Membeli kamera pertama kali untuk bepergian atau traveling bukanlah hal yang gampang. Maka dari itu, Anda harus pandai-pandai mencari rekomendasi kamera traveling pemula yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda.

Nah, jika Anda sedang mencari rekomendasi kamera travel terbaik dan ramah untuk pemula, artikel ini akan memberikan ulasannya untuk Anda.

Selain itu, artikel ini juga akan memberikan beberapa tips bermanfaat dalam memilih kamera travel yang berkualitas agar traveling Anda makin berkesan.

Jadi, jangan sampai lewatkan informasi menarik berikut ini!

Cara Memilih Kamera Terbaik Traveller Pemula

Jika Anda seorang pemula dalam fotografi traveling, maka Anda mungkin memerlukan saran atau rekomendasi kamera traveling pemula.

Oleh sebab itu, silahkan simak beberapa tips memilih kamera travel di bawah ini!

1. Pertimbangkan Ukuran Kamera

Ada berbagai ukuran dan dimensi kamera travel yang tersedia di pasaran.

Untuk keperluan bepergian, ada baiknya jika Anda memilih kamera yang ringan dan ringkas, mudah dimasukkan ke dalam ransel, dan dibawa bepergian.

Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa dalam melakukan perjalanan tanpa kelebihan beban perlengkapan traveling yang ada.

Namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa semakin besar dimensi kamera, maka semakin besar pula sensornya.

Dengan sensor yang lebih besar berarti lebih banyak cahaya yang dapat ditangkap sehingga menghasilkan kinerja cahaya rendah yang lebih baik dan kualitas gambar yang sangat baik.

Jika kualitas gambar dan kinerja cahaya rendah lebih penting bagi Anda daripada bobot, maka kamera mirrorless atau DSLR mungkin cocok untuk Anda.

2. Megapiksel

Ukuran resolusi kamera dikenal sebagai megapixel. Semakin tinggi jumlah megapiksel, maka semakin tinggi kualitas gambarnya.

Makrea travel tidak harus melulu harus memiliki megapiksel super tinggi. Cukup kamera dengan megapiksel 20 ke atas akan bagus untuk fotografi traveling.

3. Pilih Kamera dengan Kualitas Video 4K

Saat traveling tentu Anda ingin mengabadikan momen perjalanan atau wisata Anda tidak hanya dengan foto, tapi juga video.

Agar video traveling Anda semakin berkesan, ada baiknya jika Anda memilih kamera yang mampu menghasilkan video berkualitas 4K serta dapat merekam hingga resolusi 1080p.

4. Tahan Terhadap Cuaca

Dalam melakukan perjalanan, pastinya Anda akan menghadapi berbagai kondisi cuaca. Jadi, penting untuk Anda memilih kamera travel yang memiliki fitur water resistant.

Dengan begitu, kamera Anda akan tetap aman dan awet meskipun dibawa saat kondisi hujan atau bersalju.

5. Memiliki Fitur Wifi / Bluetooth

Sebagai seorang traveller, tentu sebagian besar aktivitas Anda dilakukan dalam perjalanan dan tidak selalu membawa laptop untuk mengunggah foto atau video Anda.

Oleh sebab itu, Anda perlu memiliki kamera travel yang didukung oleh fitur WIFI bawaan.

Dengan begitu, Anda dapat memotret, mengirim gambar melalui WIFI ke smartphone, dan mengeditnya saat dalam perjalanan.

Baca juga: 15 Tips Traveling Hemat dan Murah Bagi Pemula ala Nonanomad

Rekomendasi Kamera Traveling Pemula Terbaik

Setelah tahu apa saja tips memilih kamera traveling untuk pemula, kini saatnya Anda mengenali beberapa rekomendasi kamera traveling pemula yang cocok untuk bepergian.

Berikut ini ulasannya untuk Anda:

1. Kamera Canon G7 x MARK II

Canon G7 x MARK II adalah opsi kamera travel yang populer di kalangan blogger dan vlogger.

Ini adalah salah satu kamera perjalanan yang recommended untuk merekam vlog dan video perjalanan.

Kamera ini adalah jenis kamera point and shoot yang membuatnya menjadi kamera yang bagus untuk dibawa bepergian.

Namun, tidak seperti kebanyakan kamera point and shoot, Canon G7 x MARK II memiliki fitur kontrol manual, fungsi RAW, WIFI, dan flip screen 180 °.

Sangat cocok untuk selfie dan merekam hingga 1080p HD pada 60fps.

Dimensinya pun ringkas sehingga tidak akan memakan banyak tempat dan sangat ideal untuk teman liburan.

2. Panasonic Lumix TZ100

Lumix ZS100 adalah pilihan kamera yang sangat recommended untuk kamera traveling.

Kamera ini membawa proposisi baru yang menarik dengan fitur sensor satu inci.

Selain itu, kamera ini berukuran compact dengan rentang zoom hingga 10x. Bobotnya yang ringan dan ukurannya yang ringkas sangat mudah untuk dibawa bepergian.

Rentang zoom hingga 10x membuat Anda dapat memotret bidikan dari jauh dengan kualitas yang tetap jernih.

Ada juga fitur built-in viewfinder dan touchscreen LCD yang mudah digunakan oleh para pemula.

Baca juga: Ketahui Ukuran Koper Kabin Pesawat dan Tips Memilihnya!

3. Canon Powershot G9 X Mark II

Kamera ini cocok untuk Anda jika Anda menginginkan kamera point and shoot yang lengkap dan ringkas sehingga memungkinkan Anda share foto dan video saat bepergian.

Canon Powershot G9 X Mark II memiliki sensor yang lebih besar dari model lawasnya, yang memungkinkan kualitas gambar yang lebih baik meski dalam kondisi cahaya yang minim.

Tak hanya itu, kamera ini juga didukung dengan LCD touchscreen, kecepatan pemotretan, kontrol manual, dan memungkinkan pemotretan RAW dengan aperture f/2.

Apalagi ada fitur WIFI internal yang memudahkan Anda untuk mentransfer foto dan video traveling Anda.

4. Kamera Sony RX100 VI

Sony RX100 VI adalah peningkatan dari generasi sebelumnya yakni RX100 III, dengan lensa zoom 24-200mm serta menampilkan aperture variabel yang sangat cepat.

RX100 VI juga dilengkapi sistem autofokus yang menakjubkan, kemampuan untuk memotret pada 24fps, layar yang dapat dimiringkan, dan electronic viewfinder.

Desainnya sangat ringkas dan hanya memerlukan tas selempang kecil untuk membawanya.

Saat membelinya, Anda juga akan mendapatkan tripod mini VCT-SGR1, smartphone, dompet, dan power bank sehingga Anda akan cukup leluasa dalam mengabadikan momen.

5. Sony A6000

Kamera Sony A6000 merupakan salah satu kamera perjalanan portabel dan low budget  terbaik yang ada di pasaran.

Sony A6000 ini berkinerja cukup baik dalam kondisi cahaya rendah, memotret dengan cepat pada 11fps saat autofocus, dan memiliki digital viewfinder.

Fitur-fitur tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian manual secara real-time dan menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa.

Satu-satunya kelemahan kamera ini adalah daya tahan baterainya yang tidak begitu besar.

Jika Anda merekam video selama 30 menit maka kamera ini akan mudah panas dan mati secara otomatis.

6. Kamera Sony A7iii

Sony A7iii merupakan kamera profesional terbaik untuk fotografi perjalanan yang patut Anda masukkan ke list rekomendasi kamera traveling pemula.

Jika pengambilan gambar selama traveling sebagai prioritas, maka dengan kamera Sony A7iii kualitas jepretan Anda akan tampak layaknya fotografer profesional.

Kualitas gambarnya fantastis, kemampuan video 4, layar LCD articulated, wifi, bobot yang ringan dan ringkas, dan tersedia berbagai macam lensa original.

Tak heran jika kamera ini kerap menjadi pilihan mutlak sebagai rekomendasi kamera traveling pemula yang terbaik di pasar.

Bahkan pada ISO 12800, hampir tidak ada noise yang muncul pada bidikan dibandingkan dengan kamera kompak.

Nah, itulah beberapa tips dan rekomendasi kamera traveling pemula yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih kamera travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.