Sekarang, wisatawan atau turis dari Indonesia sudah bisa berkunjung ke Singapura loh! Caranya melalui jalur khusus yaitu Vaccinated Travel Lane (VTL) Singapore. Bagaimana cara apply-nya? Persyaratan yang harus dipenuhi apa saja? Intip pengalaman saya mengajukan Vaccinated Travel Pass (VTP) ke Singapore!

Update Terbaru (Mulai tanggal 1 April 2022):

  • Seluruh pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksin penuh (2x) dapat melakukan perjalanan ke Singapura tanpa harus melalui jalur VTL dan tanpa karantina (penerbangan dengan maskapai apapun diperbolehkan)
  • Para pelaku perjalanan hanya perlu melakukan tes PCR/Antigen sebelum kedatangan (dalam kurun waktu 2 hari) tanpa harus apply VTP.
  • Sesampainya di Singapura, pelaku perjalanan dapat langsung melakukan aktivitas tanpa harus melakukan tes PCR/Antigen.

Akhirnya setelah sekian lama menunggu akhirnya negara Singapura buka untuk pengunjung dari Indonesia tanpa harus karantina.

Selamat ya, terutama bagi kamu LDR-an atau yang punya keluarga di negara tetangga kita ini.

Tepat pada tanggal 22 November 2021, wisatawan dari Indonesia sudah bisa mengajukan permohonan kunjungan ke Singapura melalui jalur Vaccinated Travel Lane (VTL).

Untuk keberangkatan sendiri baru bisa masuk ke Singapura mulai tanggal 29 November 2021.

Spontan setelah saya mendengar informasi ini, langsung deh saya mempelajari dan mempersiapkan diri untuk berkunjung ke Singapore.

Ternyata gampang banget loh apply VTL ke Singapura. Prosesnya juga cepat.

Nah, saya akan merangkum bagaimana cara mengajukan permohonan untuk berkunjung ke Singapura melalui jalur VTL dan apa saja syarat-syarat yang harus kamu lengkapi!

Vaccinated Travel Lane (VTL) Itu Apa Sih?

Nah, bagi yang belum tau, Vaccinated Travel Lane adalah sebuah skema perjalanan khusus yang disediakan oleh satu negara ke negara lain.

Wisatawan yang berhak masuk ke negara tujuan juga harus memenuhi kriteria tertentu, salah satunya telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis penuh.

Saat ini sudah ada beberapa negara yang terdaftar dalam list VTL seperti negara-negara di Eropa, Amerika Serikat, Australia, Korea, dan lainnya.

Hanya saja ketentuannya masih berbeda-beda untuk setiap negara.

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, Indonesia akhirnya juga masuk ke dalam list negara VTL.

Baca juga: Pulang ke Indonesia dari Singapura Pas Pandemi, Prosedur Karantina?

Syarat Berkunjung ke Singapura Tanpa Karantina Melalui Jalur VTL

Nah, ternyata tidak semua warga negara Indonesia (WNI) bisa berkunjung ke Singapura melalui jalur VTL ini.

Ada beberapa syarat atau kriteria yang harus dipenuhi agar bisa mengajukan permohonan untuk memperoleh Vaccinated Travel Pass untuk berkunjung ke Singapore:

1. Telah Divaksinasi dan Dapat Menunjukkan Bukti atau Sertifikat Vaksin

Kriteria atau persyaratan pertama adalah sudah mendapatkan vaksinasi penuh (dosis 2x) minimal 14 hari sebelum keberangkatan.

Vaksin yang dimaksud adalah vaksin yang sudah listed dalam WHO EUL vaccines (termasuk Sinovac dan AstraZeneca).

Bagi anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun boleh berkunjung ke Singapura asal ditemani oleh pengunjung yang telah divaksinasi.

Kalau sudah divaksin otomatis kan sudah ada sertifikatnya di aplikasi Peduli Lindungi. Nah, ini juga harus ditunjukkan pada saat kedatangan.

2. Melakukan Perjalanan dengan Menggunakan Pesawat / Airlines Tertentu yang Sudah Ditunjuk untuk Jalur VTL

Ini nih bagian yang cukup menarik. Kalau mau masuk ke Singapura tanpa harus karantina, harus menggunakan pesawat dengan penerbangan tertentu saja.

Jadi jangan sampai salah booking ya!

Saat ini penerbangan yang melayani untuk perjalanan Vaccinated Travel Lane (VTL) hanya berangkat dari Jakarta dengan menggunakan Garuda Indonesia (GA836) dan Singapore Airlines (SQ953).

penerbangan vtl singapore

Lah tapi di OTA ada banyak flight lain? Ya, mungkin tetap bisa tapi nanti sampai Singapura harus karantina selama 10 hari.

Karena cuma ada 2 penerbangan, harganya juga cepat naik. Jadi buruan booking ya kalau mau.

3. Memiliki Asuransi Perjalanan yang Cover Covid-19

Ini juga merupakan salah satu persyaratan yang harus kamu penuhi agar bisa masuk ke Singapura tanpa harus karantina dengan jalur VTL Singapore.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Singapura harus memiliki polis asuransi perjalanan (travel insurance) dengan klausal yang dapat menanggung Covid-19 sebesar SGD 30,000.

Sebenarnya tidak hanya Singapura, banyak negara yang sudah mewajibkan para wisawatan asing untuk memiliki asuransi perjalanan.

Pas saya cek sih yang paling murah adalah salah satu asuransi yang direkomendasikan di situs Immigration & Checkpoint Authority (ICA) Singapura yaitu ChangiAssure Covid Insurance dengan premi start dari SGD 24.

Nah, bisa langsung pesan online aja, harganya juga murah karena memang cuma nge-cover  jika terkena Covid-19 saja.

Cuma karena saya mikir ada kemungkinan wisata ke negara lain, akhirnya saya mengambil asuransi Allianz Annual Travel Pro untuk perjalanan ke seluruh dunia dengan coverage selama 1 tahun. 

Yang ditanggung cukup banyak, tidak hanya Covid-19 saja. Jumlah premi yang saya bayarkan sekitar Rp 1.6juta cuma ya itu, bisa terlindung selama 1 tahun dan untuk ke negara mana saja.

4. Melakukan Tes ART/PCR sebelum dan setelah penerbangan

Sama seperti perjalanan ke luar negeri, setiap wisatawan juga harus mengambil tes ART atau PCR (2×24 jam) dan dinyatakan negatif.

Nanti setelah tiba di Singapura harus tes lagi di bandara.

Untuk tes PCR di Singapura harus melakukan prebook dan prepayment dulu dengan fee sebesar SGD 125.

Update (15 Maret 2022): Setelah sampai di Singapura, kamu hanya perlu melakukan tes antigen menggunakan tes kit sendiri dan melaporkan hasil tes di link ini. Jika hasil tes menunjukkan tanda negatif, kamu sudah bisa melakukan aktivitas.

5. Stay Home Notice (SHN) atau Karantina Mandiri Sembari Menunggu Hasil Keluar

Setelah melakukan tes PCR di Singapura, wisatawan harus melakukan isolasi mandiri, bisa di tempat tinggal sendiri (kalau ada apartemen) atau di penginapan/hotel yang ada di list ini.

Lamanya kurang lebih 1 hari aja, kalau hasil PCR nya udah keluar dan dinyatakan negatif, kamu sudah bisa berpergian.

Nanti dari bandara  ke penginapan juga cuma boleh naik taksi atau grab yang khusus untuk membawa tamu yang baru datang ke Singapura.

Wisatawan dapat melakukan isolasi mandiri di tempat tinggal mereka bersama anggota rumah lainnya, terlepas dari status vaksinasi atau riwayat perjalanan.

Namun, bagi yang tinggal dengan anggota rumah yang rentan dan tidak divaksinasi, lebih baik melakukan isolasi mandiri di kamar dan meminimalkan kontak.

Sebagai tambahan, nanti kamu juga harus download yang namanya aplikasi Trace Together.

6. Mengisi SG Arrival Card Online

Selanjutnya, kamu juga harus mengisi data di form SG Arrival Card secara online, minimal 3 hari sebelum kedatangan.

Baca juga: 30+ Tempat Wisata Seru di Singapura Rekomendasi Nonanomad!

Cara Apply Vaccinated Travel Pass (VTP) Melalui Situs ICA

Nah, jika kamu sudah memenuhi persyaratan di atas, selanjutnya kamu harus mengajukan permohonan ijin masuk ke Singapore yang bernama Vaccinated Travel Pass melalui situs resmi ICA.

Untuk mendapatkan pass ini gratis kok.

Saya sendiri apply Vaccinated Travel Pass terlebih dahulu baru setelah di approve beli tiket pesawat.

Berikut langkah-langkah mengajukan Vaccinated Travel Pass melalui situs ICA: 

1. Masuk ke portal resmi aplikasi Vaccinated Travel Pass

2. Klik tombol “Create New VTP Application”

cara apply vaccinated travel pass singapore

 

3. Masukan nama dan e-mail

cara apply vtl singapore

4. Masukan kode OTP yang dikirim ke email dan CAPTCHA

pengalaman apply vtl singapura

5. Masukan negara keberangkatan (Indonesia) dan tanggal keberangkatan

6. Isi data diri Anda dan simpan 

dokumen vtl singapore

Nanti akan ada OTP yang dikirim ke nomor handphone. Hanya saja pas saya coba isi data dengan nomor Indonesia OTP nya tidak masuk.

Jadi saya menggunakan nomor HP pacar saya di Singapura dan OTPnya bisa terkirim ke sana.

Tidak sampai 5 menit saya menerima e-mail konfirmasi bahwa VTP saya approved!

Checklist Dokumen yang Harus Dibawa Pada Saat Kedatangan

Sekali lagi saya rangkum ya apa saja checklist dokumen yang harus dibawa nanti pada saat kedatangan: 

  • Passport
  • Dokumen VTP (soft/hardcopy)
  • Sertifikat vaksinasi (App Peduli Lindungi)
  • Hasil negatif tes ART/PCR  (soft/hard copy)
  • Asuransi perjalanan (soft/hardcopy)
  • SG Arrival Card

Proses Kedatangan di Singapura

Yuhu! Akhirnya menginjakkan kaki di Singapura juga! Ohya, sebelum terbang ke Singapura pas check-in penerbangan, staff udah menanyakan seluruh dokumen terkait untuk terbang ke Singapura.

Nah, sesampainya di Singapura, pas turun pesawat ada counter yang jualan SIM card Singapura (seharga $61) yang nantinya untuk mengirimkan seluruh hasil tes.

Lumayan mahal sih, menurut saya sih sebenarnya bisa beli sendiri ya di luar keesokan harinya, karena pas di airport seingat saya tidak perlu mengisi data yang berhubungan dengan no HP.

Sebelum antrian untuk cap paspor ada staff yang mengecek SG Arrival Card.

Kemudian, di counter imigrasi, petugas mengecek paspor saya, sertifikat vaksin, dan VTP.

Jika semua sudah oke, petugas akan memberikan stiker hijau yang nantinya ditempel di baju untuk menandakan bahwa kita masuk melalui jalur VTL.

Ikuti aja alurnya, nanti akan ada pos tes PCR. Setelah selesai udah boleh naik grab/taksi untuk ke akomodasi masing-masing.

Sebelum keberangkatan saya mendapatkan update peraturan terbaru yaitu harus tes sebanyak 6x – 4 hari tes sendiri menggunakan tes kit di rumah, 2 hari ART ke klinik.

Nanti semua informasi akan dikirim melalui e-mail kok.

Update terbaru (Maret 2022): Setelah sampai di Singapura kamu tidak perlu lagi melakukan tes antigen ini. 

Itulah kurang lebih panduan, kriteria, persyaratan, dan cara untuk apply Vaccinated Travel Pass (VTP) agar bisa berkunjung ke Singapura tanpa harus karantina melalui jalur VTL. Semoga bermanfaat!

 

 

21 Replies to “Apply Vaccinated Travel Pass (VTP) Singapore Ternyata Gampang!”

  1. Hello, terima kasih utnuk vlognya, saya mau tanya jika kita sudah di setujui dari VTP masuk tgl 23-29 maret 2022 ternyata kita musti berangkat lbh awal bagaimana cara untuk mendapatkan approve lagi ?? karena takut kalau saya bikin VTP baru malah VTP yang sdh approve di non active khan dan yg baru tidak approve..

    1. Hallo, sebaiknya email pihak ICA untuk konsultasi apakah bisa mengajukan ganti tanggal atau bikin yang baru saja.

  2. halo, sepertinya ada 1 missing step, di step terakhir saya disuruh upload QR code dan selalu gagal..

  3. hallo… kalo untuk jalur kembalinya dari singapore ke indonesia apakah perlu pcr atau antigen saja .. dan apakah harus mengisi form spt keberangkatan lagi.. terima kasih..

    1. Hallo, sebelum berangkat ke Indonesia harus melakukan PCR terlebih dahulu, tidak perlu mengisi form. Cuma skrg masuk Indonesia masih harus karantina 3 hari jadi harus booking hotel untuk karantina.

  4. halo kak, untuk asuransinya itu rata-rata harganya berapa ya? dan itu beli sekali putus atau langganan bulanan?

    1. Tergantung berapa hari/berapa lama. Beli putus bisa kok. Kalau aku cek di situs Changi sekitar 30 dollaran.

  5. kalo VTP saya berlaku sampai tanggal 20 maret, tanggal berapa saya bisa extend VTP kembali ? saya berencana stay disingapore s.d akhir Maret

    1. Hallo, untuk masa berlaku VTP itu maksudnya harus masuk ke Singapura sebelum tanggal yang tercantum. Jadi sebelum tanggal 20 maret udah harus masuk ke Singapura. Setelah sampai, masa berlaku untuk stay di Singapura adalah 30 hari, jika ingin lewat dari 30 hari bisa extend melalui situs resmi ICA. Semoga membantu.

  6. Halo mau tanya, kalau skg kan update per 22 feb masuk changi cuman antigen supervisi ya. Itu kalo lamgsung on the spot di changi sana adakah? Atau harus booking online dulu ? Kalau booking online di changi adalah? Soalnya pesawat saya sampai nya jam 7 an mlm. Jadi saya udah booking yotelair di changi sambil nunggu hasil antigen . Nah di changi nya ada ya klinik antigennya? Bisa on the spot kah? Thank you

    1. Hallo, per tanggal 15 Maret pelaku perjalanan tidak perlu lagi melakukan supervised ART di klinik. Tetapi bisa melakukan ART menggunakan test kit sendiri dan melaporkan hasilnya melalui link (bisa cek di artikel blog karena baru aku update atau cek situs ICA langsung) jika negatif sudah bisa melakukan aktivitas.

  7. Hi kak..maaf mau tanya,saya bbrp kali cb daftar VTP tp kog sll gagal pd saat upload QR CODE kog selalu gagal ya,pdhl size nya uda d kecilkn..
    Mhn info nya,,kira2 permasalahannya d mana ya kak..terima kasih sblmnya

  8. Terimakasih kk telah membagi pengalaman perjalanan ke SG🙏🙏
    Penjelasan di atas utk VTP menggunakan no contact SG. Apakah tdk dpt diisi no Indo? Bgmn jika tdk ada no SG?

    1. Halo, mulai tanggal 1 april sudah bisa terbang ke Singapura tanpa harus melalui jalur VTL dan tidak perlu lagi apply VTP asalkan sudah divaksin.

  9. dikolom pertanyaan pengisian SG Arrival card : Do you have an overseas digital vaccination certifcate?
    saya centang apa ya mba? NO atau N/A

Leave a Reply

Your email address will not be published.