Panduan dan Tips Liburan ke Gardens by the Bay, Singapura

liburan ke gardens by the bay

Salah satu destinasi atau tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Singapore (Singapura) apalagi kalau bukan Gardens by the Bay. Baca terus karena Nonanomad bakal kasih tips gimana caranya dapat tiket Garden by the Bay murah!

Kamu pasti sudah sering melihat foto-fotonya baik di Facebook maupun Instagram, dimana replika pohon-pohon besar dengan cahaya gemerlap bersinar di tengah kota Singapore.

Nah, konsep Gardens by the Bay ini pada dasarnya dibangun untuk menambah area hijau di Singapura yang berdampingan dengan gedung pencakar tinggi lainnya.

Gardens by the Bay terdiri dari tiga area yang berbeda dengan luas lebih dari 101 hektar – Bay South Garden, Bay East Garden, dan Bay Central Garden.

Banyak juga atraksi yang bisa kamu kunjungi khususnya untuk melihat koleksi tanaman yang didatangkan dari seluruh penjuru dunia.

Nah, karena areanya yang luas, sebaiknya kamu rencanakan terlebih dahulu mau berkunjung ke atraksi yang mana.

Di artikel ini saya akan berbagi tips tentang cara menuju Gardens by the Bay, harga tiket masuknya, dan atraksi apa saja yang bisa kamu kunjungi.

Bagaimana cara menuju Gardens by The Bay?

Cara untuk menuju Gardens by the Bay sangat gampang. Kamu tinggal naik MRT (circle line atau downtown line) dan turun di Stasiun MRT Bayfront. Setelah sampai di Stasiun MRT Bayfront, ambil exit B dan lanjut jalan kaki kurang lebih 3-5 menit ke Gardens by the Bay.

Berapa harga tiket masuk Gardens by The Bay?

Jadi di Gardens by the Bay itu ada banyak atraksi. Harga tiket masuknya pun sesuai dengan atraksi yang ingin kamu kunjungi yang berkisar antara SGD 8 – SGD 20.

Kamu bisa lihat tabel di bawah ini untuk harga tiket masuk sesuai dengan atraksinya.

AtraksiHarga Tiket (Dewasa)Harga Tiket (Anak-Anak)
Supertree GrooveGratisGratis
Supertree ObservatorySGD 14SGD 10
OCBC SkywalkSGD 8SGD 5
Flower DomeSGD 20SGD 12
Cloud ForestSGD 20SGD 12
Floral FantasySGD 20SGD 12
Far East Organization Children's GardenGratisGratis

Untuk atraksi Flower Dome dan Cloud Forest, kamu bisa beli tiket sekaligus untuk berkunjung ke dua tempat tersebut menggunakan tiket two conservatory, harganya pun jadi lebih murah yaitu SGD 28 (dewasa) dan SGD 15 (anak-anak).

Saya sarankan beli tiket lewat Klook saja, harganya lebih murah cuma SGD 23 (beli tiket) saja untuk Flower Dome dan Cloud Forest, lumayan kan hemat SGD 5.

Enaknya beli tiket lewat Klook juga kamu bakal dapat tiket online, jadi tidak perlu ngantri untuk beli tiket lagi, bisa langsung masuk.

Baca juga: Mengunjungi Pulau Ubin di Singapura 

Ada atraksi apa saja di Gardens by the Bay?

Seperti yang saya bilang sebelumnya, di Gardens by the Bay ada banyak atraksi yang bisa kamu datangi. Di bagian ini saya akan bahas satu-satu tentang atraksi menarik apa saja yang bisa kamu kunjungi.

1. Flower Dome

Pas baru sampai di Gardens by the Bay pasti kamu akan melihat dua bangunan kaca besar dengan bentuknya yang unik, salah satunya adalah Flower Dome.

Flower Dome adalah sebuah konservatori yang berisi tanaman yang tumbuh di iklim yang lebih kering atau di area gurun.

atraksi flower dome singapore
bunga di flower dome

Area di Fower Dome dibagi berdasarkan flora yang berasal dari Timur Tengah, Australia, Afrika Selatan, Amerika Selatan, dan California.

Di dalamnya ada beragam jenis tanaman kaktus, semak-semak, pohon baobab, dan pohon zaitun yang berumur ratusan tahun. Selain itu kamu juga bisa melihat bunga warna warni.

tempat wisata flower dome
Di dalam Flower Dome

2. Cloud Forest

Nah, di sebelah Flower Dome ada konservatori lain yang bernama Cloud Forest. Bedanya, jenis tanaman yang ada di Cloud Forest lebih ke tanaman jenis tropikal.

Memasuki Cloud Forest, kamu langsung disambut dengan air terjun setinggi 30 meter. Posisi tanamannya juga spesial yang berpusat di bagian tengah dome dan menjulang tinggi seperti sebuah gunung.

Setiap jamnya ada kabut yang menyelimuti area ini, rasanya benar-benar seperti berada di hutan atas gunung. Naiklah ke lantai yang paling tinggi yang bernama Lost World.

cloud forest gardens by the bay
Cloud Forest
air terjun cloud forest
Air terjun di Cloud Forest

Di sini kamu bisa lihat jenis vegetasi yang biasanya ditemui di ketinggian 2,000 meter di atas laut. Salah satunya yang unik ada tanaman karnivora, Bahasa Inggrisnya disebut pitcher plant, Bahasa Indonya saya kurang tau apa, hehe.

Nah, dari Lost World ini ikuti saja jembatan yang bernama Cloud Walk menuruni dan memutari “gunung” ini. Terlihat tanaman jenis pakis, bunga anggrek, dan tanaman hijau lain.

Lantai selanjutnya ada area Crystal Mountain dengan batuan stalaktit dan stalagmit. Di lantai dasar ada gallery dan theater untuk mempelajari tentang tanaman dan pelestarian lingkungan.

cloud forest singapore
Tanaman di Cloud Forest

3. Supertree Groove, Observatory, dan OCBC Skywalk

Ini nih, primadonanya Gardens by the Bay. Supertree Groove adalah pohon buatan yang terinspirasi dari pohon Baobab. Tingginya berkisar dari 25 – 50 meter dan totalnya ada 18 pohon.

Kamu bisa naik ke observatory atau OCBC Skywalk untuk merasakan sensasi berdiri di atas ketinggian. Kalau takut ketinggian jangan coba deh, di bawah aja haha.

Gardens by the Bay Singapore

Wajib banget nonton pertunjukkan lampu dan musik bernama Garden Rhapsody yang ditampilkan setiap malam jam 19:45 dan 20:45.

Pohon-pohon ini akan berubah warna seakan-akan menari sesuai dengan lantunan musik. Untuk nonton pertunjukkan ini gratis kok, jadi jangan sampai kelewatan ya.

supertree groove

4. Floral Fantasy

Nah, di Floral Fantasy kamu bisa berfantasi ria seperti di dunia Alice the Wonderland. Dengan hiasan bunga yang sangat indah, dipadukan dengan seni dan teknologi yang canggih, rasanya seperti mimpi.

Banyak bunga-bunga hias dengan warna yang cerah menghiasi taman dalam ruangan ini. Kamu bisa main ke Fantasy Theater dan nyobain pengalaman berpetualang dengan atraksi 4D ride.

Baca juga: Jalan-jalan ke Bugis dan Kampung Glam di Singapura

5. Far East Organization Children’s Garden

Kalau liburan bersama keluarga terutama membawa anak-anak, boleh nih main di Far East Organization Children’s Garden. Di sini kamu bisa mengajak si kecil main di taman dengan atraksi mainan yang seru.

Jangan lupa bawa baju renang dan baju ganti ya, soalnya ada area untuk basah-basahan. Atraksi ini dibuka setiap hari kecuali hari Senin.

Selain atraksi yang disebutkan di atas, masih banyak lagi area terbuka lain Sun Pavillion. Heritage Gardens, Dragonfly and Kingfisher Lake, dan Serene Garden.

Tapi kalau waktunya terbatas ya pilih beberapa saja, mungkin seperti konservatorinya, menonton pertunjukkan Garden Rhapsody, atau ke Children’s Garden.

Di Gardens by the Bay juga ada area makan yang bernama Satay by the Bay, boleh lah untuk makan-makan kalau lapar. Ada resto seafood, Thai food, makanan halal, sate dan lainnya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengitari area ini? Menurut saya sih start siang hari bisa ya, sekitar jam 3 bisa main ke konservatori dulu, kemudian agak sore atau malaman pergi ke Supergroove Tree.

Sekian tips saya tentang apa saja yang bisa dilakukan di Gardens by the Bay. Mudah-mudahan ada bayangan lebih jelas tentang atraksi wisata di Singapura ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *