Ngapain aja di Busan? Cek 9 Tempat Wisata di Busan!

beomeosa temple tempat wisata di busan

Busan adalah kota terbesar kedua di Korea Selatan setelah Seoul. Kota pertama yang saya kunjungi dalam rangka backpacker-an ke Korea adalah Busan.

Lokasinya yang terletak di bagian selatan dari negara gingseng ini cocok dengan itinerary yang saya bikin yaitu start dari Busan dan finish di Seoul.

Saya jalan-jalan ke Korea sendiri tanpa tour pas akhir musim gugur. Langitnya cerah setiap hari, matahari bersinar tetapi tidak panas karena udaranya yang sejuk.

Daun berwarna-warni  dengan kombinasi warna merah, kuning, oren, dan hijau. Akhirnya mimpi saya ke negara empat musim khususnya merasakan musim gugur pun akhirnya terwujudkan.

Sebagian besar traveler yang saya temui lebih suka dengan Busan daripada Seoul. Katanya sih Busan lebih santai. Apalagi pas musim panas, banyak turis yang berlibur dan menghabiskan waktu di pantai terkenal di sekitar busan.

Karena saya datangnya pas musim dingin, saya pun tidak berkunjung ke pantai. Bisa ngapain aja sih di Busan?

Berikut adalah tempat wisata di Busan yang bisa kamu kunjungi:

1. Beomeosa Temple

Sebagai kuil paling ternama di Busan, ternyata untuk pergi ke Beomeosa Temple cukup gampang. Tinggal naik subway line 1 sampai Beomeosa Station kemudian dilanjutkan dengan bus nomor 90. Tidak ada tiket masuk.

Karena saya punya cukup banyak waktu, saya seharian trekking dan mengelilingi kawasan kuil ini. Walaupun kadang-kadang tersesat, saya menikmati keindahan suasana musim gugur di kawasan Beomeosa temple.

Sebagai peninggalan sejarah Kerajaan Silla yang telah berumur lebih dari 1,300 tahun, struktur bangunannya pun menampilkan ciri khas kebudayaan Korea. Sempat dirusak oleh tentara Jepang dulunya, kuil ini pun diperbaiki kembali.

Untuk lebih mengenal khususnya tentang sejarah Korea Selatan, kamu bisa berkunjung ke Gyeongju yang dulunya merupakan ibukota dari Kerajaan Silla.

Bagian dari kuil ini digunakan untuk ibadah dan juga rumah untuk para biarawan. Beomeosa Temple menyediakan program temple stay, kalau dibandingkan dengan kuil lain harganya lebih murah yaitu sekitar 50,000 KRW (Rp 600,000) per malam. Selain mengelilingi kuil, pengunjung bisa juga coba hiking di Mount Geumjeongsan.

Baca Juga: Wat Pho, Kuil Indah dengan Buddha Terbaring di Bangkok

beomeosa temple tempat wisata di busan

2. UN Memorial Cemetery

Untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur dalam Perang Korea pada tahun 1950, pemerintah memberikan tanah secara sukarela kepada United Nation yang sekarang telah menjadi area pemakaman para prajurit.

Sebanyak 16 negara terlibat dalam perang antara Korea Selatan dan Utara. Memasuki area pemakaman, dua orang penjaga berpakaian seragam lengkap menyapa saya.

Saya melihat sebuah bangunan berbentuk segitiga yang terlihat seperti sebuah chapel.

Di dalam bangunan ini video singkat tentang perang Korea diputar. Betapa tragis situasi pada saat itu. Berkunjung ke UN Memorial Cemetery gratis atau tidak dipungut biaya.

Stasiun subway terdekat dari tempat wisata di Busan ini adalah Daeyon Station.

UN memorial Cemetery Busan

3. Jalgachi Market

Jalgachi Market adalah seafood market yang paling terkenal di Busan. Jadi jangan kaget pas ngelihat kepiting berukuran raksasa, ikan, kerang, dan lainnya.

Ikan-ikan ini ditangkap di perairan antara Korea, China, dan Russia. Melihat kegiatan jual-beli di pasar ini sangatlah menarik. Stasiun subway terdekat adalah Jalgachi Station.

4. Nampodong

Tepat disamping Jalgachi Market ada sebuah kawasan belanja yang juga terkenal yaitu Nampodong. Banyak toko-toko berjejer di area ini. Berbagai jenis pakaian, alat kecantikan, semuanya bisa kamu cari disini.

Hal lain yang bikin area Nampodong ini menarik adalah Gukje Market Food Street. Disini kamu bisa cobain makanan-makanan khas Korea.

Pasar ini biasanya ramai dengan pedagang yang berjualan di sepinggir jalan. Kalau capek bisa juga sekedar duduk-duduk di cafe di area ini.

5. Yongdusan Park

Capek mengelilingi Jalgachi Market dan Nampodong, saya akhirnya duduk mengistirahatkan kaki yang pegal di Taman Yongdusan. Di bagian tengah taman ini ada patung Yi Sun-sin yaitu pahlawan angkatan laut di Korea Selatan.

Para pengunjung bisa menaiki Busan Tower Observatory dengan ketinggian 129 meter untuk melihat pemandangan kota Busan.  Harga tiket untuk naik ke atas adalah 8,000 KRW (Rp 100,000).

6. Haedong Yonggungsa Temple

Kuil yang indah ini terletak dipinggiran tebing dengan pemandangan laut. Haedong Yonggusa Temple juga merupaka salah satu tempat wisata di Busan yang sangat terkenal.

Tidak banyak kuil di Korea Selatan yang terletak di tepi laut. Biasanya kuil di Korea terletak di area pegunungan, makanya kuil ini cukup terkenal.

Ketika saya jalan masuk terlihat patung chinese zodiac berjumlah 12 buah. Untuk mencapai kuil utama harus menuruni tangga yang panjang.

Pemandangan pas matahari terbenam sangat indah. Suara deburan ombak menghantam bebatuan membuat suasana di kuil ini sangatlah damai. Untuk kesini bisa naik subway dengan tujuan Heundae Station dilanjutkan dengan bus nomor 181.

haedong yonggungsa tempat wisata di busan

Saya tidak mengunjungi beberapa list di bawah ini. Beberapa tempat wisata di bawah ini saya share sebagai informasi tambahan saja. 

7. Gamcheon Culture Village

Tempat wisata di Busan ini terkenal karena bangunannya yang berwarna warni, cocok sebagai tempat yang instagramableLetaknya sebenarnya tidak jauh dari objek wisata Jalgachi Market maupun Nampodong.

Awal mulanya Gamcheon Culture Village hanyalah area tempat bagi para pengungsi setelah Perang Korea. Pada tahun 2010 akhirnya area ini disulap menjadi sebuah tempat wisata yang akhirnya sangat populer.

Sebaiknya berkunjung di pagi hari karena makin siang area ini akan semakin ramai.

Sumber: SeongPhil Jang

8. Haeundae Beach

Pantai Haeundae adalah pantai yang paling populer di Busan. Biasanya ramai di musim panas. Tidak jauh dari pantai ini ada pasar tradisional bernama Haeundae Market yang menjual aneka makanan juga.

Kalau datangnya bersama anak kecil, bisa mengunjungi SEA LIFE Busan Aquarium. Stasiun subway terdekat adalah Haeundae Station.

9. Gwangalli Beach

Pantai lain yang terkenal selain Haeundae Beach adalah Gwangalli Beach. Gwangalli Beach lebih dikenal dengan pasirnya yang halus. Di malam hari kamu bisa melihat pertunjukkan lampu menghadap Gwangandaegyo Bridge.

Itulah 9 tempat wisata di Busan yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Korea Selatan. Sebelum ke sana, jangan lupa ya ajukan dulu visa Korea Selatan.

 

3 Replies to “Ngapain aja di Busan? Cek 9 Tempat Wisata di Busan!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *