6 Tempat Yang Wajib Kamu Kunjungi di Tasmania

wineglass bay Tasmania

Lama tinggal di Australia sebagai anak WHV, sebulan terakhir sebelum kelar saya memutuskan untuk road trip Australia. Tujuan pertama saya adalah Tasmania. Apa saja tempat wisata di Tasmania yang menarik?

Kenapa saya memilih untuk liburan ke Tasmania? Tasmania terkenal dengan alamnya yang sangat indah dan kalau dengar nama Tasmania rasanya ada sense of pureness and adventure gitu.

Cuma yang agak sulit bagi saya adalah dinginnya Tasmania karena letaknya yang dekat dengan Antartika. Taukah kamu kalau 40% dari pulau ini merupakan taman national yang biota alamnya dilindungi? Tasmania juga merupakan tempat yang paling bersih di dunia.

Cara Menuju Tasmania

Ada beberapa penerbangan dari Sydney, Melbourne, dan Brisbane menuju Tasmania. Sebaiknya terbang dulu ke Hobart atan Launceston. Saya terbang dari Sydney ke Hobart menggunakan Jetstar ($70) kemudian baliknya dari Launceston ke Melbourne ($45). Kalau dari Melbourne ada juga kapal feri menuju Devonport, Tasmania.

Cara paling gampang untuk mengelilingi Tasmania adalah dengan menyewa mobil. Bisa juga menggunakan bus Tassilienk, tapi mungkin kurang enak dibanding dengan menyewa mobil. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk traveling di Tasmania adalah seminggu.

Destinasi atau tempat wisata di Tasmania 

Berikut 6 tempat wisata di Tasmania yang wajib kamu kunjungi!

1. Hobart, ibukotanya Tasmania

Pertama kali landing di Hobart, ada perasaan yang tidak biasanya. Kota Hobart saat itu sangatlah sunyi. Setelah kian lama tinggal di Sydney, saya terbiasa tengan hiruk pikuknya Sydney, keramaian, dan bangunan tinggi. Sepertinya saya harus bangun dan beradaptasi.

Saya tiba di Hobart pada hari Minggu. Semua toko kebanyakan tutup bahkan saya tidak melihat banyak orang di jalanan. Akhirnya keesokan hari, kotanya lebih aktif. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan di Hobart seperti berkunjung ke Museum of Old and New Art (MONA) atau mendaki Gunung Wellington.

Saya suka nuansa chic di sekitar Salamance Place yang terletak disepanjang pelabuhan. Agak romantis romantis gitu, apalagi kalau dinner. Jika mau berkunjung cocoknya hari Sabtu, karena bakal ada Salamanca Market yang cuma dibuka pada harı Sabtu saja. Sayangnya saya tidak sempat kesana.

hobart tempat wisata Tasmania

2. Richmond

Terletak sekitar 20 menit berkendara dari Hobart, Richmond merupakan destinasi wisata di Tasmania yang cocok untuk day trip. Banyak rumah-rumah bergaya sederhana dengan bagian depan rumah yang indah.

Bangunnya juga dijaga sangat baik, mirip seperti bangunan di tempat-tempat menarik di Macau. Hanya dengan berjalan kaki saja rasanya asik banget. Duduk terus minum teh disini kayaknya asik deh, bawaannya santai banget seperti ala-ala lagi di Eropa.

objek wisata Richmond Tasmania

3. Freycinet National Park, cakep banget pantainya!

National park ini tersembunyi di bagian timurnya Tasmania, dikelilingi dengan birunya laut dan pair putih. Freycinet National Park ini sering dibicarakan oleh kalangan traveler dan pecinta pantai. Banyak aktivitas yang data dilakukan seperti trekking. Kalau istilah keren di Australia sebutannya bushwalking. Terus disini bisa juga ngeliat binatang liar.

Salah satu pantai yang tereletak di Freycinet National Park adalah Friendly Beach. Pasir disini lembut banget, dan landscapenya juga indah. Jangan lupa kunjungi Wineglass Bay. Walaupun harus olahraga dikit, tapi pemandangannya apik banget. By the way, saya sempat melihat paus liar disini!

friendly beach tempat wisata Tasmania

4. Ross, kota kecil yang sangat menenangkan

Ross merupakan contoh kota kecil dimana saya ingin menetap pas tua nanti. Nuansanya santai banget. Saya hanya ingin duduk dan bersantai. Ross terkenal dengan bakery yang telah Buka selama lebin dari 100 tahun.

Yang membuat bakery ini spesial adalah cari traditional memanggang atau baking kue menggunakan oven dari kayu bakar. Pas ngelihat kue-kue tertata di etalase, duh rasanya air liur bisa netes kali. Ada pie, kue tart, roti, semuanya keliahatn enak banget! Tempat lain yang bisa dikunjungi di Ross adalah exhibition center dan juga gereja tua.

Ross Tasmania

5. Cradle Mountain, wisata alam paling indah di Tasmania

Salah satu alasan mengapa saya pengen banget traveling ke Tasmania adalah Cradle Mountain. Puncak gunungnya yang dramatis dengan landscape yang sangat indah.

No wonder, Cradle Mountain ini merupakan salah satu objek wisata kebanggaanya Tasmania. Siapa sih yang datang ke Tasmania tapi enggak mengunjungi Cradle Mountain. Cradle Mountain adalah salah satu tempat wisata di Tasmania yang wajib dikunjungi.

cradle mountain objek wisata Tasmania

6. Marrawah

Sebenarnya saya enggak pernah dengar yang namanya Marrawah. Trus kebetulan travel mate saya ngajakin ke Marrawah yang terletak di sebelah utaranya Tasmania. Kota ini terminal untuk surfing. Di dearah ini kebanyakan adalah kebun hijau, jadi lebih cocok untuk yang suka kedamaian.

Marrawah Tasmania

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Tasmania yang tidak boleh terlewatkan kalau ingin berkunjung ke negara kangguru ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *