Apa Itu Clubhouse? Media Sosial Yang Bakal Trending di 2021?

media sosial clubhouse

Akhir-akhir ini lagi heboh dengan media sosial atau aplikasi yang bernama Clubhouse. Apa itu Clubhouse? Bagaimana cara kerjanya? Kenapa kamu harus coba menggunakan aplikasi Clubhouse? Baca terus!

Apa itu Clubhouse?

Clubhouse adalah sebuah aplikasi media sosial yang berbasis audio-chat, di mana pengguna bisa mendengarkan percakapan, interview, atau diskusi beberapa orang mengenai topik tertentu di sebuah ruangan. 

Modelnya mirip seperti podcast hanya saja dilakukan secara live. Clubhouse juga mirip seperti aplikasi zoom, hanya saja berupa suara tanpa video.

Clubhouse akhir-akhir ini lagi ngetrend karena figur penting seperti Elon Musk atau Mark Zuckenberg juga menggunakan aplikasi ini.

Baca juga: Apa itu affiliate marketing? Bagaimana cara kerjanya?

Bagaimana cara bergabung dengan Clubhouse?

Saat ini aplikasi Cloudhouse hanya bisa digunakan oleh pengguna Iphone/IOS. Kamu bisa langsung ke App Store untuk download aplikasi Clubhouse.

Walaupun kamu bisa download, bukan berarti kamu bisa langsung bergabung. Kamu harus dapat invitation atau undangan oleh pengguna Clubhouse untuk menggunakan aplikasi ini. 

Setiap pengguna yang telah bergabung bisa mengirimkan 2 undangan melalui nomor HP.

Kamu juga bisa mendapatkan username kamu dengan memasukkan alamat e-mail, hanya saja sistemnya berupa “waiting list”. Jadi harus nunggu dulu deh.

cara menggunakan clubhouse

Mencoba aplikasi Clubhouse dan fiturnya

Oke saya akan menjelaskan gimana sih langkah-langkah dari proses sign in, dan bagaimana tampilan atau fitur dari aplikasi Clubhouse ini.

Proses sign in dan pembuatan akun Clubhouse

  1. Teman kamu harus mengirimkan invitation atau undangan dengan cara memasukkan nomor hp kamu.
  2. Pilih “Have an invite text? Sign in” 
  3. Masukkan nomor hp kamu, untuk mengirimkan sms yang berupa kode verifikasi
  4. Masukkan kode verifikasi, 
  5. Isi nama, username, interest, dan figur atau tokoh yang mau kamu follow. 

Baca juga: Tutorial atau cara menggunakan aplikasi Canva

Tampilan dan fitur aplikasi Clubhouse

Berikut adalah tampilan dan juga fitur pada aplikasi Clubhouse: 

1. Tampilan dashboard atau halaman depan 

Tampilan depan berisi room yang sedang berjalan. Kamu juga bisa membuka room diskusi baru dengan memilih “start a room”.

Ketika di dalam room, ada pilihan untuk “raise hand” jika ingin bertanya pada pembicara, dan juga ada icon berbentuk tambah untuk nge-ping teman kamu untuk masuk ke ruangan tersebut.

Jadi, di Clubhouse, ada 3 role yaitu: 

  1. Moderator. Ketika kamu membuka sebuah room baru kamu akan menjadi moderator. Sebagai moderator, kamu bisa mengatur alur percakapan dan sebisa mungkin membuat pendengar nyaman berada di dalam room tersebut. Jadi kamu bisa mengajukan pertanyaan, atau melempar kesempatan berbicara pada speaker lain.
  2. Speaker. Speaker atau pembicara  dapat memberi opini. Sebisa mungkin saling considerate dengan speaker lain, tau kapan harus mute dan unmute.
  3. Listener. Listener atau pendengar adalah orang-orang yang hanya bisa mendengar isi percakapan. Jika ingin mengajukan pertanyaan, kamu bisa “raise your hand” dan moderator bisa menaikkan kamu sebagai pembicara.
tampilan clubhouse
tampilan halaman depan atau dashboard Clubhouse
create room clubhouse
Start a room

2. Tampilan explore

Di sisi kiri atas ada icon kaca pembesar yang merupakan halaman explore. Di halaman explore kamu bisa menemukan pengguna atau user yang bisa kamu follow, dan juga conversation atau club yang sudah dikelompokkan sesuai topiknya.

Namanya clubhouse berarti juga ada club nya. Club itu seperti sebuah perkumpulan member-member dengan interest sejenis.

Untuk membuat club baru, kamu bisa mengajukan ke tim Clubhouse dengan syarat harus membuat room dengan judul yang sama sebanyak 3x.

fitur explore
Fitur explore

3. Fitur invite clubhouse

Icon surat adalah fitur invite. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya setiap user bisa mengundang 2 teman baru yang ada di contact hp kamu.

Jika sudah menggunakan keduanya, maka kamu tidak bisa mengundang lagi. Hanya saja, jika kamu aktif membuat room dan menjadi moderator, ada kemungkinan kamu dapat tambahan untuk bisa invite orang lain.

invite clubhouse
Fitur invite Clubhouse

4. Fitur event 

Icon berbentuk kalender berisi event-event yang bisa kamu join. Kamu bisa menjadwalkan sebuah event juga. Ada juga pilihan untuk share, tweet, copy link, dan juga add to calendar.

event clubhouse
Upcoming events
menambahkan event baru
Menambahkan event baru

5. Fitur activity

Icon berbentuk bell adalah aktifitas dan juga notifikasi. Misalnya kalau ada yang nge-follow kamu, atau ada orang yang kamu follow membuat room baru, bisa kelihatan di bagian activity.

fitur activity
Fitur activity

6. Profile

Icon yang terletak paling kanan atas adalah akun profil kamu berisi nama, username, jumlah follower dan following, dan bio.

Kamu juga bisa menghubungkan media sosial twitter dan instagram di profil kamu. Sebaiknya membuat bio yang menjelaskan tentang profesi atau background kamu.

Di sisi kanan atas profil adalah bagian setting, di mana kamu bisa update interest kamu, atau jika butuh bantuan bisa menghubungi tim Clubhouse.

Profil Clubhouse
Profil Clubhouse
setting
Bagian setting

Alasan kenapa kamu harus download aplikasi Clubhouse:

Beberapa alasan kenapa  Clubhouse bisa menjadi platform media sosial utama berikutnya:

  1. Aplikasi ini digunakan oleh tokoh profesional seperti CEO, founder, dan orang-orang yang memiliki kredibiltas yang tinggi. 
  2. Algoritme media sosial khas dengan obrolan secara spontan atau live. 
  3. Konten berfokus pada diskusi terhadap sebuah topik yang bermanfaat dan memiliki value yang tinggi.
  4. Pengguna Clubhouse cukup setia, sehingga mereka sangat berhati-hati dalam menentukan siapa yang diundang untuk bergabung dengan aplikasi.
  5. Clubhouse mementingkan audio,  berbeda dengan media sosial lain yang mementingkan gambar atau text.
  6. Kedepannya, Clubhouse akan menambahkan fitur baru seperti tipping, pembelian tiket atau subscription, dan juga membayar langsung para kreator.

Baca juga: Fitur Instagram Guide, rekomendasikan hal yang kamu suka!

Kesimpulan

Menurut saya pribadi, aplikasi media sosial Clubhouse memiliki potensi besar bagi content creator yang ingin menggunakan platform dengan format audio.

Apalagi Clubhouse sudah mengumumkan bahwa akan ada fitur di mana pendengar bisa membayar untuk join dalam diskusi sehingga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan sebagai content creator.

Sepertinya menarik memantau perkembangan media sosial Clubhouse. Bagaimana menurut kamu? Sudah download aplikasi Clubhouse dan menggunakannya? Komen di bawah ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *