10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia, Jangan Sampai Terlewat!

kuala lumpur malaysia

Pasti tidak asing lagi dengan Kuala Lumpur, ibukota negara tetangga kita yaitu Malaysia. Karena letaknya yang dekat dengan Indonesia, juga kebudayaannya yang tidak jauh berbeda menjadikan Kuala Lumpur sebagai salah satu tempat wisata yang sering dikunjugi, terutama bagi orang Indonesia.

Saya menganggap Kuala Lumpur atau akrab disebut dengan KL ini sebagai rumah kedua saya. Kenapa? Kuala Lumpur sangatlah dekat dengan kampung halaman saya, Pekanbaru. Cukup 30 menit terbang saja saya sudah berada di kota metropolitan ini.

Bisa dibilang Kuala Lumpur adalah tempat persinggahan saya. Taukan kalau saya pelanggan setianya maskapai Airasia. Banyak banget tiket murah dari Kuala Lumpur ke negara lainnya. Karena itulah saya lebih sering lewat Kuala Lumpur kalau mau traveling.

Selain sering bolak balik, saya sendiri pernah tinggal di Kuala Lumpur selama beberapa bulan. Jadi kurang lebih lumayan paham dengan apa aja yang bisa dilakukan, tempat wisata apa aja yang seru.

Kuala Lumpur, Malaysia mungkin bukan lagi destinasi wisata yang “abu-abu”. Maksud saya, informasi tentang wisata Kuala Lumpur sudah sering dibagikan.

Mungkin kamu juga sudah pernah main ke Kuala Lumpur dan sudah punya bayangan yang jelas tentang kota ini. Walaupun begitu, tidak mengurungkan niat saya untuk membagikan lagi tentang, apa saja sih hal yang bisa kamu lakukan, tempat wisata mana aja yang tidak boleh terlewatkan.

1. Jalan-jalan di Lapangan Merdeka

Letaknya yang pas di pusat kota Kuala Lumpur, Merdeka Square atau Lapangan Merdeka ini dikelilingi dengan bangunan bergaya kolonial yang masih dijaga dengan baik.

Lapangan ini menjadi spot yang menarik untuk mengingat zaman ketika Kerajaan Inggris memerintah Semenanjung Malaya. Saya jadi keingat dengan Melbourne ketika jalan-jalan di sekitar Lapangan Merdeka karena bentuk bangunannya.

Bangunan Sultan Abdul Samad
Bangunan Sultan Abdul Samad

Disekitar Lapangan Merdeka ada sekitar 12 bangunan bersejarah yang bisa kamu jelajahi. Nah, yang serunya lagi kamu bisa mengikuti tur gratis yang diadakan setiap haru Senin, Rabu, dan Sabtu.

Tur ini dimulai dari KL City Gallery jam 8.30 pagi dengan durasi 2,5 jam. Kalau tertarik bisa langsung mendaftar di bangunan KL City Gallery. Spot yang akan kamu kunjungi yaitu:

  • KL City Gallery. Bangunan yang dulunya adalah kantor percetakkan pemerintah dimana sekarang telah diubah menjadi pusat informasi mengenai kota Kuala Lumpur.
  • Perpustakaan Kota. Perpustakaan umum ini memiliki area konferensi dan juga ruangan serba guna. Di dalamnya ada sekitar 50,000 koleksi buku.
  • The Padang. Disinilah bendera Malaysia dikibarkan pertama kalinya pada tanggal 31 Agustus 1957.
  • Victoria Fountain. Air mancur ini dibawa oleh pemerintah Inggris dan telah berumur lebih dari 100 tahun.
  • Chartered Bank. Bank dengan tiga lantai ini sekarang dikelola menjadi sebuah restoran.
  • Federated Railway Station. Stasiun kereta api dengan ciri khas batu bata merah dan juga cat bergaris putih sekarang menjadi Museum Tekstil Nasional.
  • Bangunan Sultan Abdul Samad. Bangunan yang dibangun pada tahun 1897 dengan ciri khas menara jam dan atab kubahnya.
  • Birth Place of KL. Nama Kuala Lumpur memiliiki arti pertemuan sungai berlumpur. Di spot ini terlihat dua sungai yang menyatu yaitu Sungai Gombak dan Sungai Klang.
  • Gedung Pengadilan Tinggi. Sekarang digunakan sebagai kantor Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan.
  • Old City Hall. Bangunan ini memiliki atap berbentuk kubah juga, sekarang masih digunakan sebagai gedung teater.
  • Cathedral of St. Mary. Salah satu gereja Anglikan tertua di Asia Tenggara.
  • Royal Selangor Club. Sebuah komunitas orang-orang bestatus tinggi yang dibangun pada tahun 1884.

Baca juga: Itinerary Liburan ke Kuala Lumpur 3 Hari 2 Malam

2. Mengagumi gedung pencakar langit

Gak peduli mau puluhan bahkan ratusan kali menatap menara kembar ini tetap saja bagi saya menara ini terlalu mempesona. Tidak dipungkiri lagi Menara Kembar Petronas adalah objek wisata yang paling terkenal di Kuala Lumpur Malaysia.

Bagian bawah menara ini ada AquariaKLCC dan juga pusat perbelanjaan mewah bernama Suria KLCC. Untuk melihat pemandangan kota Kuala Lumpur kamu bisa naik ke Sky Bridge yang dibuka setiap hari kecuali Hari Selasa.

Jam berkunjung dari jam 9 pagi sampai 9 malam, harga tiketnya RM80 untuk dewasa dan RM 33 untuk anak berumur 3-12 tahun.

Datanglah pada malam hari untuk melihat gemerlapnya menara ini. Sekitar jam 7 sampai 10 malam akan ada pertunjukkan air mancur dengan cahaya dan lagu musikal yang menemani indahnya malam. View kota malam di Kuala Lumpur tidak kalah indah dengan gedung-gedung di Macau.

menara kembar petronas kuala lumpur malaysia

Selain Menara Kembar Petronas, kamu bisa juga mengunjungi Menara KL (KL Tower).  Menara dengan ketinggian 420 meter ini juga dibuka untuk umum.

Ada beberapa bagian yang bisa kamu kunjungi seperti observation deck, sky deck, bisa juga coba dining atau makan di restoran di atas menara yang bisa berputar! Untuk harga dan atraksi lain bisa langsung cek disini.

3. Menikmati KL Forest Eco Park, hutan di tengah kota

Dulunya bernama Bukit Nanas Forest Park. Hutan ini terletak pas di samping Menara KL. Disini kamu bisa menikmati hijaunya pepohonan dan kicauan burung. Salah satu atraksi yang menarik adalah sebuah jembatan gantung yang bernama Canopy Walk.

4. Shopping tanpa henti

Dijamin deh kalau hobi belanja pasti akan puas! Mau beli sepatu tanpa merek atau tas branded mahal desainer papan atas, apa aja yang kamu cari pasti ada.

Langsung saja ke Bukit Bintang, area shopping paling trendy di Kuala Lumpur Malaysia. Sehari enggak cukup kali untuk menjajaki toko dan juga shopping mall disini.

Kalau mau belanja barang dengan harga yang masih masuk akal bisa ke Berjaya Times Square atau Sungai Wang Plaza. Kalau mau yang lebih mewah bisa ke Pavilion atau Fahrenheit 88.

Untuk belanja oleh-oleh di Kuala Lumpur bisa langsung ke Jalan Petaling (China Town) dan juga Pasar Sentral (Central Market).

Pavilion Kuala Lumpur
Pavilion Kuala Lumpur

5. Mencari ketenangan di Mesjid

Saya bukan seorang muslim tapi saya sangat mengagumi desain dan arsitektur tempat ibadah berbagai agama di seluruh dunia, salah satunya mesjid.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, tidak heran jika banyak mesjid yang dapat ditemukan di setiap sudut kota. Beberapa mesjid yang telah saya kunjungi adalah:

  • Mesjid Negara. Mesjid ini dibangun pada tahun 1965, kabarnya dapat menampung jemaat berjumlah 15,000 orang. Kubah utamanya memiliki 18 sudut yang mewakili 13 bagian negara Malaysia dan juga 5 rukun islam.
  • Mesjid Jamek. Mesjid tertua di Kuala Lumpur Malaysia. Letaknya tidak jauh dari Lapangan Merdeka. Mesjid ini memiliki tiga kubah dan sebuah menara dengan tinggi 25 meter.
  • Mesjid Putra. Letaknya yang agak jauh dari pusat kota sehingga tidak banyak yang mengunjungi mesjid ini. Tapi mesjid ini layak untuk dikunjungi walaupun jauh karena bentuknya yang indah. Mesjid Putra menggabungkan kebudayaan lokal, Persia, dan juga Arab.

Pakailah pakaian yang sopan ketika mengunjungi mesjid. Beberapa mesjid menyediakan jubah yang bisa kamu pinjam gratis untuk memasuki tempat ibadah ini.

Baca juga: Tempat Wisata Menarik di Brunei Darussalam

masjid putra kuala lumpur
Mesjid Putra

6. Memperluas pengetahuan di museum

Siapa bilang museum itu membosankan? Saya orangnya selain suka dengan sejarah suka juga dengan karya seni seperti patung atau lukisan. Beberapa museum yang bisa kamu kunjungi di Kuala Lumpur Malaysia adalah:

  • Museum Tekstil Negara. Berisi koleksi kain dan juga perhiasan dari zaman dulu.
  • Islamic Art Museum. Memiliki banyak benda bersejarah dari karpet, perhiasan, vas dari tembika, termasuk pengetahuan lainnya tentang Agama Islam di dunia.
  • Museum Negara. Museum dengan ciri khas atap bergaya Minangkabau menjadi rumah bagi benda peninggalan bersejarah yang terjadi di Malaysia.
  • Museum Orang Asli. Bersebelahan dengan Museum Negara, kamu bisa mempelajarai 18 suku asli yang hidup di Semenanjung Malaya.
Museum Tekstil Negara
Museum Tekstil Negara

7. Mengunjungi Batu Caves

Batu Caves adalah tempat suci bagi penganut agama Hindu. Pemandangan disekitar Batu Caves sangatlah indah. Sebuah patung besar yang menggambarkan Lord Murugan yang dipercaya sebagai Dewa Perang.

Ada sebuah gua di tebing yang bisa kamu datangi dengan menaikki tangga dengan anak tangga yang berjumlah 272 buah. Harus persiapin stamina nih. Hati-hati dengan monyet nakal yang berkeliaran di sekitar.

Berkunjung ke Batu Caves sangat gampang. Pergilah ke Stasiun KL Sentral dan naik kereta yang disebut dengan KTM dengan tujuan Batu Caves. Kurang lebih memakan waktu 30 menit. Kalau tidak mau ribet bisa pesen half-day tour ke Batu Caves.

Di antara bulan Januari-Februari biasanya dilaksanakan sebuah festival bernama Festival Thaipusam  yaitu festival penting yang memuja Dewa Perang, cukup menegangkan karena banyak pengikut yang akan menyakiti diri sendiri sebagai bagian dari prosesi atau ritual.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Seoul, Korea Selatan

batu caves kuala lumpur malaysia
Batu Caves

8. Menyapa kura-kura lucu di Thean Hou Temple

Thean Hou Temple adalah sebuah kuil besar dengan enam lantai yang dibangun oleh komunitas orang Hainan di Kuala Lumpur Malaysia. Pada saat Festival Tahun Baru Cina banyak jemaat yang berkumpul dan berdoa di kuil ini.

Satu hal yang menarik perhatian saya adalah kolam kura-kura yang berisi ratusan kura-kura yang berjemur di siang hari. Kura-kura adalah sebuah simbol panjang umur dan membawa keberuntungan di dalam kebudayaan Cina.

kuil thean hou
Kura-kura di Kuil Thean Hou

9. Makan sampai kenyang

Bukan rahasia lagi kalau Malaysia adalah negara yang memiliki keberagaman tradisi, kebudayaan, dan juga agama. Ada tiga suku yang telah hidup bersama selama bertahun-tahun yaitu Melayu, Tionghoa, dan India.

Masing-masing kebudayaan mempengaruhi cara hidup mereka dan yang paling jelas terlihat adalah makanan.

Masuk akal kan ya kenapa Kuala Lumpur adalah tempat yang sesuai untuk kulineran. Cobalah hidangan melayu yang autentik, kari India dengan khas rempah-rempahnya yang tajam, atau juga makanan khas dari Penang yaitu Penang Char Kuey Teow (favorit saya!).

pasar taman connaught
Es krim di Pasar Taman Connaught

Pergilah ke Jalan Alor untuk mencicipi berbagai jenis makanan. Well, kamu bisa ketemu tempat makan dimana aja kok.

Kalau mau pesta makan bisa pergi ke Pasar Malam Taman Connaught yang cuma ada setiap Rabu malam. Jalanan sepanjang 2 km ini dipenuhi pedagang yang menjual berbagai barang dan tentunya makanan. Saya ingatin lagi ya, tempat ini tidak cocok bagi kamu yang sedang diet.

10. Party all night long

Nah, kalau kamu orangnya suka party seperti saya, gak bakal nyesal deh. Di Kuala Lumpur banyak banget bar, rooftop bar, dan club yang bisa bikin kamu nari semalaman.

Kalau enggak mau keluarin duit banyak, langsung aja ke Jalan Changkat. Banyak bar yang menawarkan gin and tonic murah.

Heli Lounge Kuala Lumpur
Heli Lounge

Mau yang classy? Pergilah ke Sky Bar, Luna Bar, atau Heli Lounge untuk menyeruput minuman sambil melihat pemandangan kota dari ketinggian.

Untuk para ladies, setiap hari Rabu adalah Ladies Night jadi banyak bar yang akan kasih kamu minuman gratis. Kalau mau clubbing beneran dan menikmati musik elektronik terbaru, pergi aja ke Zouk Club. Gratis untuk turis, cuma perlu paspor dan dandan yang rapi aja!

Itulah tempat wisata di Kuala Lumpur yang bisa kamu lakukan. Walaupun judulnya 10 tapi sebenarnya ada lebih, hehe. Kamu bisa baca postingan lainnya tentang transportasi atau cara menuju KL Sentral dari bandara Kuala Lumpur.

Subscribe Newsletter Nonanomad

 

3 Replies to “10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia, Jangan Sampai Terlewat!”

  1. Beberapa tahun lalu ke Malaysia tapi belum kepikiran untuk nulis blog travel. Sekarang jadi kepengin mengumpulkan ingatan yang dulu-dulu, kira-kira mampir ke mana aja biar bisa jadi (seenggaknya) 1 tulisan di blog haha. Anyway aku pengin banget ke Batu Caves, deh!

    1. Haha, sama kayak aku udah sering ke singapur berkali-kali tapi enggak ada tulisan satu pun tentang singapura juga hehe. Tulisan ini karena aku sempet tinggal lama aja di KL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *