10 Tempat Wisata di Phuket yang Wajib Kamu Kunjungi!

tempat wisata di phuket

Thailand dikenal sebagai negara yang memiliki pulau dengan pantai yang indah, terutama di bagian Selatan. Destinasi wisata pantai yang terkenal di bagian Selatan apalagi kalau bukan Phuket.

Dua kali saya liburan ke Phuket. Selain harga tiket pesawat yang cukup murah, bisa bersantai juga menghabiskan waktu hopping island dari satu pulau ke pulau lain.

Cukup banyak tempat wisata di Phuket yang bisa kamu jelajahi, mulai dari wisata pantai, kuil, sampai hiburan malam. Saya akan sharing lebih ke wisata Pulau Phi Phi, karena dua kali saya jalan-jalan ke Phuket, dua duanya juga ke Pulau Phi Phi.

Waktu terbaik untuk liburan ke Phuket

Waktu terbaik untuk liburan ke Phuket adalah dari bulan Desember sampai Maret. Langitnya cerah, matahari bersinar sepanjang hari, jarang hujan, air laut juga relatif tenang.

Hanya saja pada saat ini banyak banget turis yang datang jadi bakalan ramai. Ya bisa dibilang awal tahun adalah high-season-nya Phuket.

Kalau mau nyari yang agak sepi, mungkin bisa datang pas bulan April atau Mei. Cuacanya juga masih bagus, belum musim hujan.

Rekomendasi penginapan di Phuket

Kalau mau nyari penginapan di Phuket, yang paling populer adalah di sekitar Pantai Patong. Di sinilah pusat keramaian Phuket. Kalau di Bali ya mirip Pantai Kuta.

Banyak banget pilihan hostel maupun hotel dengan harga yang terjangkau. Cek aja di aplikasi pesan hotel seperti booking.com. Beberapa rekomendasi penginapan di Phuket ada White Wall Poshtel, Book a Bed Poshtel, dan Baan Baan Hostel.

Tempat wisata di Phuket yang wajib dikunjungi

Nah, sekarang kita masuk destinasi atau tempat wisata mana saja yang terkenal dan wajib dikunjungi di Phuket.

1. Pulau Phi Phi

Tujuan utama saya liburan ke Phuket adalah berkunjung ke Pulau Phi Phi. Saya ikutan one day tour yang dilaksanakan oleh operator lokal dan mengunjungi pulau-pulau di sekitar.

Harga paket tour hopping island Pulau Phi Phi sekitar 1,200 baht. Kalau dirupiahin berarti sekitar Rp 600,000. Harga sudah termasuk makan siang. Kamu bisa cek situs ini untuk paket tour yang tersedia.

Memang tidak murah, tapi ya mau gimana lagi. Saya kepengen banget melihat Pulau Phi Phi terutama Maya Bay karena ciri khas atau daya tarik pulau-pulau disekitar sini adalah batuan karstnya yang mirip seperti Raja Ampat atau Palawan.

Pulau-pulau yang saya kunjungi adalah:

Bamboo Island

Bamboo Island adalah sebuah pulau kecil yang tidak jauh dari Pantai Ao Nang di Krabi. Sebuah pulau kecil dengan pantai putih bersih sehalus tepung.

Mirip seperti Pantai Bira di Sulawesi, hanya saja di sini lebih sepi. Berjalan mengelilingi pulau ini tidak terasa capek, malahan seru. Di sisi lain ada gugusan batu, air lautnya juga bening mengkilau.

Tidak jauh dari garis pantai, sekitar 50 meter ada spot snorkeling bernama coral garden. Saya tidak snorkeling jadi saya kurang tau kondisi karang di sekitar sini bagaimana.

pantai di phuket
Bamboo Island

Viking Cave

Nama goa ini terinspirasi dari ukiran di dinding goa yang terlihat seperti kapal viking. Di dalam goa ini banyak sarang burung yang juga merupakan mata pencaharian dari penduduk lokal.

Mereka menyusun batang bambu sehinggi bisa dipanjat untuk mengambil sarang burung yang kemudian dijual. Sarang burung ini dikonsumsi karena memiliki khasiat yang tinggi, harganya pun mahal.

viking cave phi phi
viking cave phi phi

Phi Phi Ley

Spot ini benar benar seperti surga! Saya tidak nyesal bayar mahal-mahal untuk datang ke tempat yang sangat luar biasa ini. Kapal yang membawa saya dan tamu lainnya menyusuri teluk yang dikelilingi bukit karst yang menjulang tinggi!

Rasanya seperti berpindah ke dunia lain. Airnya biru banget! Cakep banget pokoknya. Saya berasa kecil di antara batuan raksasa. Pengennya sih stay lebih lama di sini, tapi kapal kami hanya melaluinya selama 10 menit saja. Benar-benar puas deh!

pulau phi phi phuket
Birunya air laut!

Maya Bay

Destinasi wisata di Pulau Phi Phi yang tidak kalah menariknya adalah Maya Bay. Di sinilah lokasi syuting film “The Beach” yang menjadi terkenal dan akhirnya ramai dikunjungi turis.

Pantainya ramai sekali, penuh dengan wisatawan asing berbikini. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pemandangan di Maya Bay sangat spektakular, bagaikan seni yang memuaskan mata.

Phi Phi Don

Sampai deh di pulau utama yaitu Pulau Phi Phi. Mau nginep di pulau ini kayaknya ga bakal sanggup deh, soalnya banyak resort mewah. Lebih cocok untuk honeymoon atau bersama keluarga.

Di pulau ini kami berhenti untuk makan siang. Fasilitas di pulau ini juga lengkap, mau party, spa, diving, semuanya ada. Kamu bisa ikutan trip diving juga. Pulau Phi Phi terkenal memiliki aneka ragam biota laut yang tidak boleh terlewatkan.

Jika menginap di Pulau Phi Phi ada juga objek wisata yang bisa dikunjungi contohnya viewpoint yang berada di atas bukit untuk melihat pemandangan laut yang indah. Ada juga pantai-pantai lain seperti Yao Beach, Lanti Beach, Ton Sai Beach, dan lainnya.

pulau phi phi
Pulau Phi Phi

Monkey Beach

Spot terakhir dari trip ini adalah Monkey Beach. Saya sempat snorkeling, cukup mengecewakan. Terumbu karang banyak yang rusak, visibilitas kurang baik, tidak banyak deh yang bisa dilihat.

Baca juga: Tempat Wisata di Chiang Mai dan Chiang Rai

wisata pulau phuket
Monkey Beach

2. Pantai Patong

Di sini nih, lokasi yang paling ramai dan juga pusatnya wisata di Phuket. Pantainya sih tidak terlalu bagus ya, biasa saja. Tapi dari segi lokasi sangat strategis karena banyak penginapan dan restoran.

Selain itu kalau mau ambil paket tour untuk hopping island lebih gampang dari sini juga. Kalau kamu mau menikmati suasana malam di Phuket, cari penginapan di sekitar Pantai Katong.

3. Bangla Road

Masih di area Patong juga, Bangla Road adalah pusat hiburan malam-nya Phuket. Banyak banget turis atau backpacker muda yang berpesta di malam hari.

Kerlap kerlip lampu neon di malam hari, dentuman musik dari bar-bar, gadis-gadis yang bekerja di bar mengajak turis untuk datang ke bar. Rame deh pokoknya!

Kalau kamu suka dunia malam ya boleh coba ke salah satu bar dan bersenang-senang. Kalau bawa anak-anak mungkin kurang cocok ya, hehe.

Nah, di sekitar Bangla atau Patong ada pertunjukan ladyboy yang terkenal, namanya Simon Cabaret. Pementas yang sangat piawai dalam menghibur penonton ditambah kostum yang meriah, kalau ada budget lebih boleh coba nonton.

4. Wat Chalong

Bukan Thailand namanya kalau tidak ada kuil. Di Phuket sendiri ada sekitar 27 kuil, yang paling terkenal adalah Wat Chalong. Letaknya cukup jauh dari Pantai Patong, sekitar 18 km.

Untuk kesini kamu bisa sewa motor, mobil, atau naik taksi. Desain Wat Chalong sangat indah, bentuk bangunannya juga ya seperti kuil Thailand pada umumnya.

Banyak penduduk lokal yang datang beribadah dan percaya bahwa kuil ini membawa berkah. Selain itu kuil ini juga memilih area taman yang hijau dan indah.

Baca juga: Harga tiket masuk Grand Palace Bangkok

wat chalong phuket
Wat Chalong

5. Big Buddha

Big Buddha atau Patung Buddha raksasa adalah destinasi wisata di Phuket yang sangat terkenal dan penting bagi masyarakat Thailand.

Patung dengan tinggi 45 meter ini terletak di area perbukitan yang dapat dicapai melalui jalan berlikut. Dari atas sini kamu bisa melihat pemandangan 360 derajat Phuket.

big buddha di phuket
sumber

6. Pantai Kata

Pantai lain yang ada di Phuket selain Patong adalah Pantai Kata. Dengan garis pantai sepanjang 1.5 km, pantai ini juga disukai wisatawan karena indah dan tidak seramai Patong. Kalau ada waktu lebih jangan lupa berkunjung ke sini!

7. James Bond Island

Coba tebak kenapa disebut James Bond Island? Yep, pasti ada hubungannya dengan film James Bond. Dari semua pulau di Pha Nga Bay, Pulau James Bond memiliki bentuk bantuan karang yang unik.

Pulau ini dapat dicapai dengan one day trip juga dari Phuket. Aktifitas yang bisa dilakukan selain snorkeling juga kayaking.

8. Promthep Cape

Nah, untuk melihat panorama matahari terbenam bisa datang ke Promthep Cape. Spot ini sangat terkenal bagi turis sehingga selalu ramai dikunjungi, terutama di sore hari.

Kamu bisa melihat pemandangan Laut Andaman dari atas bukit ini. Di sini juga ada mercusuar sebagai museum yang menyimpan artefak dari laut.

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Tasmania, Australia

wisata phuket promthep
sumber

9. Karon View Point

View point lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Karon View Point. Dari sini pemandangan tiga pantai di sisi barat pulau yaitu Kata Noi, Kata Yai dan Pantai Karon yang dikelilingi bukit-bukit hijau.

10. Phuket Old Town

Yang terakhir, jangan lupa mampur juga di kota tua-nya Phuket atau disebut dengan Phuket Old Town. Bangunan dengan style campuran Asia dan Portugis dengan warna yang lucu, asik buat jalan-jalan.

Berjalanlah di sekitar Soi Romanee atau Thalang Road. Kamu bisa menemukan cafe, toko antik, dan juga museum. Selain itu, di kota tua Phuket juga ada beberapa kuil pengaruh kebudayaan China seperti Jui Tui Shrine dan Sang Tham Shrine.

Itulah 10 tempat wisata di Phuket yang wajib kamu kunjungi jika berencana liburan ke Phuket. Destinasi mana yang ingin kamu kunjungi?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *