Contoh Recommendation Letter dan Study Plan untuk Beasiswa

contoh recommendation letter bahasa inggris beasiswa

Recommendation letter (surat rekomendasi) dan study plan termasuk dalam syarat dokumen yang diminta ketika mendaftar beasiswa. Saya akan kasih contoh recommendation letter dan study plan yang saya lampirkan ketika melamar beasiswa Chinese Government Scholarship.

Tujuan recommendation letter untuk beasiswa

Recommendation letter adalah surat rekomendasi yang diberikan oleh guru, dosen, bisa juga atasan kamu bekerja.

Surat rekomendasi ibaratnya seperti testimoni terhadap sikap, potensi, maupun kemampuan akademis kamu yang menjadi bahan pertimbangan apakah kamu qualified untuk mendapat beasiswa.

Kamu bisa minta recommendation letter dari siapa saja, tapi menurut saya, semakin tinggi posisi orang tersebut atau memiliki kredibiltas yang baik, maka akan lebih bagus untuk kamu juga.

Ketika saya apply beasiswa, saya meminta dosen saya yang juga merupakan kepala fakultas untuk menulis dan menandatangani recommendation letter saya.

Contoh recommendation letter dalam Bahasa Inggris

Kurang lebih isi recommendation letter bisa dibagi menjadi : 

  1. Pembuka. Kalimat pembuka yang menyatakan niat untuk merekomendasikan kamu sebagai pelamar beasiswa.
  2. Isi surat. Penjelasan tentang karakter kamu, prestasi yang pernah kamu raih, apakah kamu aktif di organisasi,dll.
  3. Penutup. Kalimat penutup beserta alamat email atau kontak dari pemberi rekomendasi. Diakhiri dengan tanda tangan, nama, title, dan juga nama organisasi.

Akan lebih baik jika surat rekomendasikan menggunakan kop surat dari universitas atau organisasi, dan disertai dengan cap.

Jujur dari pengalaman saya pernah meminta surat rekomendasi baik dari dosen atau atasan, mereka bakal minta kita yang menulis dan mereka hanya tinggal tanda tangan.

Baca juga: Cara Apply Beasiswa Full Kuliah S1 di President University

contoh recommendation letter bahasa inggris
Contoh recommendation letter bahasa inggris

 

Contoh surat rekomendasi Bahasa Inggris
Contoh surat rekomendasi Bahasa Inggris

Contoh study plan untuk melamar beasiswa

Study plan juga merupakan salah satu persyaratan untuk mendaftar beasiswa Chinese Government Scholarship.

Intinya sih di study plan kamu bisa menulis tentang background kamu, motivasi kamu kuliah ke China, dan juga rencana studi kamu.

Study plan dalam Bahasa Inggris berisi beberapa poin ini: 

  1. Paragraf pembuka. Kenalkan diri kamu secara singkat dan sebutkan keinginan kamu untuk melanjutkan studi di China, bisa juga negara tujuan lainnya.
  2. Introduction of background. Penjelasan tentang diri kamu lebih mendalam, seperti jurusan kamu sebelumnya, alasan kamu ingin memilih jurusan yang diinginkan di universitas tujuan. Selain itu bisa juga tulis prestasi kamu yang kira-kira bisa meyakinkan penyeleksi untuk memberi beasiswa kepada kamu.
  3. Reason why I choose to study in China. Paragraf ini berisi alasan yang membuat kamu ingin kuliah ke China. Contohnya, karena tertarik dengan kebudayaannya, atau ngerasa di China kesempatannya besar, jelaskan alasan-alasan secara tulus sungguh-sungguh yang bisa mengguggah emosi penyeleksi.
  4. Why I choose (nama universitas). Jelaskan kenapa kamu memilih universitas tujuan, contohnya: “Saya memilih universitas ini karena setelah saya research, universitas ini memiliki keunggulan dalam jurusan yang saya inginkan.
  5. Detailed study plan. Rincikan secara lebih detil kurang lebih seperti apa rencana studi kamu. Kamu bisa cek di situs universitas biasanya ada kurikulumnya, misalnya semester pertama kamu mau ambil mata kuliah ini, semester kedua, terus di semester terakhir kamu akan melakukan riset, dan kira-kira akan tamat di bulan dan tahun berapa.
  6. Plan after graduation. Kamu bisa menulis rencana kamu setelah tamat, apakah mau stay di China, atau lanjut kuliah lagi, atau kembali ke Indonesia untuk menerapkan ilmu yang kamu dapat.

Sayangnya saya ga bisa ketemu study plan yang pernah saya buat untuk melamar beasiswa, tapi saya ingat kalau saya ikutin contoh atau format dari study plan ini.

contoh study plan bahasa inggris beasiswa
Contoh study plan bahasa inggris beasiswa (sumber)

Penutup

Kira-kira begitulah contoh recommendation letter atau surat rekomendasi dalam Bahasa Inggris untuk melamar beasiswa, dan juga contoh study plan. Baca juga contoh research proposal dalam Bahasa Inggris untuk beasiswa. Jika ada pertanyaan bisa tanya di kolom komentar. Good luck ya!

4 Replies to “Contoh Recommendation Letter dan Study Plan untuk Beasiswa”

  1. Hi, jie! Thank you for sharing, aku mau tanya terkait applications nya itu kalau daftar tipe b, apa harus mengirimkan hardcopy berkas ke embassy/universities saat pendaftarannya? Thank you 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *