Punya Bisnis Lokal? Daftar Google My Business Sekarang Juga!

Di jaman yang sudah serba digital, bisnis pun harus mulai paham dengan strategi digital marketing untuk meningkatkan online presence. Salah satu tools yang sangat penting untuk bisnis lokal adalah Google My Business atau Google Bisnisku.

Coba deh, kalau kamu baru saja pindah ke kota lain. Tiba-tiba lapar dan pengen nyari rumah makan. Sedangkan kamu belum terlalu mengenal kota tersebut, apa yang akan kamu lakukan?

Saya biasanya bakal buka Google Maps, kemudian search kata “rumah makan” atau “restoran” dan akan muncul pilihan rumah makan yang berada di dekat saya.

Cara kedua adalah masuk ke situs Google, dan juga mencari kata “rumah makan dekat saya” atau “restoran di dekat (nama area)”. Hasil pencarian yang keluar adalah list beberapa rumah makan.

tampilan google my business
Tampilan ketika melakukan pencarian

Baru deh, cek lokasinya, lihat menu makanannya, buka apa engga, reviewnya gimana, dan akhirnya memilih resto yang sesuai dengan keinginan.

Apakah kamu ngelakuin hal yang sama? Yep, berdasarkan sebuah survey, 82% dari pengguna smartphone melakukan pencarian “di dekat saya”. 

Nah, makanya sebagai pemilik bisnis kamu harus mendaftarkan bisnis kamu ke Google My Business agar bisnis kamu muncul ketika dicari oleh calon customer.

Scroll terus sampai ke bawah karena saya akan share tentang caranya.

Apa itu Google My Business? 

Google My Business adalah sebuah tools gratis yang disediakan Google untuk membantu bisnis atau organisasi untuk meningkatkan online presence di mesin pencarian Google dan juga Google Maps. 

Jika usaha atau bisnis kamu punya bangunan fisik, saya sarankan untuk menggunakan Google My Business agar bisa menarik lebih banyak customer.

Terutama kalau kamu belum punya website (walaupun saya sarankan harus punya website juga), kamu bisa mengatur informasi bisnis kamu seperti alamat, jam operasional, berinteraksi dengan calon customer, dan juga yang paling penting adalah meningkatkan exposure atau online presence.

Bisnis apa saja yang bisa memanfaatkan Google Bisnisku?

  1. Rumah makan, restoran, cafe.
  2. Salon, klinik kecantikan.
  3. Segala bentuk toko, mau toko buku, toko sembako, toko alat berat, toko baju, dll.
  4. Hotel, rumah sakit, bank, supermarket dll.

google bisnisku

cara menggunakan google my business

Dari gambar di atas kamu udah bisa lihat informasi yang berkaitan dengan bisnis tersebut seperti alamat, nomor telepon, jam buka, menu, review, foto. Bahkan ada tombol call to action seperti call, direction, website, reserve a table, atau place an order.

Baca juga: Mau dapat duit dari online? Cobain cara ini

Cara daftar Google My Business

Berikut adalah langkah-langkah atau cara daftar Google My Business: 

1. Login ke situs Google My Business

Buka situs  Google Bisnisku di sini dan sign in ke akun Google kamu. Kalau belum punya akun sebaiknya buat dulu di Gmail.

cara daftar google my business

2. Pilih “Add your business to Google”

3. Isi informasi yang diminta

Ikuti saja petunjuknya dan isi informasi yang diminta seperti:

  • Nama bisnis
  • Kategori bisnis
  • Alamat lokasi
  • Nomor telepon

Kamu hanya perlu mengisi informasi dasar, setelah jadi akun atau listingnya kamu bisa mengedit dan menambahkan foto, dll.

dashboard google bisnisku
Tampilan dashboard Google Bisnisku untuk melakukan edit

Cara verifikasi Google Bisnisku/Google My Business

Ada dua cara untuk verifikasi Google Bisnisku yaitu:

  1. Verifikasi melalui surat. Masukan informasi nama kemudian Google akan mengirimkan kamu surat yang berisi kode verifikasi. Ikuti saja langkah-langkahnya.
  2. Verifikasi melalui email atau telepon. Beberapa bisnis tertentu bisa melakukan verifikasi melalui email atau telepon yang bisa ditemukan di bagian “more options”

Mengoptimisasi Google My Business 

Ada beberapa tips agar listing Google My Business kamu bisa muncul di tampilan atas mesin pencarian Google atau Google Maps:

  1. Menambahkan cover foto dan foto pendukung lainnya yang sesuai dengan bisnis. Foto harus jelas dengan rekomendasi ukuran Landscape, 1080 x 608 pixels (min 480 x 270; max 2120 x 1192 px). Size foto maksimal 5 MB.
  2. Minta customer kamu untuk meninggalkan review. Ajaklah customer loyal kamu untuk meninggalkan review dengan memberikan insentif seperti diskon di kedatangan selanjutnya. Jangan lupa untuk membalas review dari customer.
  3. Tambahkan call to action button. Seperti membuat janji, melakukan pemesanan tempat. Biasanya fitur ini menggunakan third-party provider atau fitur dari website kamu.
  4. Selalu up to date dengan menambahkan status atau event. Jika kamu akan mengadakan event atau ada promosi terbaru, kamu bisa menambahkanya di akun Google My Business.

Baca juga: Cara meningkatkan engagement dan menambah followers di Instagram

Kesimpulan

Bisnis yang memiliki bangunan fisik bisa memanfaatkan Google Bisnisku agar dapat muncul di mesin pencarin Google.

Daftar Google My Business gratis kok alias tidak berbayar, jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan tools ini.

Saya sudah jelasin cara daftar Google My Business, cara menggunakannya, dan juga beberapa tips untuk mengoptimisasi. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *