Mau Tau Cara Membaca Insight Instagram untuk Kepentingan Bisnis?

cara membaca insight instagram

Buat kamu para pengusaha, apakah kamu memiliki akun Instagram bisnis? Ya, Instagram bisnis merupakan strategi digital marketing yang saat ini sangat populer. Akan tetapi, masih banyak para pengusaha yang hanya asal memakainya.

Padahal terdapat fitur insight di dalamnya untuk mengetahui hasil serta laporan data sebagai acuan bagi kamu untuk menerapkan strategi marketing yang tepat.

Mau tau bagaimana cara membaca insight Instagram? Dari pada penasaran, yuk kita simak bersama-sama infonya di bawah ini ya!

Bagaimana cara membaca insight Instagram?

Sebelum kamu menyimak tutorialnya, perlu kamu ketahui pengertian insight Instagram terlebih dahulu.

Insight Instagram ialah fitur Instagram yang memberikan beragam info tentang konten yang kamu posting, mengetahui jumlah interaksi yang terjadi pada akun instagrammu, serta untuk mengetahui data diri pengikut, seperti umur, jenis kelamin, dan geografi.

Ada beberapa menu dalam insight Instagram, antara lain :

  1. Post : Disini kamu dapat melihat info tentang konten yang telah kamu posting. Sebagai contoh mengetahui jumlah akun yang sudah melihat, membagikan atau menyimpan postinganmu.
  2. Activity : Lewat menu ini kamu bisa mengetahui berapa banyak interaksi yang terjadi dalam akun bisnis milikmu. Contohnya berapa jumlah akun Instagram yang berhasil kamu jangkau, jumlah semua tayangan yang kamu peroleh dari konten yang diunggah.
  3. Audience : Pada menu ini kamu akan mendapatkan informasi data followers. Sebagai contoh umur, jenis kelamin dan lainnya.

Baca juga: Cara Upload Video Reels di Instagram

bagian audience di insight instagram
demografi audience insight instagram

Tools Instagram yang satu ini dapat kamu gunakan secara gratis.

Berikut ada beberapa tutorial yang bisa kamu ikuti untuk membaca insight Instagram yaitu:

  1. Langkah pertama login ke akun Instagram milik kamu.
  2. Jika akun Instagram milikmu masih dalam bentuk personal, maka ubah dahulu menjadi akun Instagram bisnis.
  3. Bila sudah maka kamu dapat melihat insight secara langsung dari dashboard profil Instagram lewat aplikasi tanpa dikenai biaya apapun.
  4. Di situ kamu dapat mencari tau tentang follower, kapan mereka memakai Instagram serta dapat mengintip postingan dengan urutan paling atas. Ternyata keren juga ya fitur ini?

Baca juga: Cara membuat cover story highlight di Instagram 

Metriks Insights Instagram

Beberapa metrik dalam insight Instagram yang dapat menolong kamu untuk menganalisis data perilaku akun serta keterlibatan follower atau para pengikut akun milikmu, antara lain yakni:

  • Follower count : untuk melihat jumlah orang yang mengikuti akun Instagram milik kamu dalam waktu 7 hari terakhir.
  • Impressions : berguna untuk melihat berapa kali postingan kamu dilihat oleh para pengikut akun milikmu dalam jangka waktu tertentu.
  • Reach : untuk melihat jumlah pemakai yang sudah melihat beberapa hal yang kamu posting.
  • Profile views : berguna untuk melihat berapa kali follower kamu melihat profil milikmu.
  • Website clicks : untuk melihat jumlah klik yang dilakukan oleh follower terhadap link website yang terdapat pada bio profile milikmu.
  • Email clicks atau call : berguna untuk melihat total klik untuk mengirim email bisnis kepada kamu.
  • Posts : untuk memantau berapa banyak post yang sudah kamu publish selama kurun waktu tertentu.

Baca juga: Cara menambahkan fitur Instagram Guide

reach dan impression instagram
data jumlah pengikut di instagram

Tidak hanya itu saja! Ternyata selain beberapa metrik yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa mengamati insight yang terdapat pada Instagram stories milikmu seperti exits, replies dan lainnya. Wah ternyata lengkap sekali ya?

Nah, itu tadi pembahasan kita mengenai cara membaca insight Instagram. Gimana, udah nggak bingung lagi kan cara memakainya? Semoga setelah membaca artikel ini menambah wawasan bagi kamu ya. Selamat mencoba dan sampai jumpa!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *