30+ Tempat Wisata Seru di Singapura Rekomendasi Nonanomad!

tempat wisata di singapura

Singapura (Singapore) memang negara kecil, tapi ternyata banyak banget hal atau aktifitas seru yang bisa kamu lakukan di negara ini. Mumpung saya sudah hampir setahun tinggal di Singapura, lumayan banyak tempat yang sudah saya explore. Langsung saja baca 30+ tempat wisata di Singapura dan juga aktifitas seru yang bisa kamu lakukan ketika liburan ke Singapura.

1. Keliling area Marina Bay

Daya tarik utama di Singapura adalah area di sekitar Marina Bay. Banyak sekali spot-spot menarik di sekitar Marina Bay termasuk landmark atau icon Singapura yaitu Patung Merlion.

patung merlion tempat wisata di singapura
Patung Merlion di malam hari

Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke Marina Bay Sands, bangunan dengan arsitektur unik ini dalamnya ada shopping mall, casino, dan convention center, dan juga hotel.

Coba deh naik ke SkyPark Observation Deck, lantai paling tinggi di Marina Bay Sands untuk melihat panorama kota Singapura, termasuk gedung-gedung pencakar langit. Harga tiketnya SGD 26 (beli di Klook SGD 20).

Klook.com

marina skypark
Pemandangan Gardens by the Bay dari atas Marina SkyPark

Di sekitar Marina Bay juga ada museum bernama Art Science Museum dan juga Red Dot Design Museum. Kedua museum ini tidak terlalu besar, tapi saya lumayan suka dengan Art Science Museum karena exhibition lampu-lampunya keren juga, lumayan buat foto-foto.

Harga tiket Art Science Museum: SGD 19 (Beli di Klook cuma SGD 14) ; Harga tiket Red Dot Design Museum: SGD 10

art science museum singapura
Foto-foto di Art Science Museum

Jalan-jalan di sekitar Marina Bay enaknya malam hari karena lampu-lampunya cakep. Ada banyak restoran juga, terus area depan Fullerton Hotel juga bagus.

Kamu bisa muterin aja area Marina Bay, kalau tertarik bisa coba naik bianglala – Singapore Flyer. Ohya, jangan lupa untuk lewatin Helix Bridge, jembatan berlampu yang keren juga untuk foto-foto di malam hari.

Baca juga: Hidup di Singapura Mahal? Berapa Biayanya?

helix bridge tempat wisata di singapura
Helix Bridge

Pengen nginep di Hotel Marina Bay Sands? Tonton video ini!

2. Menonton pertunjukkan lampu di Gardens by the Bay

Tidak jauh dari area Marina Bay ada tempat wisata yang bernama Gardens by the Bay. Pasti kamu sudah sering lihat deh foto-fotonya. Di Gardens by the Bay kamu bisa berkunjung ke konservatori tanaman dan melihat pertunjukkan lampu di malam hari.

gardens by the bay tempat wisata singapura
Indahnya Gardens by the Bay di malam hari

3. Main ke Pulau Sentosa – Universal Studio dan SEA Aquarium

Banyak atraksi wisata di Pulau Sentosa, yang paling terkenal adalah Universal Studio dan juga SEA Aquarium. Jujur sih tiket masuknya cukup mahal ya, tapi kalau bawa anak-anak memang seru sih ke Universal Studio dan SEA Aquarium.

Saya pernah nulis artikel lebih lengkap tentang SEA Aquarium, termasuk cara menuju ke Pulau Sentosa. Selain wahana bermain, bisa bersantai di pantai-pantai yang ada di Pulau Sentosa seperti Siloso Beach, Tanjong Beach, dan Palawan Beach.

Harga tiket Universal Studio: SGD 81 (Beli di Klook SGD 66). Harga tiket SEA Aquarium: SGD 41 (Beli di Klook 36)

tempat wisata sea aquarium singapura
SEA Aquarium di Pulau Sentosa

4. National Museum of Singapore dan National Gallery Singapore 

Di Singapura banyak banget museum yang bisa kamu datangi. Tapi kalau mau lihat semuanya kayaknya sih engga perlu kecuali kalau memang tinggal di Singapura seperti saya.

Kalau liburan doank cukup mengunjungi 2 museum utama dan terbesar di Singapura yaitu National Museum of Singapore dan National Gallery Museum.

National Museum of Singapore isinya tentang sejarah dan budaya negara Singapura, dari sejarah terbentuknya negara Singapura sampai kebudayaan Singapura yang multi-kultural.

National Gallery Museum lebih ke karya-karya seni di Singapura dan juga negara Asia Tenggara lain. Jadi kebanyakan di sini ngelihatin lukisan-lukisan dari Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, dll.

Harga tiket National Museum of Singapore: SGD 14 (Beli di Klook SGD 12.50). Harga tiket National Gallery Singapore: SGD 20  (Beli di Klook SGD 14 ).

Klook.com

national gallery museum
National Gallery Museum di malam hari

5. Melihat mural dan bangunan oriental di Little India, Kampong Glam, Chinatown, Tanjong Pagar, dan Joo Chiat

Nah, jadi di Singapura banyak banget kawasan yang seru banget untuk di-explore. Jadi saya gabung aja tempat wisata di Singapura sesuai kawasannya di bagian ini.

Di mulai dari Little India, sesuai namanya area ini adalah pusatnya orang India. Jadi mau nyari makanan India, pernak pernik, dan kuil agama Hindu semuanya lengkap di sini.

Di Little India ada sebuah bangunan bernama House of Tan Teng Niah yang khas dengan warna-warni cerah seperti pelangi. Jangan lewatkan untuk berfoto-foto.

tempat wisata little india singapura
House of Tan Teng Niah di Little India

Next, ada Kampong Glam dan Arab Street, pusatnya orang Muslim di Singapura. Mau nyari makanan Halal atau khas Timur Tengah ada di sini. Kamu bisa berkunjung ke Masjid Sultan ataupun jalan-jalan di area ini untuk hunting spot foto dengan lukisan mural keren.

Masjid Sultan Singapore
Masjid Sultan Singapore

Di area ini ada sebuah jalan kecil bernama Haji Lane, malam-malam seru melihat keramaian orang-orang nongkrong di bar sambil mendengarkan musik.

bar di haji lane
Bar bejejeran

Kemudian, tempat wisata di Singapura selanjutnya ada Chinatown, nah udah bisa tebak kan di sini kebanyakan orang apa? Yep, orang Chinese. Restonya jualan Chinese Food semua, terus juga ada klenteng seperti Buddha Tooth Relic Temple dan Thian Hock Keng Temple.

mural di chinatown singapura
Mural di Chinatown

Di dekat Chinatown ada area bernama Ann Siang Hill, malam-malam jadi tempat nongkrong juga. Ada banyak bar yang bisa kamu coba. Kalau engga minum ya jalan-jalan di sekitar sini juga seru kok soalnya areanya berbukit-bukit gitu.

Area Tanjong Pagar terkenal dengan cafe-cafe dan toko-toko lucu yang menempati bangunan heritage dengan ciri khas warna-warna cerah dan bergaya oriental. Terus banyak restoran Korea juga sehingga disebut juga sebagai “Little Korea”-nya Singapura.

Yang terakhir ada Joo Chiat dan Katong, area dengan perumahan heritage juga. Biasanya di sini yang nongkrong banyakan expat yang memang tinggal di Singapura. Banyak restoran, cafe, dan toko-toko lucu.

Baca juga: 25 Destinasi di Macau yang wajib kamu kunjungi!

joo chiat singapura
Bentuk heritage house di Joo Chiat

6. Shopping – Orchard Road dan Bugis

Nah, yang hobi shopping ke mana lagi kalau bukan ke Orchard Road. Sepanjang jalan mall berjejeran. Ada Somerset, Takashimaya, Lucky Plaza, Tangs Plaza, sampai ION Orchard.

Pusat perbelanjaan yang lain ada juga namanya Bugis, tidak jauh dari Kampong Glam. Jadi bisa sekalian deh jalan-jalan ke tempat wisata di Singapura ini.

7. Melihat air terjun dalam gedung di Jewel Changi Airport

Setelah mendarat atau sebelum terbang di Changi Airport, mampir deh ke Jewel Changi yang merupakan bagian dari bandara juga namun lebih ke pusat perbelanjaan atau shopping mall.

Yang bikin keren adalah air terjun raksasa buatan di tengah gedung yang dikelilingi pepohonan hijau. Cobain makan di salah satu restoran dengan view langsung ke air terjun ini. Di bagian paling atas Jewel Changi juga ada tempat bermain untuk anak-anak.

jewel changi airport
Jewel Changi Airport

8.  Menyaksikan Sejarah Singapura di Fort Canning

Area taman berbukit ini adalah saksi sejarah Singapura di mana dulunya merupakan istana tempat tinggal raja pada abad-14. Di sini ada 9 taman bersejarah, salah satunya adalah Sang Nila Utama Garden yang memiliki patung yang dibawa dari Jawa.

Ada juga monumen lain seperti meriam. Spot yang sering didatangi untuk mengambil foto instagram adalah sebuah terowongan penyebrangan bawah tanah yang kalau difoto jadinya seperti di mana gitu.

fort canning
Spot instagramable dekat Fort Canning

9. Menikmati hiburan malam di Clarke Quay

Tempat wisata di Singapura Clarke Quay terletak di pinggir sungai dan terkenal sebagai area party di Singapura. Banyak club malam dan restoran. Kalau tidak suka party bisa jalan-jalan aja di tepi sungai atau bisa cobain river cruise-nya.

clark quay singapura
Sekitar Riverside dan Clarke Quay

10. Nongkrong di CHIJMES

Sebenarnya CHIJMES adalah sebuah kompleks bersejarah yang berada di dekat City Hall. Dulunya adalah biara sekolah Katholik.

Dari luar memang kelihatan seperti gereja, tapi pas masuk ke dalam areanya luas dan banyak restoran yang menyediakan berbagai macam kuliner, dari Italian Food sampai Japanese Food.

Ke sini enaknya malam-malam untuk makan dan nongkrong. Areanya terbuka dengan pohon dan juga lampu-lampu yang menghiasi, seru deh pokoknya.

Baca juga: Serunya naik Genting Dream Cruise 3 hari 2 Malam

chijmes
Tempat nongkrong di CHIJMES

11. Piknik di Botanical Garden

Botanical Garden adalah sebuah taman yang juga memberikan edukasi tentang jenis pepohonan dan bunga. Di sini kamu bisa jogging atau piknik santai.

Di tengah taman ada sebuah kolam. Saya datangnya pas Hari Minggu jadi cukup ramai. Dibandingkan Botanical Garden di kota lain yang pernah saya kunjungi, jujur tempat wisata di Singapura yang ini kurang istimewa.

botanical garden singapura
Piknik di Botanical Garden

12. Trekking di MacRitchie Reservoir

Saya kaget pas datang ke MacRitchie Reservoir. Ternyata di tengah kota Singapura ada juga tempat wisata kayak hutan begini. Suasananya alami banget, ga berasa kayak di kota.

Lumayan juga trekking di sini, setengah hari mungkin ada kali. Mulai dari parkiran kamu bisa menyusuri bagian tepi reservoir yang terlihat seperti danau, kemudian lanjut saja mengikuti petunjuk arah ke jalan tanah.

Nah, spot utama kece di sini adalah treetop walk-nya. Jembatan gantung dengan ketinggian 25 meter atau sama dengan bangunan berlantai 7!

Baca juga: Jangan lewatkan 10 tempat wisata menarik di Kuala Lumpur

macritchie reservoir singapura
Trekking di MacRitchie Reservoir

13. Mount Faber

Tempat wisata di Singapura buat trekking adalah Mount Faber sebuah bukit yang terletak di Baratnya-Singapura.

Trailnya juga lumayan panjang karena saling terhubung dengan park-park lain. Ada yang namanya Marang Trail, Forest Walk, Canopy Walk, dan juga Handerson Waves.

mount faber
Di dekat Handerson Waves

14. Sepedaan di sepanjang East Coast Park

Yang mau nyobain aktifitas seru dan juga menyehatkan boleh nih sepedaan di East Coast Park. Singapura punya banyak cycling track. Kamu bisa rental sepeda, di hari biasa SGD 10/3 jam, weekend kalau engga salah SGD 8/jam.

Biasanya saya sepedaan ke arah Marina Bay juga, atau arah sebaliknya ke Changi Beach Park. Kalau mau santai-santai di East Coast juga bisa, menikmati angin pantai dan deburan ombak sambil melihat kapal-kapal yang mengantri.

sepedaan di east coast park
Bisa sewa sepeda di East Coast Park

15. Kayaking di Kallang

Hobi olahraga? Datang deh ke sport center-nya Singapura yang terletak di Kallang. Selain ada stadium utama, ada juga taman buat jogging, sepedaan, atau main volly.

Klook.com 

Saya nyoba kayaking juga, ternyata lumayan capek. Harga sewa mulai dari SGD 15.5 untuk 2 jam. Langsung saja ke situs resmi mereka langsung untuk cek harga ya.

kayaking di kallang
Kayaking di tengah kota

16. Pulau Ubin

Dari Singapura bisa nyebrang ke Pulau Ubin yang juga disebut sebagai kampung terakhir di Singapura. Pulaunya tidak terlalu besar dan masih sangat alami. Kamu bisa sewa sepeda untuk keliling Pulau Ubin. Baca pengalaman saya sepedaan di Pulau Ubin dan juga spot-spot yang bisa dikunjungi.

chek jawa wetlands
Chek Jawa Wetlands

Penutup

Yang saya list memang 16 tapi sebenarnya ada lebih dari itu. Mungkin ada kali 30an tempat wisata di Singapura yang saya sebutkan di sini, cuma saya kelompokin lagi.

Ada lagi yang belum saya sebut? Tulis di kolom komentar ya nanti kalau sempat saya kunjungi juga. Kalau liburan ke Singapura boleh contact saya kalau sempat saya ajakin keliling. Have fun ya!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *