18 Tempat Wisata di Melbourne Gratis Yang Wajib Kamu Kunjungi

tempat wisata gratis melbourne

Kalau mendengar nama Melbourne, yang terbayang di pikiran saya adalah bangunan bergaya ala Victorian atau Eropa, jalanan artistik dan cafe-cafenya.

Sebagai kota terbesar kedua di Australia, Melbourne memiliki image yang berbeda yaitu lebih santai dan suasana hipsternya lebih kental.

Saya sendiri jatuh cinta setelah mengunjungi Melbourne. Ya, walaupun cuacanya rada labil. Kadang hujan kadang cerah.

Kalau berkunjung ke Melbourne kamu wajib mengecek 18 tempat wisata di Melbourne ini. Gratis! Dijamin enggak bikin kantong bolong deh.

1. Flinders Street Railway Station

Salah satu bangunan yang paling iconic di Melbourne. Stasiun kereta apa yang berada di persimpangan antara Flinders Street dan Swanston Street ini adalah stasiun kereta paling tua di Australia.

Terletak di pusat kota Melbourne, stasiun ini sangat ramai dimana seharinya ada sekitar 100,000 orang yang menggunakan stasiun ini.

2. St Paul Cathedral

Tepat di seberang Stasiun Kereta Api Flinders Street, sebuah katredal dengan dekorasi dan karya seni bersejarah terpampang megah di tengah persimpangan.

St. Paul Cathedral merupakan salah satu tempat wisata di Melbourne yang terkenal. Di dalamnya kamu bisa melihat ubin lantai dan dinding dengan pola yang indah.

Saat berkunjung jangan terlalu berisik ya. Hormati tamu lain yang sedang beribadah di katedral ini.

st paul cathedral objek wisata melbourne

3. Federation Square

Terletak di jantung kota Melbourne, Federation Square merupakan tempat wisata di Melbourne dengan restoran dan bar di sekitarnya.

Biasa di sini para penduduk lokal Melbourne sering ketemu dan hang out bareng. Disini juga sering digelar acara-acara seperti festival, pasar pop-up, dan juga event olahraga.

4. Hosier Lane

Salah satu gang kecil paling keren deh di Melbourne. Cocok untuk para instagrammer. Dindingnya dihiasi dengan grafiti. Setiap sudut bisa jadi tempat spot foto. Disini kamu bisa jalan-jalan dan melihat lukisan grafiti yang unik.

tempat wisata melbourne hozier lane

5. State Library of Victoria

Walaupun bukan student, kamu tetap bisa berkunjung ke perpustakaan ini kok. Yang bikin keren dari perpustakaan ini adalah desain interiornya.

Langit-langit bangunannya berbentuk seperti kubah dengan posisi meja yang bebentuk oktagonal atau segi delapan.

state library melbourne

6. Queen Victoria Market

Ingin merasakan pengalaman authentic seperti orang lokal di Melbourne? Datanglah ke Queen Victoria Market. Disini kamu bisa shopping dan belanja oleh-oleh untuk diri sendiri ataupun untuk keluarga.

Pasar ini cukup luas, jadi mungkin bikin pegel. Disini kamu bisa mencoba produk lokal yang segar. Kalau datangnya pas musim panas atau summer, pasar ini dibuka sampai malam.

7. China Town

Kalau kangen makanan Asia datang aja ke China Town. Mau makanan Korea, Vietnam, ataupun Chinese food, semuanya ada. China Town di Melbourne ini sudah ada sejak tahun 1850an ketika para imigran dari China tiba.

Seperti China Town di kota lainnya kamu bisa menemukan lampion merah dan juga gapura berwarna merah dengan tulisan mandarin.

tempat wisata melbourne china town

8. Melbourne Shopping Center

Tempat wisata di Melbourne lainnya yang gratis adalah Melbourne Central. Melbourne Central adalah kompleks perbelanjaan, perkantoran, dan juga transport hub di kota.

Sebanyak 200 toko yang bisa kamu datangi, gak bakal habis deh. Karakteristik bangunan ini adalah langit-langit kaca yang berbentuk seperti kerucut setinggi gedung berlantai 20 dan beratnya 490 ton!

melbourne shopping center

9. Docklands

Area pelabuhan atau dermaga dimana restoran mewah berjejer. Cocok untuk makan malam romantis. Kamu juga bisa berjalan-jalan di Harbour Town Shopping Centre.

Anak-anak pasti suka dengan bianglala observation wheel dengan pemandangan 360 derajat kota Melbourne.

10. St. Patrick Cathedral

Katedral lain di Melbourne yang wajib kamu kunjungi adalah St. Patrick Cathedral. Katedral ini merupakan gereja terbesar di Australia.

Di dalamnya ada banyak lonceng besar, sebuah organ dengan 4500 pipa, dan juga chapel yang sangat indah.

tempat wisata melbourne st patrick cathedral

11. Carlton Garden

Tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu di bawah pepohonan rindang. Yep, Carlton Garden merupakan tempat wisata di Melbourne yang menjadi tempat piknik favorit untuk para pengunjung.

Di area ini ada juga objek wisata lainnya seperti Royal Exhibition Building, Melbourne Musem, dan Imax Cinema.

Carlton Garden

12. Parliement House

Terletak di jalan Spring di sebelah timur kota Melbourne, Parliament House telah menjadi gedung parlemen negara bagian Victoria sejak tahun 1855.

Gedung parlemen ini dibuka untuk umum. Setiap hari Senin – Jumat, ada tur gratis setiap jam 9.30 pagi dan 4 sore, ketika tidak ada anggota parlemen yang sedang rapat.

13. National Gallery of Victoria

Buat kamu yang suka sejarah dan seni, pergilah ke National Gallery of Victoria. Banyak koleksi sejarah dari jaman dahulu kala sampai moderen. Terkadang aja juga pameran spesial di museum ini.

14. Shrine of Remembrance

Tempat ini adalah tempat penghormatan bagi tentara Australia yang berkontribusi dalam perang dunia pertama. Di dalamnya terdapat ruangan dengan informasi dan video-video saat itu. Sekitar jam 4-5 sore ada upacara bendera di halamannya.

shrine of remembrance

15. St. Kilda

St. Kilda adalah tempat wisata gratis di Melbourne yang bisa kamu kunjungi. Cocoknya jalan-jalan di sore hari di tepi pantai.

Banyak kafe dan restoran di sepanjang pantai. Kapal-kapal bersandar di pelabuhan. Kalau beruntung, kamu juga bisa melihat pinguin di St. Kilda.

st kilda tempat wisata melbourne

16. Royal Botanic Garden

Senang melihat bunga atau tanaman? Main aja ke Botanical Garden. Banyak tanaman seperti kaktus, jamur, dan bunga-bunga lainnya tersebar di taman ini. Kamu akan merasakan udara yang segar ketika berjalan-jalan di taman yang hijau ini.

17. Yarra River

Yarra River merupakan tempat piknik yang menyediakan fasilitas barbecue. Ada juga jalur khusus bagi pengendara sepeda, pejalan kaki, dan untuk jogging.

Bagi suku asli aboriginal, Yarr River merupakan sumber kehidupan penting bagi mereka.

Cek Harga Penginapan di Melbourne

18. Brighton Beach

Tempat wisata di Melbourne yang terakhir adalah Brighton Beach. Lokasinya agak jauh dari pusat kota, sekitar 11 km. Pantai ini sangat disukai pengunjung karena deretan rumah kayu berwarna warni yang menarik untuk berfoto. Wajib deh kesini kalau pengen foto-foto.

brighton beach objek wisata melbourne

Kalau sudah sampai di Melbourne jangan lupa untuk liburan ke Tasmania juga. Banyak tempat menarik yang asik untuk dikunjungi. Selama saya di Australia saya menggunakan working holiday visa jadi bisa stay lama. Bisa cek cara apply visa Australia.

Nah itulah 18 tempat wisata di Melbourne gratis untuk dikunjungi. Mau pergi ke yang mana? Kalau ada tambahan lain boleh tulis di komen ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *