Panduan Lengkap dan Cara Menuju Pulau Weh, Sabang

pulau rubiah

Sabang atau juga dikenal dengan sebutan Pulau Weh merupakan pulau bagian terluar di sebelah Barat Indonesia. Banyak yang mengira bahwa pulau dengan pantai dan bawah laut yang paling indah hanya ada di bagian Timur Indonesia. Salah besar! Pulau Weh tidak kalah indah dengan pulau-pulau lain di bagian Timur Indonesia.

Kalau kamu ingin liburan ke Pulau Weh, baca dulu panduan lengkap dan cara menuju ke Pulau Weh atau Sabang.

Cara Menuju ke Sabang Atau Pulau Weh

Tentu saja starting point yang paling dekat adalah Banda Aceh. Setelah sampai di Bandara, kamu bisa naik DAMRI,  menyewa mobil atau becak motor untuk menuju ke Pelabuhan Ulee Lheu,

Berikut perkiraan biaya yang diperlukan untuk menyewa kendaraan dari bandara ataupun stasiun bus ke Pelabuhan Ulee Lheu:

  • Bandara (Banda Aceh) menuju Pelabuhan Ulee Lheu: Rp 100,000/mobil atau Rp 70,000/becak motor.
  • Stasiun bus menuju Pelabuhan Ulee Lheu: Rp 60,000/mobil atau Rp 30,000/becak motor
  • Dari Bandara kamu bisa menuju kota dengan menggunakan bus Damri seharga Rp 25,000 kemudian dilanjutkan dengan becak motor atau ojek.
pantai iboih pulau weh
Pantai Iboih di Pulau Weh

 

Di Pelabuhan Ulee Lheu inilah tempat penyebrangan menuju Sabang. Terdapat dua cara untuk menuju Pulau Weh dari Banda Aceh yaitu dengan menggunakan kapal cepat dan feri.

Berikut jadwal dan harga kapal menuju dari Banda Aceh menuju Pulau Weh:

  • Kapal cepat dari Pelabuhan Ulee Lheu (Banda Aceh) menuju Pelabuhan Balohan (Sabang/Pulau Weh). Waktu tempuh kurang lebih 45 menit dan harga tiket Rp 85,000 sekali jalan. Jadwal keberangkatan pukul 10.00 dan 16.00.
  • Sebaliknya dari Sabang menuju Banda Aceh, jadwal keberangkatan kapal cepat adalah pukul 10.00 dan 14.30.
  • Kapal lambat atau feri dari Pelabuhan Ulee Lheu (Banda Aceh) menuju Pelabuhan Balohan (Sabang/Pulau Weh). Waktu tempuh kurang lebih 90 menit dan harga tiket Rp 25,000.  Jadwal keberangkatan pukul 7.30, 10.00, dan 14.30.
  • Sebaliknya dar Sabang menuju Banda Aceh, jadwal keberangkatan kapal lambat adalah pukul 8.00, 10.00, dan 14.30.

Beberapa biaya lainnya:

  • Balohan – Iboih: Rp 50,000
  • Balohan – Pantai Sumur Tiga: Rp 25,000 – 30,000
  • Sewa motor: Rp 60,000 – 100,000/hari

Baca juga: Panduan lengkap liburan ke Pulau Wakatobi (Wangi-wangi, Kaledupa, dan Tomia)

Rekomendasi Penginapan di Pulau Weh

Saya dan teman-temang menginap di Iboih Inn. Tempatnya bagus dengan pemandangan yang indah. Di setiap bungalow ada hammock untuk bersantai. Kamarnya bersih dan nyaman. Kamu bisa hang out juga dekat dermaga. Terkadang ada kawanan monyet berlari di atas pohon. Sarapannya juga enak .

Klik Disini Untuk Cek Harga Terbaru Iboih Inn

penginapan di sabang iboih inn

Selain Iboih Inn ada juga homestay di sekitar tetapi saya kurang tau kondisinya bagaimana. Kalau kamu mau menginap di Pantai Sumur Tiga, coba cek Freddies atau Casa Nemo Resort and Spa melalui beberapa aplikasi hotel seperti Traveloka atau Booking.com.

Kalau kamu mau diving bisa juga menggunakan operator seperti Rubiah Tirta Divers dan Lumba-Lumba.

Itinerary liburan ke Sabang/Pulau Weh

Totalnya saya dan rombongan menghabiskan 3 hari 2 malam untuk trip Sabang atau Pulau Weh ini. Silahkan dibaca itinerary-nya mungkin bisa jadi contoh.

Day 1: Banda Aceh – Pulau Weh

Saya tiba di Banda Aceh dengan menggunakan bus dari Medan. Tetapi, saya masih harus menunggu teman-teman yang berangkat menggunakan pesawat dari Jakarta. Waktu sampai mereka mepet sekali dengan jam keberangkatan kapal. Kami buru-buru menuju pelabuhan dengan mobil sewaan, untung kekejar.

Walaupun menjadi penumpang terakhir setidaknya kami tidak ketinggalan kapal. Selama 45 menit perjalanan dengan kapal, akhirnya sampai deh di Pelabuhan Balohan. Cuacanya agak mendung. Matahari pun tidak terlihat.

Kami masih harus menggunakan mobil selama 45 menit untuk sampai di Pantai Iboih. Hujan pun akhirnya menetes. Jalur yang berliku membuat saya sedikit mabuk. Akhirnya sampai juga ke tempat penginapan, Iboih Inn. Hari ini cuma bersantai dan beristirahat. Mudah-mudahan cuaca besok cerah.

Baca juga: Pengalaman mendaki Gunung Kerinci di Sumatera

pantai iboih di sabang
Pantai di sekitar Iboih Inn

 

Day 2: Snorkeling di Pulau Rubiah

Hal pertama yang saya lakukan setelah bangun adalah melihat keluar jendela. Yah..Masih mendung. Dengan malasnya saya mandi, sarapan, dan mempersiapkan alat snorkeling sambil menunggu teman yang lain.

Acara hari ini adalah snorkeling, asik. Kami menyebrang ke Pulau Rubiah. Hanya 5 menit sudah sampai. Saat itu cuacanya langsung berubah 180 derajat! Tiba-tiba mataharinya keluar dan cerah sekali. Rasanya senang sekali.

Saya langsung nyemplung ke dalam air dan berenang di sekitar dermaga. Hanya saja saya tidak melihat banyak karang. Mungkin snorkeling spotnya salah atau mungkin kalau ke Pulau Weh lebih baik diving.

Setelah asik snorkeling, kami membersihkan diri dan makan siang. Kemudian kami mengunjungi spot wisata di sekitar seperti Tugu 0 kilometer di Sabang, Pantai Gapang, Pantai Sumur Tiga, dan Danau Aneuk Laot.

Baca juga: Pengalaman melihat orang utan secara langsung di Bukit Lawang, Sumatra

pantai iboih di sabang
Pantai Sumur Tiga
tugu nol kilometer sabang
Tugu Nol Kilometer, Sabang

Day 3: Kembali ke Banda Aceh

Saatnya kembali ke Banda Aceh. Sebelum mengakhiri trip kami menyempatkan diri untuk keliling di kota Banda Aceh. Untuk postingan kemana aja di Banda Aceh, ditunggu ya.

Semoga panduan lengkap menuju Pulau Weh atau Sabang ini dapat bermanfaat bagi kamu dan teman-teman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *