Interview Ujame Gaja: Duo Travel Blogger Sehati dan Sejiwa!

interview ujame gaje

Kembali lagi di kolom inspirasi, kali ini kita langsung bakal kenalan sama dua blogger sekalian yaitu Nopi dan Puti, juga dikenal dengan nama Ujame Gaja.

Keduanya sering memenangkan lomba bahkan dapat hadiah travelling gratis! Ciri khas dari Ujame Gaja adalah gaya penulisan dan penyampaian cerita yang santai dan asik, baik di blog maupun channel sosial media lainnya.

Pengen ga sih punya partner travelling yang udah kayak saudara sendiri? Yuk, baca kisah serunya! Jangan lupa untuk follow instagram Ujame Gaja juga.

Sebelumnya boleh perkenalkan diri dulu tentang personil Ujame Gaja, hubungan antar satu sama lain itu sebenarnya apa (saudara, teman?)

Halo, perkenalkan Kami Ujame yang terdiri dari dua orang: Nopi dan Puti, nama Ujame sendiri kami ambil dari Bahasa Korea “의자매uijamae” yang artinya Soul Sister (berbekal google translate), dan karena uijamae sulit dilafalkan, maka kami ‘plesetin’ jadi Ujame.

Selanjutnya, kata “가자gaja” dalam bahasa korea artinya Let’s Go atau Ayo!!! jadi kalau diartikan: Saudara Sejiwa (Nopi & Puti), Ayo kita pergi!!! (ngomong sama diri sendiri). Hahaha paham gak? Emang agak gengges sih kalau diartikan.

Tapi dibalik keputusan pemilihan nama tersebut, selain biar unik, memiliki ciri khas dan beda dari yang lain, kata Ujame Gaja bisa sebagai motivasi untuk kami berdua supaya selalu bersemangat dalam hal travelling, lomba, pembuatan konten ataupun hal positif lainnya.

Please, kalau kita berpapasan di jalan, panggil aja Ujame ya! dijamin kami berdua pasti nengok. Jangan dipisah, ‘Eh mba Uja, atau Helo mba Jame!’ JANGAN! Hahaha. Oh ya, hubungan kami ini saudara…. Saudara sejiwa hahahaha.

Kiri: Nopi, Kanan: Puti

Awal mula ketemunya bagaimana? Terus kenapa bisa traveling bareng dan juga buat blog bareng (apakah tinggalnya bareng juga)?

Awal mulanya ketemu di organisasi kampus, Waktu itu lagi ada perekrutan anggota baru dan Nopi join jadi anggota barunya. Puti di sini udah jadi senior di organisasi.

Kami satu tahun di dalam kepengurusan yang sama, karena Nopi masih malu-malu jadi anggota baru dan Puti punya focus lain karena udah senior. Jadi,kami waktu itu gak seakrab sekarang sih…

Kedekatan ini muncul malah saat Nopi udah lulus kuliah. Waktu itu, Puti ngajak untuk pergi ke Baduy dan itu trip pertama kami.

Saat di Baduy, mulai terciptalah rasa nyaman dan chemistry satu sama lain. Kami jadisaling tau kesukaan masin- masing, ya salah satunya kami suka jalan-jalan dan ternyata kesukaan kami yang lainnya juga relate satu sama lain.

Nopi suka foto dan take video kalau Puti suka nulis. Maka akhirnya kami iseng-iseng lah buat Ujame, awalnya kami buat akun Instagram dulu waktu itu, baru lanjut ke Blog.

Awalnya kami bingung, mau isi konten apa ya? kami suka sharing, namun gak punya bahan yang menarik (saat itu). Maka, untuk pertama kalinya, kami cobalah untuk mengikuti kompetisi video yang berhadiah ke Korea Selatan, dan akhirnya ‘jederrrr’ kami keluar sebagai pemenang pertama.

Karena udah merasakan gimana rasanya “menang”, maka kompetisi bagi kami adalah candu, terutama yang berhadiah jalan-jalan dan uang tunai, karena dari situlah modal untuk bahan konten kami.

Alhamdulillah, dari kompetisi video dan blog yang kami ikuti, kami bisa jalan-jalan GRATIS ke Korea, Hongkong, China, Bali dan Labuan Bajo.

Dan sekarang, gak hanya bermodalkan dari menang lomba, alhamdulillah ada beberapa tawaran dari sponsor, seperti tawaran yang terakhir, sponsor datang karena tertarik membaca blog kami (katanya) dan alhamdulillah mengajak kami buat ke Jepang.

Btw, kami gak tinggal bareng, tapi Senin-Sabtu kami pasti bareng, karena kami satu kantor.

Baca juga: 10 Travel Blogger Indonesia Favorit dan Inspiratif

ujame gaja liburan ke korea

Gaya traveling Ujame Gaja itu seperti apa?

Mungkin kalau secara keseluruhan kami lebih ke Flashpacker yaa, karena tetap kenyamanan nomor satu walaupun harus rajin cari promo-an. Pemburu Harga Miring Kualitas oke laah hahaha.

Kami juga lebih suka jalan sendiri tanpa guide atau agen travel, menurut kami lebih flexible dan bisa sesuka hati menentukanitinerary sendiri.

Walaupun kadang terkendala bahasa atau kaya orang linglung di jalan karena nyasar hahaha, tapi justru di situ tantangan dan seninya travelling.

Dan kalau jalan sendiri tanpa guide benar-benar banyak banget pengalaman yang kami dapatkan. Istilahnya tuh kaya… “Semesta memang mengejutkan!”

Baca juga: Tips Menjadi Lifestyle Influencer ala Pink Travelogue

Pernah ga sih berbeda pendapat saat traveling bareng, bagaimana cara mengatasinya dan mungkin bisa bagi tips agar bisa klop?

Hahaha bukan pernah lagi, kalau enggak salah 3-4 trip pertama kami itu di sana ada bumbu-bumbu ego didalam nya, ya namanya juga dua kepala dua hati yakaaan hehe.

Tapi itu wajar, karena masih belum terlalu dalam mengenal satu sama lain dan kita punya pressure pastinya di negeri orang. Kalau untuk sekarang perbedaan pendapat pastinya masih ada tapi bedanya kita udah ngerti sifat masing-masing.

Kalau suasana udah mulai memanas kita sama-sama coba untuk nahan ego masing-masing, dan kalau udah reda baru deh kita omongin, “Kenapa?, ada apa? harus diselesaikan segera, biar gak jadi penyakit dan tau apa yang dimaksud satu sama lain. Kan engga enak yaa kalau lagi trip gituu kita berantem hahaha.

Tapi nih ya, kenangan ribut kaya gitu, kalau kami lagi flashback suka kami tertawakan bersama gitu looooh kalau diingat.. dan lucu aja gitu, jadi ada sensasinya hahaha.

Tips untuk bisa ngeklop yaa.. hmmm…. Sering-sering habisin waktu bareng-bareng siih, kalau Ujame bilangnya “M-We time!.

Jadi ada waktu kami bersama tanpa ngomongin kerjaan, we need to talk heart by heart-lah hahaha. Ya walaupun ujung-ujungnya tetep aja ada yang nyelip bahas konten atau kerjaan hahaha.

Baca juga: Tips Travelerien agar Tetap Konsisten Ngeblog

travelmate

Saat ini lebih aktif di channel yang mana? Apakah blog, Instagram? Dan ada channel podcast juga ya? Isinya tentang apa?

Untuk sekarang sih lebih aktif di Instagram hahaha karena instgram lebih flexible, kami bisa bahas apa aja disana selain travel.

Untuk blog sendiri karena lagi pandemic belum bisa jalan-jalan lagi jadi kontennya engga serajin dulu hahaha. Doakan ya, semoga kami taubat dan rajin lagi.

Oh yaaaa, Iyapss!! sekarang Ujame udah ada di podcast!! Bisa didengarkan di Spotify yaa cari aja “Cerita Ujame” isinya gak jauh jauh seputar per-travellingan pastinya, ada tips and trick. 

Ada sharing pengalaman kita travelling dan kemungkinan masih ada bahasan-bahasan lain yang bakal muncul sih. Mungkin lain kali, Ujame bisa nih ngundang kak Velysia ke podcastnya ujame hehehe.

ujame gaja di jepang

Apa yang mendorong kalian untuk membuat podcast juga? Mungkin bisa berbagi tips bagi teman-teman creator yang mau memulai channel podcast?

Sebenernya pembuatan podcast ini untuk sarana kami belajar ngomong sih, untuk melatih public speaking dan story telling kami, dan ternyata itu cukup membantu.

Jadi maaf  ya untuk temen-temen yang dengerin podcast kami dan merasa kurang jelas atau kurang puas dengan penyampaian kami ini karena masih dalam proses belajar hihi.

Untuk teman-teman yang mau mulai bikin podcast, tips dari kami sih coba tentuin dulu apa kira-kira yang mau temen bahas, pembeda apa yang mau teman-teman sajikan.

Habis itu bikin point-point dan kerangkapemikiran apa aja yang mau disampaikan biar pembahasan engga melebar kemana-mana sih.

Tapi yang penting itu action! Gak perlu menunggu untuk jadi hebat atau sempurna dulu. Justru kan practice makes perfect, right?

Baca juga: Dari Jurnalis Menjadi Travel Blogger, Intervew Bersama JilbabBackpacker

Satu kata yang menggambarkan personality dari Puti untuk Nopi? Dan sebaliknya dari Nopi untuk Puti?

Dari Nopi untuk Puti. Gak bisa diungkapkan dengan satu kata siih Puti itu Sociability, Detail, Care, Curious, Imajinatif, Inisiatif dan pokoknya si pelengkap kekurangan Nopi deeh.

Dari Puti untuk Nopi. Hmmm, dia ajaib! Hahaha. Dia tangguh, murah hati, ngulik, tanggung jawab dan hebohhhhh! Gak ada dia gak rame hahaha. I’m so grateful to know her. 

nopi ujame gaja
Nopi
puti ujame gaja
Puti

Rencana kedepan bagaimana? Apakah ada destinasi traveling yang ingin didatangi? Atau plan sebagai content creator?

Rencana kedepannya pastinya kami pengen lebih totalitas lagi dalam memberikan informasi terkait dunia per-travelling-an dengan gaya kami sendiri pastinya, dan juga berusaha menciptakan inovasi yang lain agar konten kami dapat dinikmati oleh temen-temen semua.

Destinasi yang ingin didatangi sih banyak banget sebenernya, tapi pengen banget merasakan Eropa sihh bisa dimulai dari Turki hahaha aamiin. 

Baca juga: Inspirasi Blogger dan Book Writer, Traveling Aja Dulu!

Terima kasih untuk Nopi dan Puti yang telah menceritakan kisahnya yang seru dan juga tipsnya. Ditunggu konten-konten seru lainnya baik di blog Ujame Gaja atau channel sosial media lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *