Tips Liburan ke Grand Palace Bangkok

Liburan Grand Palace Bangkok

Salah satu objek wisata yang didatangi pengunjung jika liburan ke Bangkok atau Thailand pastinya adalah Grand Palace.

Terletak di pusat kota Bangkok, Grand Palace merupakan tempat suci, rumah bagi Sang Raja Thailand dan juga kursi administrasi pemerintahan selama 1,500 tahun.

Dengan luas area sebesar 218,400 meter persegi, kompleks ini dikelilingi dengan tembok putih. Apa saja yang bisa dilihat di dalam Grand Palace?

Cara Menuju Grand Palace Bangkok

Kalau kamu memang menginap di area Khao San Road, kamu tinggal jalan kaki hanya sekitar 15 – 20 menit ke Grand Palace.

Kalau kamu stay di area lain, cara paling gampang untuk mencapai Grand Palace adalah melalui sistem kereta bawah tanah di Bangkok, yang dikenal sebagai BTS.

Ambil Jalur Silom ke Stasiun Saphan Taksin atau juga dikenal sebagai Stasiun S6. Keluar melalui Pintu Keluar No. 2, dan cari dermaga untuk Chao Phraya Express Boat.

Dengan menggunakan Chao Phraya Express Boat, kamu bisa ambil beberapa rute; rute “bendera oranye,” “bendera hijau” dan “tanpa bendera” dengan tujuan Grand Palace.

Rute mana pun yang Anda ambil, turunlah di perhentian No. 9, yang merupakan Dermaga Tha Chang. Nah dari dermaga ini hanya tinggal 5 – 10 menit berjalan kaki dan sampai deh di Grand Palace

Baca Juga: Panduan Lengkap Melihat Matahari Terbit di Bagan, Myanmar

Harga Tiket Masuk Grand Palace Bangkok 

Harga tiket masuk Grand Palace Bangkok adalah 500 baht perorang. Cukup mahal untuk objek wisata di Bangkok. Grand Palace dibuka dari jam 8.30 pagi sampai 3.30 sore.

Kamu bisa beli tiket secara online di sini dan bisa ikutan guided-tour juga untuk mengelilingi Grand Palace dan Emerald Buddha.

Jika kamu ingin liburan ke Grand Palace, pastikan kamu memakai pakaian yang sopan karena peraturan disini cukup ketat.

Tidak boleh memakai celana pendek, kaus tanpa lengan, atau legging. Di sini ada tempat peminjaman sarung gratis dengan deposit sebesar 200 baht.

harga tiket masuk grand palace
Gerbang megah Grand Palace

Pengalaman Liburan ke Grand Palace

Setelah memasuki gerbang utama, area pertama yang saya kunjungi adalah sebuah lorong dengan lukisan mural indah di dinding. Lukisan ini menggambarkan cerita tentang Ramayana.

Kalau dipikir-pikir sejarah di dunia ini sepertinya berhubungan satu sama lain. Walaupun cerita Ramayana dikenal dari kebudayaan orang India, tetapi kenapa Thailand dan Indonesia memiliki cerita yang mirip. Apakah memang ada hubungannya?

Baca juga: Liburan seru ke Phuket dan Pulau Phi Phi 

panduan liburan ke grand palace
Lukisan di dalam Grand Palace

Apa yang tampak di luar benar-benar berbeda dengan di dalam. Dari luar tembok kelihatannya simple tetapi pas di dalam semuanya penuh dengan warna emas dan megah sekali. Benar-benar layak disebut sebagai istana. Dinding, patung, dan stupa didesain indah dan disempurnakan dengan lapisan emas mengkilap.

Liburan Grand Palace
Stupa berwarna emas

Di sisi lain kompleks Grand Palace terdapat sebuah kuil paling suci di Thailand yaitu Wat Phra Kaew, atau disebut juga dengan Temple of Emerald Buddha.

Ada sebuah patung Buddha kecil yang dipercaya telah berumur lebih dari 2,000 tahun yang lalu. Patung ini terbuat dari batu giok walaupun dulunya dipercaya terbuat dari zamrud. Mengambil foto dilarang di dalam kuil suci ini.

Baca juga: Tips liburan ke Chiang Mai dan Chiang Rai, Thailand

Patung Buddha

Lapangan di bagian tengah dan luar lebih moderen dengan lantai berbatu besar. Gaya bangunannya dicampur dengan gaya kolonial sedangkan atapnya masih dibuat dengan arsitektur Thailand. Terlihat beberapa penjaga sedang bertugas dengan senapan di tangan.

cara menuju grand palace bangkok
Bangunan lebih moderen dengan desain kolonial
Penjaga di Grand Palace

Berapa lama kira-kira waktu yang diperlukan untuk menjelajahi Grand Palace? Kalau saya menghabiskan waktu lebih dari 2 jam. Kamu juga bisa berkunjung ke Wat Pho, salah satu kuil di Bangkok.  Banyak juga foto-foto yang bisa saya ambil di Grand Palace Bangkok.

 

One Reply to “Tips Liburan ke Grand Palace Bangkok”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *