Tips Agar Bisa Tetap Konsisten Ngeblog Ala Travelerien

tips konsisten ngeblog ala travelerien

Hambatan yang paling sering ditemui oleh seorang blogger adalah konsistensi. Tidaklah gampang untuk tetap meng-update blog secara teratur, bahkan banyak blogger yang sudah tidak terlalu aktif lagi menulis.

Salah satu blogger perempuan panutan Indonesia yang masih setia menulis dan meng-update blog pribadinya adalah Katerina, nama blognya dikenal sebagai Travelerien.

Ibu dari dua anak remaja kelahiran Palembang dan berdomisili di Serpong ini telah mulai menulis blog sejak tahun 2008, kurang lebih 12 tahun. Selama itu juga Katerina sudah sering memenangkan lomba ngeblog, bahkan tulisannya juga sering diterbitkan dalam majalah.

Mau tau bagaimana cara Katerina bisa tetap konsisten ngeblog? Yuk kita simak tips agar bisa tetap konsisten ngeblog ala Katerina. Untuk lebih mengenal Katerina bisa follow instagram dan juga youtube channel pribadinya.

Awalnya kenapa tertarik untuk ngeblog?

Alasannya simple, ingin punya tempat berbagi cerita, itu saja.

Arah konten lebih kemana?

Awalnya blog saya lebih general, lalu seiring dengan berjalannya waktu lebih sering menulis tentang konten yang berhubungan dengan traveling dan juga kuliner.

Baca juga: Pengalaman Au Pair, Interview Bersama Lena Sesilia

Bagaimana caranya biar bisa konsisten ngeblog?

Saya sudah ngeblog dari tahun 2008. Tentang konsisten…begini. Saya menjadikan blog seperti sebuah rumah. Rumah yang nyaman untuk saya tinggali, dan rumah yang menyenangkan untuk dikunjungi oleh orang lain.

Saya menanamkan ini dalam diri saya; bahwa rumah adalah tempat di mana hati berada. Supaya apa? Supaya saya disiplin dan rajin merawat, tidak membiarkan rumah kelamaan kosong, dan tak membiarkan isinya berantakan.

Ngeblog dengan hati adalah kunci untuk konsisten. Apapun yang terjadi di dunia blog, selama saya ngeblog, saya tidak akan pergi meninggalkan “rumah”, baik sebentar saja, maupun lama. 

blogger travelerien

Tips agar bisa menang kompetisi ngeblog?

Kalau saya pribadi, hanya ikut lomba untuk tema-tema yang saya sukai, sesuai dengan minat saya, sesuai dengan tema blog saya. Menyukai tema sekaligus menguasai tema amatlah penting supaya memudahkan menulis.

Setelah itu mulailah menulis dengan systematic dan lengkap, berikan sesuatu yang lebih dari yang diminta penyelenggara, dan jadikan tulisan kita unik bukan sekedar menarik.

Dengan begitu, tulisan kita akan punya kesan berbeda dari yang lain sehingga membekas di benak juri. Paling penting, apa yang ditulis punya nilai yang bermanfaat. Sebelum didaftarkan, periksa ulang tulisan dari segala sisi. Terakhir, berdoa. Jangan lupa, siapkan mental juara sejati: siap menang dan siap kalah.

Apakah full-time blogger bisa mendapat income cukup untuk membiayai hidup?

Seharusnya bisa. Saya kenal beberapa orang yang menjadi full-time blogger bisa menafkahi keluarganya. Bahkan, ada yang bisa membeli rumah dengan cicilan.

Nah, kalau saya pribadi selama ini tidak menjadikan blog sebagai tempat mendapatkan penghasilan untuk biaya hidup. Buat senang-senang saja. Buat me time. Tapi tentu saja tidak sedikit materi yang telah saya dapat dari blog. Baik dalam bentuk barang maupun uang.

Kalau dihitung-hitung, cukup besar. Sekarang blogger banyak yang cari untuk berbagai macam kegiatan promosi. Tiap hari ada, dan fee nya pun tidak sedikit. Kalau ditotal dalam sebulan seorang blogger dengan blog yang bagus bisa mendapatkan pendapatan minimal sebesar 4-5 kali UMR Jakarta.

blogger katerina

Apakah ada komunitas yang bisa saling mendukung para blogger baru?

Banyak. Contohnya ada Blogger Perempuan, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Kekinian, Blogger Asus, Blogger Tangerang Plus. Untuk food blogger ada komunitas bernama Indonesian Food Blogger.

Dengan banyaknya media sosial dan influencer bermunculan apakah blogging jadi kurang diminati atau malah makin diminati?

Oh kalau saat ini saya lihat justru makin diminati ya. Entah itu untuk tujuan pekerjaan (penghasilan) maupun hobi. Job menulis untuk blogger hampir tiap hari ada. Di FB bahkan ada grupnya, tempat brand/agency bagi-bagi job buat blogger.

Nah, untuk alasan job ini tidak sedikit bikin mereka yang tadinya hanya main sosmed kini mulai bikin blog. Kelas-kelas blog yang diadakan oleh komunitas-komunitas blogger jarang sepi peminat.

Di kondisi seperti sekarang, apa saja yang halal banyak orang lakukan. Termasuk cari pemasukan lewat blog. Wajar jika blog jadi magnet. Tapi tentu saja tidak sedikit yang punya alasan bikin blog karena semata untuk berbagi atau hobi.

Baca juga: Syarat-syarat Menjadi Pramugari, Interview Bersama Violetta

Trend ke depan dunia blogging akan seperti apa?

Video Blog alias VLOG. Sebetulnya ini gak baru ya, tapi masih jadi trend di 2020 ini. Komunitas Vlogger yang isinya para blogger masih terus tumbuh bak jamur di musim hujan. Grup-grup mereka bermunculan di Whatsapp dan bikin kegiatan saling dukung satu sama lain.

blogger travelerien pulau padar

Pesan bagi teman-teman yang baru mau mulai ngeblog?

Jika punya tujuan untuk sukses, dikenal orang, serta mendapatkan penghasilan, lakukan dengan cara-cara yang baik dan ramah. Pelajari ilmu ngeblog dan bangun branding karena seseorang harus jadi unik dan berbeda jika mau dikenal dan lekat lama dalam ingatan banyak orang.

Punya personal branding dapat membantu kita sukses sebagai blogger. Kemudian, konten dan konsisten. Tidak ada yang instan di dunia ini, ya kan? Jadi blogger sukses juga begitu. Saya sendiri enam tahun ngeblog baru merasakan mendapatkan hasil dari blog, entah itu berupa uang, barang maupun nama yang dikenal orang.

Ngeblog lah dengan hati dan hati-hati!

Ngeblog dengan hati, hasilnya akan sampai ke hati!

Ngeblog dengan hati-hati agar tak ada hal-hal yang membahayakan diri kita dan orang lain melalui apa yang kita tulis!

Kuat dan Semangat selalu ya!

Tertarik untuk membuat blog? Baca cara membuat blog yang bisa menghasilkan uang.

Terima kasih untuk Katerina yang telah bersedia membagikan tips agar konsisten ngeblog. Mudah-mudahan bisa menginspirasi teman-teman untuk tetap semangat menulis blog juga.

 

2 Replies to “Tips Agar Bisa Tetap Konsisten Ngeblog Ala Travelerien”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *