Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia? Pakai Transferwise Aja!

cara kirim uang dari luar negeri ke indonesia transferwise

Mau tau cara kirim uang dari luar negeri ke Indonesia atau sebaliknya (dari Indonesia ke luar negeri)? Sekarang kirim uang antar negara jadi lebih mudah dengan menggunakan Transferwise.

Saya memang sudah beberapa tahun belakangan ini tinggal di luar negeri, baik untuk bekerja ataupun kuliah. Nah, pasti aja ada kebutuhan untuk mengirim uang, entah dari rekening bank Indonesia ke rekening bank luar negeri atau sebaliknya.

Saya sudah coba beberapa cara seperti Paypal, Western Union, dan juga Payoneer. Tapi setelah ketemu Transferwise, ternyata gampang banget, uang cepat sampai di rekening, dan juga nilai tukar kurs yang lebih baik.

Nah, saya bakal jelasin lebih lengkap tentang cara transfer uang atau duit dari luar negeri dan sebaliknya menggunakan Transferwise dan juga kelebihannya dibandingkan cara lain.

Apa itu Transferwise?

Transferwise adalah sebuah perusahaan dari Inggris yang menyediakan jasa transfer uang antar negara. Saat ini Transferwise memiliki jumlah pelanggan lebih dari 4juta orang di seluruh dunia.

Transferwise memberikan kemudahan bertransaksi atau melakukan pengiriman uang karena bisa dilakukan melalui situsnya langsung atau aplikasi di smartphone IOS dan Android.

cara kirim uang dari luar negeri ke indonesia

Alasan kenapa memilih Transferwise untuk kirim uang dari luar negeri ke Indonesia atau sebaliknya?

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya sudah coba berbagai cara untuk kirim uang dari luar negeri ke Indonesia. Transferwise ini yang paling oke, alasannya:

  1. Gampang digunakan karena bisa langsung dari web browser atau tinggal download aplikasi Transferwise di Smartphone
  2. Prosesnya cepat dan langsung sampai ke rekening bank tujuan saat itu juga (tidak sampai 30 menit)
  3. Biayanya yang lebih murah (2.5x lebih murah dari bank dan provider lain)
  4. Nilai tukar kurs yang lebih baik
  5. Dapat mengirim uang dari atau ke 80 negara di dunia.
  6. Bisa menggunakan e-wallet seperti Gopay, Dana dan OVO untuk transfer ke luar negeri.

Mungkin banyak dari kamu yang sudah mengenal Paypal. Paypal memang populer untuk transaksi jual beli secara online.

Memang sih, paypal gampang digunakan. Kamu tinggal masukin alamat e-mail akun paypal sudah bisa transfer duit. Hanya saja, biaya transaksi cukup tinggi (5.4% + USD 0.3) untuk menarik uang dari akun Paypal dikenakan biaya dan juga nilai kursnya menurut saya cukup mahal.

Western Union juga lebih ribet, karena penerima harus datang ke tempat, contohnya kantor pos untuk mengambil duit yang dikirim.

Tidak perlu khawatir dengan Transferwise karena cara ini aman dan terpercaya kok. Sudah banyak yang menggunakan Transferwise karena memang cepat, mudah, dan biayanya juga rendah.

Cara kirim uang dengan menggunakan Transferwise

Oke, di bagian ini saya akan jelasin bagaimana caranya kirim uang dari luar negeri ke Indonesia menggunakan Transferwise.

1. Klik di sini untuk masuk ke situs Transferwise atau kamu bisa download aplikasi Transferwise di Google Play Store atau Apple Store.

2. Masukan jumlah uang yang ingin ditransfer. Karena saya lagi di Singapore, maka saya kasih contoh mau transfer uang dari Singapura ke Indonesia sejumlah SGD 1,000.

Tranferwise akan kasih tau kamu langsung biayanya dan juga berapa nilai tukar kurs. Nah, bisa kamu lihat kan biayanya cuma SGD 5 saja, dan juga berapa nilai tukar atau jumlah yang akan didapat oleh penerima.

cara kirim uang dari luar negeri ke indonesia dengan transferwise

3. Isi form tentang bank detail penerima: nama penerima, bank penerima, dan juga nomor rekening bank penerima.

masukan data rekening tujuan

4. Isi data diri kamu: negara, nama, tanggal lahir, alamat, kota, kode pos, dan nomor telpon.

isi data diri

5. Cek atau review kembali informasi jumlah transfer dan juga rekening bank tujuan.

review kembali

6. Karena pengguna baru, maka harus verifikasi diri dulu. Upload ID kamu, sebaiknya sih pakai paspor aja. Verifikasi butuh waktu 2-3 hari.

verifikasi

7. Pilih pilihan untuk pembayaran untuk transfer, kalau di Singapura bisa menggunakan PayNow, Kartu Debit, dan juga Kartu Kredit.

kirim uang dari luar negeri ke indonesia

Jadi deh, tinggal tunggu proses verifikasi disetujui dan uangnya masuk ke rekening bank penerima. Untuk transfer duit dari Indonesia ke luar negeri bisa nonton video ini untuk tutorialnya.

Kesimpulan

Jadi, sekarang kalau kamu mau kirim uang atau transfer duit dari Singapura ke Indonesia, kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, atau bahkan kirim uang dari Amerika ke Indonesia, atau sebaliknya (kirim uang dari Indonesia ke luar negeri), bisa pakai Transferwise saja.

 

One Reply to “Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia? Pakai Transferwise Aja!”

  1. Aku selalu pakai Transferwise ini untuk transfer ke Indonesia dari Prancis!
    Kursnya bagus, ongkirnya muraaah banget dan nyampai uangnya cepeeet. Pokoknya favorit ku untuk transfer ke luar negeri, so far~ Recommended!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *