Catet! 25 Tempat Wisata di Sydney dari Gedung sampai Pantai!

pantai bondi di australia

Sydney dikenal sebagai kota di Australia yang memiliki tempat wisata khususnya wisata alam yang memukau. Banyak pantai indah di sekitar Sydney. Nah, mumpung saya pernah tinggal di Sydney selama setahun, saya mau sharing 25 tempat wisata di Sydney dan sekitarnya yang oke banget untuk dikunjungi.

Memilih Sydney sebagai tempat tinggal di saat saya menjadi pejuang WHV merupakan pilihan yang paling tepat bagi saya. Mungkin ada beberapa orang yang kurang setuju, tapi saya memiliki alasan yang kuat kenapa Sydney adalah kota yang oke bangen untuk ditinggali.

Ya, Sydney merupakan kota metropolitan. Kota ini sibuk, dinamis, sama seperti kota besar lainnya. Kamu bisa menemukan restoran apa aja dari restoran Asia, Italia, Perancis, cafe keren untuk brunch, shopping area yang keren, crazy nightlife, dan lainnya.

Jika daerah pusat kota atau disebut dengan CBD terlalu ramai bagi kamu, jangan khawatir. Di pinggiran Sydney banyak tempat yang asik untuk tempat tinggal dan pastinya jalan-jalan.

Kalau kamu anak pantai, pantai di bagian timurnya Australia enggak terkalahkan deh. Ombaknya yang cocok bagi peselancar, suasananya yang asik, bikini dan sixpack, ups!

Sydney juga dikelilingi taman nasional yang menawarkan pengalaman seru untuk trekking. Yang paling penting, traveling di Sydney murah banget!

Kalau pakai kartu transportasinya, namanya opal card tiap hari Minggu biaya yang perlu kamu keluarkan, kemanapun kamu pergi maksmimum hanya $2.8 saja! Jadi kalau udah terpakai $2.8, selebihnya gratis!

Kalau kamu berencana datang ke Sydney, silahkan baca tulisan saya tentang itinerary liburan ke Sydney selama 5 hari.

Berikut adalah 25 tempat wisata di Sydney yang bisa masuk ke list kamu!

1. Sydney Opera House

Tujuan utama kalau ke Sydney apalagi kalau bukan melihat Sydney Opera House-nya. Yep, bangunan dengan ciri khasnya yang unik telah menjadi ikonnya kota Sydney.

Di area yang juga disebut dengan Circular Quay menawarkan pemandangan langsung ke laut, kadang ada kapal pesiar bersandar juga loh! Tentunya area ini selalu ramai pengunjung, banyak cafe maupaun restoran.

Setiap hari Minggu ada pop up market yang diadakan di dekat The Rocks yang berlokasi tidak jauh dari area Circular Quay ini. Kamu bisa cobain snack lokal, beli produk atau suvenir khas lokal, atau hanya menikmati keramaian.

Cara ke Sydney Opera House: 

  • Train T2/T3/T8 dari Central Station – Circular Quay
tempat wisata sydney opera house
Sydney Operah House

2. Harbor Bridge

Ikon Sydney yang lainnya adalah jembatan yang bernama Harbor Bridge. Di jembatan ini ada jalur khusus untuk pejalan kaki. Kamu bisa melihat pemandangan Sydney Opera House dan juga Circular Quay dari atas jembatan.

Kalau lebih berani lagi, coba ikutan tur untuk memanjat jembatan Harbor Bridge ini. Kira-kira berani?

harbor bridge sydney
Harbor Bridge

3. Museum Contemporary Art

Suka dengan karya seni? Mumpung mampir ke Circular Quay sekalian juga mampir ke Museum Contemporary Art. Masuknya gratis! Lebih dari 4,000 hasil karya seni ditampilkan di sini. Boleh nih cuci mata.

4. Milsons Point

Nah, ketika menyebrangi Harbor Bridge kamu bisa pergi ke sebuah taman kecil yang dinamakan Milsons Point. Sore-sore saya senang ke Milsons Point karena bisa menyaksikan Kota Sydney dari sudut pandang yang berbeda.

Di dekat Milsons Point ada taman bermain yang disebut dengan Luna Park. Kalau kamu ada waktu bisa mencoba wahana-wahana seru di taman hiburan ini.

Cara menuju ke Milsons Point:

  • Train T11 dari Central Station – Milsons Point
Milsons Point Itinerary Sydney
Milsons Point

5. Darling Harbour 

Pelabuhan lain yang ada di Sydney adalah Darling Harbor. Di sini cukup banyak tempat wisata hiburan seperti Sydney Aquarium dan Madame Tussauds.

Cara menuju ke Darling Harbour: 

  • LRT L1 dari Central Grand Concourse – Paddy’s Market
tempat wisata darling harbor sydney
Darling Harbour

6. Sydney Fish Market

Ingin mencicipi seafood segar di Sydney? Wajib datang ke pasar seafood terbesar di Sydney yaitu Sydney Fish Market. Mau belanja ikan atau nyicipin makanan laut lain yang langsung dimasak di tempat, boleh banget nih!

Cara menuju Sydney Fish Market: 

  • LRT L1 dari Central – Fish Market
sydney fish market
Sydney Fish Market

7. Paddy’s Market/China Town 

Mau belanja suvenir murah bisa datang ke Paddy’s Market. Banyak pernak pernik atau barang lucu khas Sydney yang bisa kamu beli.

Tidak jauh dari Haymarket ada area China Town juga. Ramenya pas Jumat malam, banyak pedagang yang menjual jajanan enak dan murah.

8. Queens Victoria Building

Bangunan yang bergaya Eropa ini adalah pusat perbelanjaan kelas atas. Barang dagangan di sini bermerek semua. Di luarnya ada patung Queen Victoria sebagai tanda penghormatan kepada salah satu penguasa Inggris ini.

Cara menuju ke Queens Victoria Building: 

  • Train T4 dari Central – Town Hall
queens victoria building
Queen’s Victoria Building

9. Martin Place dan Westfield 

Suka wisata belanja? Datang aja ke Martin Place dan Westfield. Areanya berdekatan kok dan selalu ramai terutama di akhir pekan. Banyak brand seperti H&M, Zara, LV, dan lain-lain. Hati-hati jangan sampai laper mata terus habisin duit buat shopping.

martin place sydney
Martin Place di saat Vivid Sydney

10. Hyde Park

Setelah capek berbelanja di sekitar Westfield, tinggal jalan dikit udah nyampe kok di taman gede di tengah kota yang bernama Hyde Park. Kalau cuaca cerah banyak juga yang piknik di sini.

Di dekat taman ada sebuah gereja tua yang bernama St. Mary Cathedral. Jika tertarik, kamu bisa masuk ke dalam gereja tua ini dan melihat bagian dalam gereja.

itinerary sydney 5 hari
St Mary’s Cathedral

11. Pantai Bondi – Coogee

Pantai Bondi layak disebut sebagai pantai paling oke dan paling populer di Sydney. Dari kota ke Pantai Bondi hanya memakan waktu sekitar 30 menit, makanya sangat disukai semua orang.

Di sini ada jalur untuk pejalan kaki yang menghubungkan Pantai Bondi sampai Pantai Coogee. Sepanjang 6 km, kamu akan berjalan di sepanjang tepian laut dengan pemandangan yang wow!

Di sepanjang jalan ada 6 pantai lainnya. Favorit saya adalah Pantai Bronte dan Tamarama. Walaupun sering ke sini, tiap kali datang lagi pasti saya tetap terkagum-kagum dengan kecantikannya, apalagi pemandangan sekitar Waverly Cemetery – pemakaman dengan salib dan menghadap langsung kelaut, dan juga Bondi Iceberg Poolsinfinitiy pool di tepi laut.

pantai bronte tempat wisata alam di sydney

Cara Menuju ke Pantai Bondi:

  • Kereta dari T4 Central (Eastern Suburb Platform 24) sampai Bondi Junction dilanjutkan dengan bus nomor 333/380 sampai Pantai Bondi.
  • Bus nomor 404 dari Central stop B sampai Pantai Bronte.
  • Bus nomor 374 dari Central stop C sampai Pantai Coogee.

12. Blue Mountains

Dataran tinggi dengan tebing landai maupun jurang terjal, benar-benar deh Blue Mountains bakal buat siapapun yang datang terpesona. Langsung aja ke view point-nya untuk melihat Three Sisters – gundukan tiga batu yang kelihatan seperti kakak adik. Disini ada beberapa jalur untuk trekking, yang paling gampang adalah Prince Henry Cliff Walk.

blue mountains tempat wisata alam di sydney

Cara Menuju Blue Mountains:

  • Kereta Central (Blue Mountains Line Platform 7) sampai Katoomba dilanjutkan dengan  bus nomor 686 sampai Echo Point.

13. Wentworth Falls

Masih di area Blue Mountains, Wethworth Falls merupakan pilihan bagi kamu yang suka jalur yang lebih menantang. Berjalan di jalur ini memerlukan waktu sekitar 4-5 jam dan melalui beberapa air terjun, pemandangan lembah yang indah, dan hutan yang rindang. Jalurnya lumayan susah jadi pakailah sepatu yang nyaman dan bawa air yang cukup.

wenthworth falls air terjun tempat wisata alam sydney

Cara Menuju Wenthworth Falls

  • Kereta dari Central (Blue Mountains Line Platform 7) sampai Wentworth Falls.

14. La Perouse

Dari namanya aja udah cukup unik. Nama La Perouse diambil dari seorang navigator asal Perancis yang berlabuh di pantai bagian barat Botany Bay. Kelihatan sebuah area berbentuk pulau yang disebut dengan Bare Island.

Ada beberapa pantai bagus disekitarnya, contohnya Pantai Little Congwong. Pas kesini, saya melihat banyak yang nyelam. Ternyata La Perouse merupakan salah satu situs menyelam terbaik di bagian negara New South Wales.

La Perouse Sydney

Cara Menuju ke La Perouse:

  • Bus nomor 374 dari Central stop C sampai stop Flinders St Near South Dowling St dilanjutkan dengan bus nomor 399 sampai La Perouse.
  • Bus nomor 393 dari Central stop C sampai stop Anzac Pde Near Robertson Rd dilanjutkan dengan bus nomor 399 sampai La Perouse.

15. Pantai Palm

Sekarang pindah ke bagian utara, salah satu pantai kesukaan saya adalah Pantai Palm. Pantai ini lebih santai dan tenang dibandingkan dengan pantai di bagian selatan. Garis pantainya cukup panjang.

Kamu bisa jalan sampai ke Barrenjoey Lighthouse dan pemandangan di atas sana cakep banget. Kalau mau masuk ke dalam mercusuarnya bisa ikut guided tour seharga $5 untuk mengenal sejarah area ini.

Kabarnya dari atas sini kamu bisa melihat ikan paus bermigrasi di perairan Sydney loh!

pantai palm tempat wisata alam sydney

Cara Menuju ke Pantai Palm:

  • Kereta dari Central (T1 Platform 16) menuju Wynyard dilanjutkan dengan bus L90 ke Pantai Palm

16. Spit Bridge – Manly

Karena di Sydney banyak coastal walk, atau jalur antara satu pantai ke pantai lainnya, jalur yang lain selain Bondi-Coogee adalah Spit Bridge sampai ke Manly. Bedanya, jalur ini memotong area semak-semak dan melewati tepian pelabuhan.

Jalan dari Spit Bridge dan selesai di Manly kurang lebih memakan waktu 3-4 jam. Biasanya setelah sampai Manly saya langsung mentraktir diri sendiri es krim.

jalur spit bridge ke manly

Cara Menuju ke Spit Bridge:

  • Kereta dari Central (T1 Platform 16) sampai Wynyard dilanjutkan bus nomor 178 atau 179 dari Carrinton St stop C sampai dengan Spit Road Nr Parriwi Rd. Kalau mau kembali dari Manly ke kota bisa naik kapal feri dari Manly sampai ke Circular Quay dilanjutkan dengan kereta (T2 Platform 1) sampai Central.

17. Kiama Blowhole

Kiama Blowhole adalah gua alami di tepi tebing pantai dimana di saat-saat tertentu atau kondisi air laut tertentu akan membentuk percikkan air.

Terkadang tingginya bisa sampai 25 meter! Banyak yang penasaran ingin melihat fenomena alami ini. Untuk melihat letusan air ini harus agak sabar. Ketika melihat yang letusan air yang besar pastinya lebih puas.

Kiama Blowhole Sydney

Cara Menuju ke Kiama Blowhole:

  • Kereta dari Central (South Coast Line Platform 14) – Kiama.

18. Pantai Wollongong

Sebelum ke Kiama bisa main dulu ke Pantai Wollongong. Buat nambahin koleksi pantai di Sydney, hehe. Kamu bisa jalan kaki dari kota Wollongong untk sampai ke pantai. Di pantai ini ada fasilitas BBQ dan piknik. Pantai Wollongong juga terkenal dengan tandem skydive.

Pantai Wollonggong tempat wisata alam sydney

Cara Menuju Pantai Wollongong:

  • Kereta dari Central (South Coast Line Platform 14) sampai Wollongong.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Tasmania

19. Figure Eight Pool

Pas tau tentang tempat ini, saya membulatkan hati gimanapun harus bisa ke sini. Dari namanya bisa ketahuan kalau bentuknya seperti angka delapan.

Lokasinya terletak di Taman Nasional Royal. Kolam ini juga hanya muncul di saat air laut surut. Jadi sebelum ke sini cek dulu kondisi air lautnya.

Pas pertama ke sini saya nebeng mobil teman. Kami parkir di parkiran Garrawarra Farm. Dari sini trekking sekitar 3 jam pulang pergi. Sayangnya air laut lagi pasang jadi tidak bisa melihat Figure Eight Pool.

Kedua kalinya saya datang lagi menggunakan kereta sampai Stasiun Otford. Dari sini jalurnya lebih susah. Hampir 6 jam saya total waktu yang saya habiskan di sini. Walaupun jauh tapi pemandangannya spektakuler banget.

Dari stasiun, ikuti saja tandanya sampai Pantai Burning Palms. Kemudian lanjut sampai area yang berbatu-batu. Hati-hati di sini soalnya agak licin dan tajam. Sampai ujung kamu bakal lihat banyak kolam alami di bebatuan, nah salah satunya adalah Figure Eight Pool.

Pas ramai harus ngantri kalau mau berfoto. Sebenarnya kalau foto ini di zoom out, pasti kelihatan kaki orang lain. Jangan pergi terlalu jauh sampai ujung soalnya ombaknya bisa tiba-tiba datang. Dulunya pernah ada insiden pas ombak besar tiba-tiba datang dan melukai beberapa orang.

Cara ke Figure Eight Pool Sydney

Cara Menuju ke Figure Eight Pool:

  • Kereta dari Central (South Coast Line Platfrom 25) sampai Otford.
  • Kereta dari Central (South Coast Line Platform 17) sampai Helensburgh dilanjutkan kereta dari Platform 2 sampai Otford.

20. Wedding Cake Rock

Tempat wisata di Sydney lainnya dan juga berada di Taman Nasional Royal adalah Wedding Cake Rock. Kenapa disebut dengan Wedding Cake Rock? Karena batuannya yang berwarna putih dan terlihat seperti kue orang nikahan.

Area ini cukup rawan dan berbahaya. Sekarang ada pagar untuk kemanan tetapi masih ada orang yang melompati pagar dan mengambil foto di sini tanpa peduli bahanya. Jalur kesini lumayan gampang. Banyak batu-batuan dengan bentuk unik, serasa seperti di luar angkasa.

Bagian paling menarik adalah Marley Head. Di sini kamu bisa melihat pemandangan laut dan ombaknya yang berwarna seperti putih susu bergulung sampai pecah. Salah satu pengalaman paling indah bagi saya!

wedding cake rock tempat wisata alam di sydney

Cara Menuju ke Wedding Cake Rock:

  • Kereta dari Central (Eastern Suburbs Line Platform 25) sampai dengan Cronulla dilanjutkan dengan kapal feri sampai Bundeena.

21. Hunter Valley

Salah satu tempat wisata yang tidak bisa diakses dengan transportasi umum adalah Hunter Valley. Saya menyewa mobil bersama teman untuk main ke sini. Hunter Valley lebih mirip tempat liburan di pinggiran kota dimana banyak kebun anggur.

Di sini kamu bisa mengunjungi kilang anggur dan mencicipi wine. Lebih cocok untuk liburan bersama keluarga juga. Pas pulangnya, kami berhenti di Newcastle dan ternyata banyak juga tempat yang bagus yaitu Pantai Budgewoi dan Danau Macquarie.

Hunter Valley Sydney

22. Auburn Botanic Gardens

Terletak 20 km sebelah barat kota Sydney, Auburn Botanic Gardens memiliki pesona tersendiri. Cocok untuk trip singkat dari Sydney.

Tamannya didesain seperti taman di Jepang. Di tengah taman ada kolam berwarna kehijauan dan bebek-bebek bermain.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Auburn Botanic Gardens yaitu Cherry Blossom Festival yang diadakan tiap tahun. Kamu bisa melihat pertunjukkan budaya Jepang dan tentunya bunga sakura.

Auburn Japanese Garden Wisata Sydney

Cara Menuju Auburn Botanic Gardens:

  • Kereta api dari Central (T1 Platform 18 atau T2 Platform 19) sampai Auburn.

23. Morisset Park

Di Australia banyak binatang kangguru liar tapi tentuanya sulit untuk ditemukan di kota. Kalau mau ketemu mereka, langsung aja ke Morisset Park. Kangguru disini sangat bersahabat dan kamu bisa memberi makan dan ajakin kanggurunya selfie!

Melihat Kangguru di Sydney Morisset Park

Cara Menuju ke Morisset Park:

  • Kereta dari Central (Newcastle Line Platform 9) sampai Morisset.

24. Cronulla Beach

Pantai yang tidak terlalu saya sukai tapi kalau tertarik bisa coba mengunjungi juga. Area sekitarnnya lumayan santai dengan pertokoan dan cafe. Pantai ini terlalu ramai untuk saya, tapi cocok untuk keluarga. Lumayan lah, bisa berendam di tengah cuaca panas.

Pantai di Sydney Cronulla

Cara Menuju ke Pantai Cronulla:

  • Kereta dari Central (Eastern Suburbs Line Platform 25) – Cronulla.

Baca Juga: 18 Tempat Wisata di Melbourne Gratis

25. Pantai Maorubra

Tempat wisata di Sydney yang terakhir adalah Pantai Maorubra. Pertama kali saya nyobain BBQan di Sydney bersama teman-teman. Di taman area pantai ada area barbecue gratis untuk digunakan. Pantainya cuma 5 menit dari taman ini. Pantainya cakep juga!

Piknik di Sydney

Cara Menuju ke Pantai Maorubra:

  • Bus nomor 376 atau 395 dari Central Stand C sampai Pantai Maroubra.

Untuk transportasi umum biasanya saya start dari Stasiun Central karena stasiun ini adalah stasiun utama di Sydney dan kamu bisa naik kereta, bus, atau tram kemana aja di Sydney. Semua tempat wisata di atas kurang lebih berjarak 1-2 jam dari Stasiun Central.

Nah itulah 25 tempat wisata di Sydney yang bisa kamu kunjungi. Apalagi kalau kamu memang tinggal di Sydney, tiap weekend banyak tempat yang bisa di-explore!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *