Fitur Baru Instagram Guide: Rekomendasikan Hal yang Kamu Suka

cara menggunakan fitur baru instagram guide

Lagi-lagi Instagram meluncurkan fitur baru nih, namanya Instagram Guide. Apa itu Instagram Guide? Apa sih fungsinya? Bagaimana cara menggunakannya? Baca terus ya!

Mengenal tentang Instagram Guide

Instagram Guide adalah fitur baru yang baru saja diluncurkan oleh Instagram yang bertujuan untuk membagikan informasi yang ingin kamu rekomendasikan kepada pengguna Instagram atau followers. 

Bentuknya sebenarnya mirip seperti blog. Kamu bisa menambahkan foto atau video dan membuat penjelasan di bagian tersebut.

Fitur ini berguna bagi siapa saja, baik influencer, bisnis, atau pengguna biasa yang ingin membagikan rekomendasi tentang suatu tempat, produk, atau post yang sudah pernah kamu bagikan.

Baca juga: Cara membaca Insight Instagram Bisnis

Jenis rekomendasi yang bisa kamu tambahkan

Jadi di fitur Instagram Guide ini ada tiga jenis rekomendasi yang bisa kamu buat atau tambahkan, yaitu: 

1. Places (Tempat)

Kamu bisa merekomendasikan sebuah tempat seperti restoran, destinasi wisata, kota, dan lain-lain. Kemudian, kamu bisa mencari tempat tersebut di kolom pencarian, atau diambil dari post kamu sendiri.

Kalau mau ambil dari post kamu, pastikan kalau kamu menyisipkan location ketika membuat post. Contohnya ketika saya main ke sebuah tempat, pasti saya tambahkan lokasinya, jadi bakal muncul post saya dan tempat-tempat yang pernah saya kunjungi.

rekomendasi tempat di instagram guide
Tampilan rekomendasi berdasarkan tempat di Instagram Guide saya

2. Product (Produk)

Yang kedua, kamu bisa merekomendasikan produk. Fitur ini cocok untuk online shop yang ingin mengelompokkan dan memberi penjelasan terhadap produk-produk yang ingin direkomedasikan.

Hanya saja produk yang dipilih harus memang sudah ditambahkan melalui fitur Instagram Shop.

Kamu bisa cek deh IG-nya Tokopedia. Cara mereka menggunakan fitur Instagram Guide ini sangat bagus.

Jadi mereka bakal membuat konten contohnya “Kado Ala Titan” atau “Hampers Natal Budget 200rb” kemudian mereka bakal merekomendasikan beberapa produk yang bisa dihubungkan langsung ke situs mereka.

Baca juga: Cara Menggunakan Instagram Reels, Upload Video Sekarang juga!

3. Post

Nah, yang terakhir adalah merekomendasikan post. Fitur ini cakupannya lebih luas karena kamu bisa merekomendasikan tentang apa pun. Contohnya tutorial cara masak, untuk traveling bisa masukkin contoh itinerary.

Kamu juga bisa merekomendasikan tentang tips, produk, makanan kesukaan, yang dikumpulkan dari post yang sudah pernah kamu buat sebelumnya.

Baca juga: Tutorial Membuat Sampul Sorotan IG Menggunakan Canva

Cara membuat Instagram Guide

Terlebih dulu kamu harus meng-update Instagram versi terbaru. Nah, setelah itu baru deh bisa menggunakan fitur ini atau membuat  Guide di Instagram.

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat Instagram Guide: 

1. Masuk ke Instagram Feed kamu dan tapi icon + di bagian kanan atas.

cara menambahkan instagram guide

2. Tap Guide.

instagram guide

 

3. Pilih apakah kamu ingin merekomendasikan tempat, produk, atau post. Karena saya ingin membuat guide berdasarkan post, maka saya pilih post.

jenis rekomendasi di instagram guide

4. Pilih post yang ingin kamu rekomendasikan, tap next.

membuat instagram guide

5. Tambahkan Judul dan keterangan atau deskripsi tentang post. Kamu bisa menambahkan post dengan tap bagian bawah “tambahkan post”

fitur baru instagram

Cara melihat Instagram Guide yang sudah dibuat dan contohnya 

Setelah jadi kamu bisa masuk ke feed kamu, kemudian di bawah Instagram Story Highlight ada icon baru yang berbentuk seperti buku atau pamflet.

Kamu bisa share ke IG Stories kamu dengan menekan tombol seperti panah di kanan atas, selain itu bisa di-edit lagi jika ingin merubah deskripsi atau menambahkan post baru.

Baca juga: Rekomendasi aplikasi edit foto untuk mempercantik feed Instagram kamu

contoh hasil instagram guide

Kesimpulan

Kembali lagi, fungsi Instagram Guide adalah untuk merekomendasi tempat, produk, atau post kepada follower atau audience kamu. Fitur ini mirip seperti blogpost di mana kamu bisa menambahkan gambar beserta deskripsinya untuk penjelasan yang lebih detil.

Gimana? Menurut kamu, fitur Instagram Guide ini menarik? Baca juga artikel saya tentang cara menambah followers Instagram gratis, cepat, dan aman.

 

One Reply to “Fitur Baru Instagram Guide: Rekomendasikan Hal yang Kamu Suka”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *