Sydney 5 Hari 4 Malam Lengkap, Hemat, dan Seru!

itinerary liburan ke sydney 5 hari

Punya rencana liburan ke Sydney? Yep! Sydney adalah salah satu kota tujuan di Australia yang tidak boleh terlewatkan. Kamu boleh contek nih itinerary liburan ke Sydney selama 5 hari 4 malam.

Tidak diragukan lagi banyak tempat wisata menarik di Sydney, sebut saja Sydney Opera House, atau pantainya yang indah seperti Bondi Beach.

Saya pernah tinggal di Sydney selama setahun menggunakan working holiday visa, yaitu visa yang mengijinkan saya untuk kerja dan traveling di Australia.

Tertarik? Coba deh baca artikel saya tentang syarat mengajukan working holiday visa Australia.

Selama setahun tinggal di Sydney, setiap weekend pasti saya selalu explore tempat baru. Saya pun sangat mengenal tentang kota ini.

Nah, maka dari itu, saya akan rangkum itinerary Sydney 5 hari 4 malam terbaik yang akan membawa kamu ke tempat-tempat seru di sekitar Sydney.

Sebelum liburan ke Sydney, baca dulu tips ini!

Oke, sebelum kita masuk ke bagian itinerary liburan ke Sydney, ada beberapa tips atau hal penting yang perlu kamu ketahui yaitu:

Rekomendasi hotel atau penginapan di Sydney

Saya sarankan cari penginapan atau hotel yang berlokasi di area dekat Central Station. Kenapa? Karena dari sini mau kemana-mana gampang.

Central Station adalah titik kumpul semua transportasi di kota Sydney, dari bus, kereta api, dan juga light rail train (LRT).

Kamu bisa cari di aplikasi booking hotel murah untuk penginapan di sekitar Central Station. Kisaran harga penginapan di Sydney memang lebih tinggi, rata-rata di AUD 100.

Beberapa rekomendasi penginapan di Sydney yang dekat dengan Central Station adalah:

Cara menuju pusat kota dari Bandara Sydney

Bandara Sydney berjarak 8 km dari pusat kota. Cara paling cepat adalah menggunakan train atau kereta api dari bandara menuju Central Station dengan harga tiket AUD 18.50 (13 menit).

Biar hemat, kamu bisa naik bus nomor 400 yang berangkat dari Terminal 1 dan Terminal 3. Jangan lupa beli opal card yang merupakan kartu transportasi yang bisa digunakan untuk naik bus, train, dan LRT.

Baca juga: Itinerary Korea Selatan selama 2 Minggu

Itinerary Liburan ke Sydney 5 Hari 4 Malam

Menurut saya 5 hari adalah jumlah waktu yang pas untuk liburan ke Sydney. Get ready! Karena kamu akan banyak jalan kaki di Sydney.

Area CBD Sydney cukup kecil, jadi pindah ke satu tempat ke tempat lain bisa jalan kaki saja, hemat kan?

Oh ya, kamu tidak harus mengikuti itinerary ini secara pasti, maksud saya, disesuaikan saja dengan jadwal kamu. Mau dipindah atau di otak atik harinya juga tidak apa-apa.

Inilah itinerary liburan ke Sydney 5 hari lengkap dan seru!

Day 1: Sydney Fish Market – Darling Harbor – Circular Quay – Milsons Point

Pagi hari. Let’s say kamu sampai di Sydney pagi hari, dari bandara langsung ke penginapan dan taruh barang. Kamu boleh sarapan kecil dulu, mungkin minum kopi, tapi jangan terlalu kenyang.

Tujuan pertama kita adalah Sydney Fish Market, pasar seafood terbesar di Sydney (ketiga terbesar di dunia) yang terletak di Pyrmont.

Untuk menuju Sydney Food Market, kamu bisa naik LRT dari Central Station ke Sydney Fish Market. Sesuai namanya, kamu bisa melihat banyak produk laut segar, dari ikan, kerang, kepiting alaska, dan banyak lagi.

Sushi yang dijual di Sydney Fish Market liburan ke sydney
Grilled Oyster, enak!

Yang serunya lagi, kamu bisa mencicipi seafood yang langsung dimasak di tempat. Ada sushi, seafood platter, favorit saya adalah grilled oyster yang dibakar dengan keju meleleh di atasnya, yum!

Selain produk seafood, ada juga buah-buahan, keju, dan produk lokal lain. Kamu bisa makan siang sekalian di sini.

sydney fish market
Makan siang di sini
sydney fish market
Fish and chips

Siang hari. Setelah kenyang makan seafood, saatnya membakar makanan di perut dengan berjalan kaki ke Darling Harbor yang letaknya tidak terlalu jauh dari Sydney Fish Market.

Kamu bisa bersantai di taman, kadang ada yang main musik di sini.

Di Darling Harbor banyak hiburan yang cocok untuk keluarga dan anak-anak, seperti SEA Life Sydney Aquarium, Madame Tussauds, dan Wild Life Sydney Zoo.

Klik di sini untuk membeli tiket attraction pass di Sydney tanpa harus mengantri lagi.

Next, lanjut jalan lagi ke Circular Quay. Di Circular Quay ini lah kamu bisa melihat icon-nya Sydney yaitu Sydney Opera House dan Harbor Bridge.

Saya selalu suka menghabiskan waktu jalan-jalan di sekitar Circular Quay karena area ini selalu ramai. Kalau suka seni, kamu bisa berkunjung ke Museum Contemporary Art, gratis!

FYI, Setiap hari minggu pagi, di area The Rocks yang juga dekat dengan Circular Quay ada pop up market.

Banyak yang berjualan produk lokal seperti baju, perhiasan, pernak-pernik, bahkan makanan juga.

the rocks liburan ke sydney
Pasar minggu The Rocks
circular quay liburan ke sydney
Circular Quay

Sore hari. Sebelum matahari terbenam, tergantung musim kapan kamu liburan ke Sydney ya soalnya kalau summer atau musim panas mataharinya tenggelam jam 8 malam.

Kalau winter mungkin lebih cepat, jam 6 sudah mulai gelap. Berjalanlah melintasi jembatan Harbor Bridge untuk menuju Milsons Point.

Milsons Point adalah spot favorit saya untuk melihat gedung pencakar di Sydney dan juga Opera House dari sisi lain, terutama di sore hari. Di sini juga ada taman hiburan bernama Luna Park.

Karena saya orangnya kurang suka taman hiburan, belum pernah sih saya ke sini. Silahkan coba kalau memang mau main ke Luna Park.

Untuk pulang ke area central, kamu bisa naik train dari stasiun Milsons Point (Line T1 atau T9) ke Central Station.

Baca juga: Itinerary Road Trip Australia Selama Sebulan

harbor bridge liburan ke sydney
Harbor Bridge
Milsons Point Itinerary liburan ke Sydney
Milsons Point

Day 2: Blue Mountains

Pagi hari. Hari ini kita akan menjelajahi Blue Mountains. Saya sarankan untuk berangkat agak pagi karena perjalanan dari Sydney ke Blue Mountains memakan waktu sekitar 2.5 jam.

Pergilah ke Central Station, jangan lupa beli sarapan untuk di kereta api. Ambil kereta Blue Mountains Line Platform 7 dengan tujuan Katoomba.

Harga tiket AUD 5.81 untuk sekali jalan.

Sampai di Katoomba, kamu harus naik bus nomor 686 sampai ke Echo Point. Sampai deh di Blue Mountains.

Area ini sangat luas, sehingga tidak memungkinkan untuk eksplor semuanya dalam sehari.

echo point
Echo Point

Siang hari. Kamu bisa mengunjungi Echo Point untuk melihat pemandangan lembah yang hijau dan juga “bintang” dari tempat wisata ini yaitu formasi batuan yang bernama “Three Sisters”. Kamu bisa mendekati formasi batu ini.

Ikuti trail yang menuju Giant Stairways dengan melewati tangga yang cukup terjal, kamu akan sampai di jembatan penghubung ke sister yang pertama.

Jembatan ini dinamakan Honeymoon Lookout. Pasti ada alasan kenapa disebut dengan honeymoon.

Setelah saya cari tau, katanya selama ratusan tahun spot ini adalah spot favorit untuk para pasangan honeymoon untuk berfoto.

Pas kamu liburan ke Sydney bersama pasangan boleh nih coba foto-foto di sini!

blue mountains itinerary sydney
Honeymoon Lookout

Trail yang paling gampang, cocok untuk sehari saja adalah Prince Henry Cliff Wall.  Cukup trekking santai saja selama 30 – 40 menit, kamu akan sampai di air terjun kecil bernama Katoomba Falls.

Malam hari. Setelah pulang dari Blue Mountains, pergilah ke Spice Alley untuk makan malam. Letaknya di dekat bangunan Central Park, tidak jauh dari Central Station.

Banyak pilihan makanan terutama makanan Asia di gang-gang yang artistik ini, harganya juga masih masuk akal. Kalau kamu datangnya pas Jumat malam, bisa ke pasar malam yang ada di China Town.

Baca juga: Itinerary Traveling ke Macau Beserta Tempat Wisata Menarik

Day 3: Eksplor CBD

Pagi hari. Itinerary liburan ke Sydney hari ini lumayan santai, hanya city exploring, biar istirahat juga.

Di pagi hari kamu bisa sarapan atau brunch di salah satu cafe di Sydney.

Kemudian, dari Central Station, jalan kaki saja mengikuti George Street terus sampai Town Hall dan Queen Victoria’s Building (QVB). QVB adalah sebuah mall dengan bangunan bergaya Eropa.

queens victoria building
Queen’s Victoria Building

Masuk saja ke mall tersebut dan keluar dari pintu satunya lagi. Nah, Kamu akan melihat Sydney Eye Tower. Kalau tertarik bisa naik ke atas tower. Harga tiketnya sekitar AUD 25.

Siang hari. Lanjut terus jalan sampai Martin Place dan Westfield yang merupakan pusat perbelanjaan paling ramai di Sydney.

Banyak mall, pertokoan barang mewah, cocok untuk kamu yang suka shopping.

Tidak jauh dari pusat perbelanjaan ini ada sebuah taman yang besar bernama Hyde Park. Duduk-duduk saja sejenak sambil bersitirahat.

Terakhir kunjungi St. Mary CathedralPulangnya kamu bisa naik kereta dari Stasiun St. James kembali ke Central.

Baca juga: 18 Tempat Wisata Seru di Melbourne Gratis

itinerary liburan ke sydney 5 hari
St Mary’s Cathedral

Day 4: Coogee Beach – Bondi Beach, wajib ke sini kalau liburan ke Sydney!

Saatnya main di pantai! Di sekitar Sydney banyak pantai bagus untuk dikunjungi, tetapi yang paling populer adalah Bondi Beach.

Menariknya lagi di pesisir pantai ini ada jalur pejalan kaki atau yang disebut dengan coastal walk sepanjang 6 km.

Disepanjang jalan ada banyak pantai lain, soal pemandangan jangan ditanya lagi.

Saya lebih suka mulai dari Coogee Beach dan selesainya di Bondi Beach. Dari Central Station, ambis bus nomor 374 dari Stand C menuju Coogee Beach.

Siang hari. Sampai di Coogee Beach kamu bisa cari makan dulu. Setelah itu ikuti saja jalan coastal walknya.

Spot pertama adalah Gordons Bay. Sebuah pantai kecil dengan warna laut yang biru tosca.

Kamu boleh berhenti bentar atau lanjut lagi sampai Clovelly Beach. Pantai ini menurut saya biasa saja jadi saya tidak pernah berenang di sini, cuma lewat saja.

Baca juga: 11 Pantai Tersembunyi di Bali Seru untuk Dikunjungi!

gordons bay bondi to coogee
Gordon’s Bay
Waverly Cemetry

Next, bagian ini yang bagus banget. Kamu akan melewati area perkuburan yang bernama Waverly Cemetry. Tidak serem kok, area perkuburannya bagus dengan tanda salib warna putih di atasnya.

Di sisi kanan, terlihat ombak besar di lautan lepas. Sampailah di Bronte Beach. Di Bronte Beach juga sangat populer, banyak yang berenang di sini.

Ada kolam renang yang berbatasan langsung dengan laut juga. Selanjutnya ada Tamarama Beach. Saya juga suka dengan pantai ini, banyak yang surfing.

Baru deh terakhir adalah Bondi Beach dengan garis pantai yang sangat luas. Kalau lagi panas, di sini rame banget.

Pas liburan ke Sydney wajib masukin ini ke dalam itinerary kamu!

tamarama beach itinerary sydney
Tamarama Beach
bronte beach
Bronte Beach

Pasirnya putih, kamu akan melewati Bondi Iceberg Pool yang keren. Selesai deh, kalau santai mungkin jalan kaki dari Coogee sampai Bondi Beach memakan waktu sekitar 3 jam.

Dari Bondi Beach bisa naik bus nomor 333 atau 380 sampai Bondi Junction, kemudian dilanjutkan dengan train T4 (Eastern Suburb Platform 24) sampai Central.

pantai bondi itinerary liburan ke sydney 5 hari
Bondi Ice Berg

Day 5: Haymarket / Manly Beach

Saran saya hari terakhir santai saja. Bisa jalan ke Haymarket untuk beli oleh-oleh atau suvenir. Kalau memang masih ada waktu, kamu bisa naik ferry dari Circular Quay ke Manly Beach.

Kalau tidak, boleh kembali lagi ke Circular Quay mana tau belum puas foto-foto di Sydney Opera House.

contoh itinerary sydney

Tertarik untuk liburan ke Sydney?

Selain Sydney, kamu bisa liburan juga ke Tasmania, atau mengunjungi objek wisata Uluru. Have fun!

Nah, itulah itinerary liburan ke Sydney 5 hari 4 malam yang bisa kamu contoh. Enaknya di Sydney banyak tempat wisata yang saya sebutkan di atas gratis. Kamu cuma perlu mengeluarkan uang untuk transportasi, makan dan penginapan. Kapan nih mau liburan ke Sydney?

 

2 Replies to “Itinerary Sydney 5 Hari 4 Malam Lengkap, Hemat, dan Seru!”

  1. Halo Mba Vely, salam kenal 🙂

    Saya pernah ke Sydney tahun 2012 dan selalu kepengen balik lagi. Sydney fish market saya belum sempat kesana karena waktu itu kesiangan jalan dari hotelnya hahaha.
    Senang sekali ‘jalan – jalan’ di blog Mba Vely. Keep writing ya 😀

  2. Halo Mba Ayu,

    Salam kenal juga. Mudah-mudahan berkesempatan untuk kembali ke Sydney lagi dan bisa ke Sydney Fish Market hehe. Banyak juga tempat wisata lain seru di sekitar Sydney.

    Terima kasih telah mampir ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *