Liburan ke Pulau Perhentian? Pilih Besar atau Kecil?

wisata pulau perhentian

Pulau Perhentian adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah Utara-nya Malaysia. Saya tidak menyangka kalau di Malaysia ada juga wisata pantai yang tidak kalah indah dengan Indonesia.

Bukan berarti pulau di Malaysia tidak ada yang bagus ya. Di Malaysia Timur, tepatnya Sabah ada beberapa pulau yang bagus kok. Saya tidak mengira di bagian Semenanjung Malaysia ternyata ada juga.

Awalnya saya penasaran sih dengan pulau ini. Soalnya ketika saya volunteer di sebuah hostel di Kuala Lumpur, tamu-tamunya pasti mau pergi atau baru kembali dari sana.

Pas dapat day-off, saya pun memutuskan untuk liburan ke Pulau Perhentian. Jujur saya tidak mau berekspektasi terlalu tinggi karena di Indonesia saya sudah keliling banyak pulau yang wow banget, sebut saja Pulau Derawan atau Raja Ampat.

Makanya saya cukup picky kalau soal pantai atau pulau. Kriteria pulau yang menawan bagi saya bukan hanya keindahan pantainya tapi juga bawah lautnya.

Kapan waktu terbaik untuk liburan ke Pulau Perhentian?

Ini penting banget, soalnya tidak sepanjang tahun Pulau Perhentian cocok untuk dikunjungi. Iklimnya mirip lah sama Indonesia, jadi ada dua musim yaitu musim kemarau (kering) dan hujan.

Waktu terbaik untuk berwisata ke Pulau Perhentian adalah sekitar Maret sampai Oktober. Biasanya puncak keramaian di bulan Juli – September. Nah, di musim panas ini cuacanya lebih nyaman, air lautnya cukup tenang, hotel dan restoran pada buka.

Hindari berkunjung pada November sampai Februari karena di bulan ini bakal sering hujan, ombaknya juga tinggi. Kebanyakan restoran dan penginapan juga pada tutup karena memang tidak banyak turis juga. Ga seru juga kan ke pulau yang ada malah hujan terus.

Baca juga: 10 destinasi wisata Kuala Lumpur yang tidak boleh terlewatkan!

Cara ke Pulau Perhentian dari Kuala Lumpur

Ada dua cara untuk menuju Pulau Perhentian dari Kuala Lumpur yaitu menggunakan pesawat atau bus. Kalau mau menghemat waktu bisa naik pesawat langsung ke Kota Bahru, dilanjutkan dengan taksi atau bus umum ke dermaga penyebrangan di Kuala Besut. Tentunya cara ini lebih mahal.

Cara yang lebih hemat adalah menggunakan bus dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS) ke Kuala Besut. Lama perjalanan sekitar 8 jam. Jadwalnya ada yang jam 9 pagi dan 9.30 malam. Harga tiket bus RM 44.

Saya sarankan sih naik bus malam saja, biar paginya sudah sampai di dermaga Kuala Besut dan bisa beli tiket kapal.

Harga tiket kapal penyebrangan ke Pulau Perhentian adalah RM 35 sekali jalan. Bisa juga beli tiket pulang pergi seharga RM 70.

Jadwal kapal dari Kuala Besut ke Pulau Perhentian ada yang jam 8 pagi, 12 siang, dan 4 sore. Perjalanannya memakan waktu sekitar 30-40 menit.

Kasih tau aja penginapan kamu yang mana, nanti mereka bisa nganterin sampai sana. Hanya saja kalau mau ke Long Beach harus transfer kapal kecil (RM 2) karena perairannya lebih dangkal.

Baca juga: Liburan ke Penang? Tempat wisata apa saja yang bisa kamu datangi

cara ke pulau perhentian

Memilih penginapan di Pulau Perhentian

Pulau Perhentian terdiri dari dua pulau yang bernama Perhentian Besar dan Perhentian Kecil. Saya kurang tau kenapa dinamakan besar dan kecil. Padahal kalau dilihat di peta ukurannya kurang lebih sama.

Ya mungkin kayak saudara sih, ada yang lebih besar ada yang kecil. Nah perbedaannya apa?

Perhentian Besar lebih cocok untuk keluarga atau pasangan karena suasananya lebih tenang. Penginapan (sering disebut juga dengan chalet) di Pulau Besar lebih luxury, harganya juga lebih mahal kisarannya RM 300 – 1000.

Beberapa rekomandasi penginapan di Pulau Perhentian Besar adalah:

  • Mama’s Bungalow
  • Tuna Bay resort
  • The Reef Chalet
  • New-Coco Hut Chalet

Perhentian Kecil lebih diperuntukkan untuk traveler muda atau backpackers. Pilihan penginapan dan harganya juga lebih beragam, dari yang ramah kantong sampai yang ngebakar kantong.

Nah, suasana di sini juga lebih hidup karena ada resto, bar, party, dan aktifitas lain yang lebih cocok untuk anak muda.

Beberapa rekomendasi penginapan di Pulau Perhentian Kecil adalah: 

  • Maya Guesthouse
  • Panorama Resort
  • Senja Bay Resort
  • OhhLala’s Guesthouse
  • Bubu’s Resort
  • D’Rock Garden Resort

Biar aman sebaiknya booking penginapan terlebih dahulu. Bisa cek aplikasi booking online biar tidak kehabisan tempat atau kamar.

Harga chalet di Pulau Perhentian sekitar RM 100-150. Saya pribadi saat ke sini menginap di D’Rock Garden Resort dengan kamar yang menghadap langsung ke laut.

peta pulau perhentian besar dan kecil
(sumber)

Aktifitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Perhentian

Namanya wisata pulau pasti pengennya santai aja, jemuran di bawah matahari, berenang di pantai. Nah, aktifitas lain yang bisa kamu lakukan ketika berwisata ke Pulau Perhentian adalah:

1. Bersantai di Pantai Long Beach

Bisa dibilang Long Beach adalah pantai utama-nya Pulau Perhentian Kecil. Di pantai ini-lah banyak pilihan penginapan atau bar yang populer bagi turis atau backpackers.

Saya cukup kaget pas sampai. Sebagai pantai yang paling populer, saya kira bakal mirip seperti Pantai Kuta atau Pantai Patong di Phuket. Ternyata berbeda sekali.

Long Beach memiliki pantai pasir putih yang halus dengan payung pantai warna warni dan pondokan yang berjejer di sepanjang pantai. Suasananya tenang banget cocok untuk bersantai.

long beach perhentian kecil
Pantai Long Beach di Perhentian Kecil

2. Main ke Coral Bay

Selain Long Beach, di Perhentian Kecil ada juga pantai di sisi lain bernama Coral Bay. Dari Long Beach bisa jalan sekitar 20 – 30 menit untuk sampai ke Coral Bay. Nah, pantai di sini lebih sepi juga. Ada beberapa restoran yang menyediakan seafood segar.

3. Hopping island dan snorkeling di pulau-pulau sekitar

Namanya wisata pulau tidak akan lengkap tanpa snorkeling. Kamu bisa beli paket snorkeling yang ditawarkan chalet atau provider di pulau.

Harga paket island hopping di sekitar Pulau Perhentian ada: 

  • Short trip – 3 spot (fish garden, shark point, turtle point). Harga RM 40 – jadwal trip jam 1.30 siang.
  • Long trip – 6 spot (coral garden, fisherman village, shark point, turtle point, etc). Harga RM 50 – jadwal trip jam 10.30 pagi.
  • Rawa trip – semua spot diatas ditambah dengan Pulau Rawa. Harga RM 70 – jadwal trip jam 10.30 pagi.

Paket trip snorkelling sudah termasuk life vest dan snorkeling mask. Tidak termasuk fin yang harus nambah RM 10 lagi.

Saya ambil paket ke semua pulau termasuk Pulau Rawa. Terumbu karangnya cukup bagus dan sehat. Setiap spot terdiri dari jenis terumbu karang yang berbeda. Misalnya di spot pertama didominasi dengan table corals.

Banyak kerang besar, anemone, dan juga berbagai macam jenis ikan. Saya beruntung melihat sebuah ikan besar yang belum pernah saya lihat sebelumnya.

Sayang sekali kamera underwater saya rusak jadi tidak bisa mengabadikan foto-fotonya. Ada juga shark point dan turtle point, saya melihat kura-kura besar berenang di sekitar Perhentian Besar.

Kalau dibandingkan dengan terumbu karang di Wakatobi sih masih jauh ya. Ya cukup okelah dan menyenangkan. Di Pulau Rawa airnya juga biru banget.

hopping island pulau rawa
Pulau Rawa

4. Trekking di jalur Windmill

Saya sendiri tidak mencoba jalur ini. Dengar-dengar sih bisa lihat view yang indah dari titik tertinggi Perhentian Kecil. Untuk memulai trek ini bisa ke Bubu’s Resort, posisinya ada di belakang resort ini.

Butuh sekitar 25 menit untuk melewati jalan berbatu menanjak, tapi setelah sampai di atas akan disuguhkan pemandangan laut yang indah.

Baca juga: Tips liburan ke Cameron Highlands Malaysia

5. Menonton pertunjukan api di Sisha Bar

Setiap malam jam 10.30 ada pertunjukan tarian api di Sisha Bar. Bisa datang untuk makan malam, cobain seafoodnya sambil ngobrol-ngobrol sebelum pertunjukannnya dimulai.

Pengalaman saya liburan ke Pulau Perhentian cukup mengesankan sih. Lingkungan sekitar pulau bersih. Bahkan Long Beach yang merupakan pulau utama juga bersih dan tidak ada sampah.

Kampung nelayan di sekitar sini juga bersih. Kelihatan kalau penduduk lokal mengerti betapa pentingnya menjaga kelestarian alam yang juga rumah mereka.

Mereka sadar bahwa hidup dan penghasilan mereka bergantung pada laut. Mudah-mudahan Indonesia bisa belajar juga.

Kira-kira itu saja tips liburan ke Pulau Perhentian yang bisa saya bagikan. Pilih Perhentian Besar atau Kecil?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *