SEA Aquarium Singapore, Tebak Nama Ikan Yuk!

mengunjungi sea aquarium singapore

Jangan lewatkan SEA Aquarium Singapore ketika berwisata ke Singapura! Baca pengalaman saya melihat ikan-ikan lucu di akuarium raksasa ini lengkap dengan panduan cara ke sana, cara dapat tiket dengan harga murah, dan intip foto-fotonya!

Cara menuju SEA Aquarium Singapore

Lokasi SEA Aquarium Singapore berada di Resort World, Pulau Sentosa, sama seperti atraksi wisata Universal Studio. Untuk menuju ke aquarium ini, kamu bisa naik MRT sampai dengan Stasiun HarbourFront (VivoCity).

Nantinya kamu akan sampai di Mall VivoCity, langsung saja naik ke lantai 3 untuk melanjutkan perjalanan dengan kereta komuter yang bernama “Sentosa Express”.

Harga tiket untuk Sentosa Express adalah SGD 4. Ada tiga pemberhentian yaitu – Resort World Station – Imbiah Station – Beach Station.

Nah, kamu tinggal turun di Resort World Station (ga sampai 5 menit) dan ikuti saja petunjuk untuk berjalan sampai ke SEA Aquarium.

cara menuju sea aquarium
Stasiun di VivoCity

Harga tiket SEA Aquarium Singapore

Harga tiket SEA Aquarium Singapore adalah SGD 41 (13 – 59 tahun), SGD 30 (4 – 12 tahun), dan SGD 30 (60 tahun ke atas).

Saya sarankan beli tiketnya lewat Klook saja, harganya jauh lebih murah, untuk dewasa cuma SGD 36, anak-anak dan lansia berumur 60 tahun ke atas cuma SGD 26 saja!

Lumayan kan hemat SGD 5 per orangnya. Nanti kamu dapat tiket online jadi tidak perlu lagi ngantri untuk beli tiket on the spot.

Klook.com

Kamu juga bisa bertatapan langsung dengan lumba-lumba lucu dengan tambahan tiket seharga SGD 15.

Update Oktober 2020: Karena situasi Covid-19, jumlah pengunjung dibatasi sehingga harus book tanggal terlebih dahulu melalui situs resmi Resort World

Jadwal operasional SEA Aquarium Singapore: 

  • Senin dan Selasa: 10 pagi – 5 sore
  • Sabtu, Minggu, dan hari libur: 9 pagi – 5 sore
  • Rabu, Kamis, dan Jumat: Tutup

Baca juga: Berkunjung ke Gardens by the Bay, cek harga tiket masuknya! 

Pengalaman berkunjung ke SEA Aquarium 

Setelah dipikir-pikir saya baru pertama kali ini mengunjungi akuarium raksasa. Biasanya kalau lihat ikan suka langsung snorkeling aja di laut, hehe.

Tapi ya mumpung lagi belum bisa traveling di tahun ini dan kebetulan saya stuck juga di Singapura, ya mending eksplor wisata dalam negerinya saja.

SEA Aquarium Singapore, singkatan dari South East Asia Aquarium adalah oseanarium kedua terbesar di dunia yang menampung lebih dari 100,000 ikan.

Pas masuk SEA Aquarium, bagian pertama langsung ada terowongan dengan kaca tembus pandang sehingga bisa melihat berbagai ikan lalu lalang.

Bagus banget! Ada pari manta, ikan hiu, ikan-ikan jenis lainnya yang namanya pun tidak saya ketahui. Berasa lagi diving, coba deh diam sejenak di tepi dan melihat ke atas.

Zona yang berbeda dengan ciri khas lautan di seluruh dunia

Setiap zona disesuaikan dengan habitat asli mereka yang tersebar di seluruh dunia. Totalnya ada 10 zona, termasuk lautan di sekitar Indonesia seperti Laut Jawa, Laut Cina Selatan, Selat Malaka.

Klook.com

Tau kan kalau Indonesia terletak di segitiga karang dunia, keragaman hayati bawah laut di sekitar Indonesia sangatlah penting demi keseimbangan ekosistem yang patut kita jaga.

Ada juga zona dengan jenis ikan yang berada di Laut Andaman, Laut Merah, Teluk Bengal, dan lainnya.

Baca juga: Pegalaman naik cruise dengan Genting Dream Cruise

sea aquarium singapore

Menyaksikan ubur-ubur berwarna-warni

Bagian favorit saya adalah ubur-ubur! Ada empat aquarium berbeda yang menampilkan jenis ubur-ubur yang berbeda juga. Pencahayaan di aquarium berubah warna seakan-akan ubur-uburnya yang berubah warna.

Taukah kamu kalau ubur-ubur terdiri dari 90% cairan? Ada yang memiliki tentakel panjang, ada juga yang imut seperti jamur, mirip seperti ubur-ubur tanpa sengat yang saya lihat di Danau Mariona, Pulau Togean.

Ukuran ubur-ubur juga berbeda-beda dan tinggal di kedalaman yang berbeda juga. Bahkan menurut penelitian, ubur-ubur sudah ada dari jaman purbakala dulu.

Rasanya seperti tersedot ke dunia yang berbeda ketika saya memperhatikan ubur-ubur yang melayang dalam air. Sesekali warna-nya yang seharusnya bening berubah merah, hijau, biru, ungu. Seperti melihat bintang di malam yang gelap.

ubur ubur warna warni
Ubur-ubur di SEA Aquarium
ubur ubur cantik
Ubur-ubur dengan tentakel panjang

Menyaksikan lumba-lumba yang sedang asik bermain

Binatang yang dikenal memiliki otak yang cerdas ini bisa juga kamu temukan di SEA Aquarium. Gerakannya lincah mengitari kolam.

Sesekali lumba-lumba tersebut bermain satu sama lain, saling kejar-kejaran dan berputar dalam air. Mamalia ini juga sangat ramah. Sesekali mereka mendekati kaca seperti sedang memberi salam kepada para pengunjung.

Jika kamu ingin bermain bersama lumba-lumba ini secara langsung ada sesi atau paket atau sesi khusus yang bisa kamu ambil dengan tambahan tiket SGD 15.

lumba lumba aquarium singapore
Lumba-lumba di aquarium Singapura

Open Ocean Tank, aquarium raksasa! 

Ini dia, akuarium raksasa yang menampung mungkin ribuan jenis ikan! Bisa dibilang highlight utama dari SEA Aquarium Singapore.

Ikan pari manta dengan anggun berenang, ikan-ikan kecil tersebar dimana-mana. Hiu palu dengan cueknya berenang. Di open ocean tank kamu bisa mencoba pengalaman unik makan di restoran Ocean Restaurant dengan view langsung ke tank raksasa ini.

Tebak-tebakan ikan 

Selain menghibur, liburan ke SEA Aquarium bisa menambah pengetahuan juga loh. Ada banyak ikan yang bahkan tidak saya ketahui sebelumnya. Seru juga kan kalau tebak-tebakan sama keluarga atau teman.

Klook.com

FYI, pertama kali juga saya melihat kuda laut secara langsung ternyata mereka mini banget. Coba tebak, foto dibawah ini jenis ikan apa hayoo.

ikan di sea aquarium

Melihat hiu dari dekat 

Di bagian terakhir sebelum pintu keluar ada terowongan lagi, tapi yang ini didominasi dengan hiu! Yep, ikan jenis predator ini bisa kamu lihat dari dekat tanpa takut bakal kena gigit.

Ada satu jenis ikan hiu, saya pun tidak tau namanya apa tapi warnanya putih dan panjang banget, diam aja dipojokan tidak gerak. Ada juga satu hiu besar yang terlihat sudah berumur dengan giginya yang tajam.

cara menuju sea aquarium singapore

Saya tidak menyangka ternyata akuarium ini sebesar ini. Pas sekarang saya tulis di blog baru tau kalau SEA Aquarium adalah akuarium terbesar di Asia Tenggara, bahkan kedua di dunia setelah China.

Kalau liburan ke Singapura dan berencana main ke Sentosa bisa sekalian mengunjungi akuarium ini dan juga Universal Studio.

Klook.com 

Karena saya sudah pernah ke Universal Studio sebelumnya, setelah dari SEA Aquarium saya naik “Sentosa Express” ke pemberhentian Beach Station dan duduk di beach club yang ada di sana.

Ada beberapa pantai yang bisa kamu datangi di Pulau Sentosa, seperti Siloso Beach atau Tanjong Beach. Pantainya seadanya aja sih, kalau dibandingkan pantai di Bali ya mungkin masih kalah.

Bisa juga sewa sepeda untuk keliling Pulau Sentosa atau mencoba rute trekking yang disediakan, seperti yang saya lakukan di Pulau Ubin. Pulau Sentosa ternyata tidak terlalu besar kok! Seharian main di sana puas deh!

Sekian pengalaman saya liburan ke SEA Aquarium Singapore, komplit dengan cara ke sana dan juga harga tiket masuknya. Mudah-mudahan informasi dan foto-fotonya bisa menginspirasi kamu untuk berkunjung ke tempat wisata ini!

 

One Reply to “SEA Aquarium Singapore, Tebak Nama Ikan Yuk!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *